5 Hal Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Mengalami Krisis Self Identity

Hindarilah krisis self identity, biar kita jadi aware sama diri sendiri

Self identity adalah hal yang paling penting dari diri kita. Baik remaja maupun dewasa, kini individu tengah krisis identitas. Jika ditinjau dari psikologisnya, individu yang sudah di tahap remaja atau dewasa yang mana ia krisis self identity, berarti ada tahap perkembangannya yang terhambat. Jika sudah terhambat, maka individu akan cenderung krisis self identity

Bagaimana pun juga, jika kamu merasakan tidak percaya diri, selalu merasa rendah diri, mudah dikontrol oleh orang lain, tidak yakin terhadap diri, serta tidak bahagia janganlah merasa takut. Yakinlah bahwa krisis self identity dapat diatasi jika kamu benar-benar ingin berubah menjadi individu yang lebih positif. Yang paling penting, yakinlah ada banyak orang yang menyayangimu. Berikut adalah 5 hal yang akan terjadi jika krisis self identity.

Advertisement

1. Tidak percaya diri

tidak percaya diri

tidak percaya diri via http://pinterest.com

Umumnya, individu normal pada usia remaja maupun dewasa cenderung percaya diri jika ingin mempresetasikan dirinya di hadapan umum. Namun pada orang yang krisis self identity, ia akan cenderung tidak percaya diri, baik ketika mempresentasikan diri maupun bertindak. Ia merasa bahwa sesuatu yang akan ia lakukan salah dan tidak ingin disalahkan.

2. Selalu merasa rendah diri

Selalu merasa rendah diri

Selalu merasa rendah diri via http://pinterest.com

Orang yang rendah diri sangat berbeda dengan orang yang rendah hati. Rendah hati berarti tidak sombong dan angkuh, sedangkan rendah diri berarti selalu merasa rendah dari orang lain dalam satu atau lain hal. Setiap individu memang memiliki kelebihan dan kekurangan, namun jangan jadikan kekurangan sebagai alasan untuk rendah diri. Jika rendah diri menguasai, maka dimungkinkan terjadinya krisis self identity.

3. Mudah dikontrol oleh orang lain

mudah dikontrol orang lain

mudah dikontrol orang lain via http://pinterest.com

Diri kita adalah kita yang mengaturnya. Namun dalam hal ini apa yang akan kita lakukan, apa yang kita inginkan, kita hanya bisa dikontrol oleh orang lain. Biasanya, dalam hal ini dapat disadari atau tidak. Hal ini juga biasanya terjadi dalam suatu kelompok, dimana individu cenderung mengikuti identitas kelompok.

4. Tidak yakin dengan kemampuan diri

tidak yakin akan diri

tidak yakin akan diri via http://pinterest.com

Keyakinan atas diri sendiri juga penting untuk diperhatikan. Setiap individu memiliki keterampilan dan bakat yang berbeda, oleh karena itu kita harus yakin dan mengembangkan apa yang ada di dalam diri agar kita lebih menghargai diri.

5. Tidak bahagia

tidak bahagia

tidak bahagia via http://pinterest.com

Poin terakhir adalah individu cenderung tidak bahagia. Bahagia adalah tujuan akhir manusia yang paling diinginkan. Bahagia tidak akan tercapai jika empat poin di atas dialami oleh suatu individu. Memang kita tidak bisa menyatakan langsung bagaimana orang yang akan bahagia dan tidak, namun dapat dilihat dari beberapa kasus di lingkungan sekitar kita, rata-rata individu cenderung tidak bahagia jika memiliki tiga poin di atas.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE