5 Hal Khas Lebaran yang Tahun Ini Terpaksa Belum Bisa Dirasakan. Tahan Dulu Sampai Kondisi Aman

5 Hal Khas Lebaran yang Tahun Ini Terpaksa Belum Bisa Dirasakan

Hari Raya Idulfitri merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Biasanya, umat muslim di Indonesia akan melakukan mudik agar dapat menikmati suasana hari raya tersebut bersama keluarga di kampung halaman. Namun melihat pada situasi dan kondisi saat ini, sepertinya Lebaran kali ini akan sangat berbeda dari lebaran tahun-tahun lalu.

Tidak diperbolehkan mudik dan harus tetap di rumah aja, akankah hal-hal berikut masih dapat dirasakan pada Lebaran kali ini meski tak berjalan seperti biasanya?

Advertisement

1. Makanan khas Hari Lebaran

Lebaran sangat dekat dengan ketupat sebagai makanan khas. Biasanya tiap rumah akan membuat ketupat untuk dimakan bersama pada hari lebaran. Selain itu, makanan pendamping seperti rendang, opor, dan lain sebagainya turut melengkapi meja makan di hari raya. Beraneka kue kering juga disediakan untuk para tamu yang akan datang bersilaturahmi ke rumah.

Lebaran di rumah aja masih masak ketupat nggak nih?

Advertisement

2. Sungkeman

Hari Raya Idulfitri juga menjadi ajang untuk bermaaf-maafan. Biasanya anak akan melakukan tradisi sungkeman kepada orang tuanya. Tetapi kali ini, ucapan selamat Lebaran dan permohonan maaf cukup lewat telepon saja ya.

“Pak, Bu, mohon maaf, Lebaran tahun ini saya nggak bisa pulang”

3. Mendengar gema takbir

Advertisement

Allahu akbar.. Allaahu akbar…..
Laa – ilaaha – illallaahu
wallaahu akbar.
Allaahu akbar walillaahil – hamd.

Gema takbir selalu terdengar dari malam lebaran hingga pelaksanaan salat Eid. Umat muslim beramai-ramai mengumandangkan takbir dan memukul bedug untuk menyambut datangnya hari raya Idulfitri.  Hmm Bagaimana dengan tahun ini ya? 

4. Pertanyaan menyebalkan dari sanak keluarga

Biasanya, di hari raya Idul Fitri, sanak keluarga akan berkumpul untuk merayakan lebaran bersama-sama. Pada moment ini, ada saja pertanyaan-pertanyaan menyebalkan yang dilontarkan, seperti “Udah punya pacar belum?” “Kapan nikah?” dan lain – lain. Semoga tahun ini, pertanyaan tersebut tidak terdengar lagi ya.

5. THR yang paling ditunggu-tunggu

Siapa sih yang nggak doyan THR? Sepertinya momen ini yang paling dirindukan pada hari raya Idulfitri yaa. Selepas bersalam- salaman dan meminta maaf, biasanya THR akan diberikan.  

Om, tante, Lebaran tahun ini aku nggak pulang. THRnya ditransfer aja yaa, hihi

Nah, itu dia beberapa momen yang selalu ada pada saat Lebaran. Semoga lebaran kali ini, hangat suasananya masih dapat kita rasakan meski berjaraak ya~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE