Mendengar frasa terlalu lama jomblo, pasti sejenak kita mengingat lagu yang dibawakan Kunto AJi “Terlalu Lama Sendiri”. Tidak hanya itu, perasaan sensitif juga sering menyelimuti ketika mendengar frasa tersebut. Namun tidak dapat dipungkiri jika seseorang terlalu menjomblo, pasti ada alasan maupun sebabnya. Beberapa hal ini lah yang membuat seseorang terlalau lama jomblo 

 

1. Merasa Tidak Ada Yang Mau

Seseorang sering merasa bahwa tidak banyak orang yang mau dengannya, bahkan tidak ada yang mau. Lebih singkatnya adalah minder. Hal itu membuat seseorang mempunyai beban psikis karena dia tidak meyakini kelebihan yang dimilikinya. Dia hanya melihat kekurangan dalam dirinya.

Pikiran bahwa tidak ada yang mau terhadap dirinya kerap terjadi. Akibatnya orang tersebut lama dan merasa tidak nyaman dengan kejombloannya.

2. Pemilih

sang pemilih

sang pemilih via http://www.merdeka.com

Semua orang memang berhak memilih mana yang terbaik untuk dirinya. Namun terlalu pemilih juga membuat seseorang lama tidak mempunyai pasangan sebab dia hanya menerima orang yang sempurna menurut dirinya. Jika ditanya, dia pasti menjawab bahwa “masih belum ada yang cocok”.

Sejatinya, tidak ada yang sempurna di belahan bumi mana pun. Sempurna atau tidaknya sepasang kekasih dapat dilihat bagaimana mereka saling melengkapi. Menutupi kekurangan pasangannya dengan kelebihannya.

3. Trauma

patah hati

patah hati via https://setipe.com

Pernahkah kamu mendengar kisah sepasang kekasih yang telah lama menjalin hubungan, lantas mereka putus begitu saja karena salah satu dari mereka menikah dengan orang lain? Banyak. Itu bukan dongeng belaka, banyak yang mengalami hal seperti itu. Akibatnya, seseorang yang ditinggalkannya trauma menjalin hubungan serius lagi.

Orang yang trauma tidak akan begitu saja menerima orang baru sebagai tambatan hatinya. Walaupun banyak orang-orang baru yang mendekatinya, bahkan sudah berpacaran dengan orang baru tersebut. Dia tidak akan dengan mudah move on dari patah hatinya.

4. Lebih Mendahulukan Karir

wanita karir

wanita karir via http://www.vemale.com

Menurut sebagian orang, karir merupakan hal lebih penting untuk didahulukan daripada mencari pasangan. Mereka berpikir bahwa karir merupakan jalannya untuk menyiapkan masa depan yang cerah, pun perihal pasangannya nanti.

Mereka yang mendahulukan karir bersifat sangat santai terhadap seorang pasangan. Karena menurutnya pasangan akan datang sendiri ketika dia sukses dan mapan terhadap karirnya.

5. Takut Lebih Tinggi Kedudukannya

bos wanita

bos wanita via http://pinkkorset.com

Kedudukan dalam sebuah hubungan juga merupakan hal yang krusial bagi seseorang yang ingin memulai sebuah hubungan. Mereka takut dengan kedudukan orang yang disukainya, entah dari segi pendidikan maupun ekonomi. Karena hal itu, dia tidak mampu menuangkan isi hatinya kepada orang yang disukainya tersebut.

Alasan kedudukan tampaknya lebih berat dari empat alasan lain di atas. Oleh sebab itu seseorang dengan alasan ini lah yang terlalu lama jomblo sebab dia menimbang-nimbang kedudukan calon pasangannya terlebih dahulu.

 

Kelima alasan di atas pada intinya sama. Mereka takut memulai sebuah hubungan dengan suatu kekhawatiran. Mereka yang terlalu lama jomblo memang terlihat santai, namun tidak dapat dipungkiri jika mereka juga merasa butuh pasangan di sampingnya. Walau hanya untuk memberi semangat ketika dia lelah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya