Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII kembali dihelat. Kegiatan 4 tahun sekali ini diadakan sejak tanggal 5-15 Agustus 2018 di beberapa tempat di Banda Aceh. Kegiatan ini melibatkan 23 kabupaten/kota Aceh sehingga menampakkan keragaman yang ada di tanah rencong ini.

1. Pagelaran Tari Tradisi

traditional dance

traditional dance via https://www.google.co.id

Kalian pasti tahu tari Saman? Tapi tari Saman bukan satu-satunya tarian terkenal di Aceh, lho. Ada berbagai tarian lain, misalnya Tari Bines, Rapai Geleng dan Tari Tarke Pukat. Ini akan kalian saksikan di berbagai anjungan rumah adat di acara Pekan Kebudayaan Aceh (PKA).

Advertisement

Tidak hanya tari, berbagai pertunjukan tradisional lainnya juga akan ada di PKA VII.

2. Pemutaran Film Dokumenter

Documentary Film

Documentary Film via https://www.google.co.id

Anak-anak muda pembuat film dokumenter di Aceh juga mengambil bagian penting dengan memutarkan film-film dokumenter karya mereka tentang daerah Aceh. So, jika kamu ingin melihat berbagai cerita kehidupan masyarakat Aceh dan problematikanya, film-film dokumenter ini akan menjadi pelajaran baru.

3. Ada Makanan Gratis di Festival Kuliner Aceh

Di acara ini, kita akan melihat mie Aceh, kuah beulangeng, rujak Aceh dan berbagai kuliner khas dari tanah rencong ini. Tidak hanya sekadar melihat, kita boleh mencicipi kuliner-kuliner tersebut. Penasaran? Silahkan kunjungi area Festival Kuliner PKA VII yah! Gratis, lho…

4. Pagelaran Permainan Tradisional

traditional play

traditional play via https://www.google.co.id

Advertisement

PKA 7 juga menjadi ajang menunjukkan berbagai permainan tradisional yang ada di Aceh. Jadi, sempatkanlah melihat permainan tradisional selama berkunjung di area.

Tentu permainan tradisional ini sangat menarik, mengingat semakin banyak generasi muda yang tidak tahu permainan-permainan dari daerah mereka. Yuk, lestarikan budaya salah satunya melalui permainan tradisional.

5. Seminar Kebudayaan dan Kemaritiman

Disadur dari website Pekan Kebudayaan Aceh menyatakan bahwa Seminar Kebudayaan dan Kemaritiman yang dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus mengangkat tema "Tantangan dan Strategi Pengembangan Kebudayaan Kemaritiman di Aceh".

Melalui seminar ini, kita akan memperkaya pemahaman tentang berbagai kebudayaan dan kemaritiman di Aceh. Sebagai generasi muda, tentu kita mau berkontribusi untuk daerah kita. Gimana dengan kalian putra dan putri Aceh?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya