5 Rahasia Agar Ibu Rumah Tangga yang Suka Jajan tapi Tetap Cuan

Cara tetap cuan meski sering jajan dengan Finansial Planning

 

Kebutuhan hidup tiada batasnya, mulai dari kewajiban, kebutuhan hidup, jajan dan hiburan. Tetapi kalau tidak punya uang seperti tidak punya enegi. Uang memang bukan segalanya, tidak semua bisa dibeli dengan uang. Tetapi uang dibutuhkan semua orang untuk segala keperluan hidup. Mau belanja harus punya uang, mau bayar tagihan pun pakai uang. Termasuk yang suka banget Healing dan jajan di luar. Nah, agar keuangan tetap stabil dan cukup memenuhi kebutuhan hidup termasuk tetap jajan. Berikut 5 Rahasia ala ibu rumah tangga, mungkin bisa membantu ibu-ibu di luar sana yang pengin jajan tanpa tersiksa. Tetap bisa memiliki cuan dari finansial planning. Berikut 5 rahasia ibu rumah tangga tetap cuan meski suka jajan. 

 

Advertisement

1. Belanja aset yang bisa diubah menjadi alat kerja

Tetap cuan meski suka jajan

Tetap cuan meski suka jajan via https://www.freepik.com

Belanja aset yang bisa dibuat untuk menunjang hobi yang bisa menghasilkan uang. Seperti membeli alat penunjang masak yang digunakan untuk mengolah makanan yang bisa dijual. Membuat masakan sendiri lebih baik daripada membeli. Selain lebih murah dan juga lebih sehat. Kita tetap cuan dan jajan tanpa khawatir kehabisan uang lebih banyak lagi. 

2. Belanja sesuai kebutuhan, menunda keinginan

Belanja yang penting | Photo by Jack Sparrow :

Belanja yang penting | Photo by Jack Sparrow : via https://www.pexels.com

Pentingnya belanja yang benar-benar dibutuhkan tidak asal masuk keranjang. Pun tidak menghambur-hamburkan uang dengan belanja sesuatu yang kurang penting. Tidak hanya suka jajan yang sedang ngetrend, tetapi mulai mengikuti kelas-kelas online yang menambah skill. Mulai membeli buku tentang cara mengatur finansial dan investasi sejak dini. Alokasi belanja bulanan, mingguan dan harian. Sehingga bisa melihat seberapa banyak uang yang dihabiskan untuk pengeluaran rutin. Kalau sudah berumah tangga, belanja bersama pasangan itu sangat penting. Jadi ketika akan mengambil barang, akan diingatkan oleh pasangan, ini perlu atau hanya keinginan. Selain itu agar bisa mengetahui barang apa saja yang benar-benar menjadi keinginan. Maka mencatat keperluan itu sangat penting. Agar terhindar dari belanja yang tidak penting.

Advertisement

3. Sering ikut kuis dan give away untuk mendapatkan barang yang tidak begitu butuh

Perempuan bekerja

Perempuan bekerja via https://unsplash.com

Terkadang di media sosial banyak sekali kompetisi yang berhadiah, entah berhadiah uang tunai atau barang, Bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan hadiah dengan mengikuti beberapa tantangan, seperti kontes foto, lomba menulis, lomba bikin video dan lomba desain grafis.

Cukup menantang bukan? Mengumpulkan uang dengan cara ini juga mudah hanya mengandalkan smartphone dan paket internet. Jadi, tetap bisa jajan dan dapat duit. 

Selain mengurangi pengeluaran untuk sesuatu yang kurang begitu dibutuhkan, bisa memiliki barang dengan gratis. Begitu pula jika dalam tantangan untuk mendapatkan hadiah harus membeli barang tertentu. Jangan tergiur dengan diskon khusus, karena sebenarnya setiap saat itu pasti ada diskon. Menunda keinginan saat ini untuk kebutuhan di masa mendatang.

Advertisement

4. Mulai menambah pemasukan dari banyak cabang

Memasak

Memasak via https://unsplash.com

Era new normal, hampir semua perusahaan butuh dengan jasa iklan, salah satu cara tetap cuan meski suka jajan yakni menambah pemasukan. Bisa bekerja dari rumah, baik itu pengolahan masakan, program affilated atau endorse barang. Tentu butuh upaya maksimal untuk mendapatkan semua itu. Menggunakan waktu agar lebih produktif dan tidak menyia-nyiakan moment. Selain itu bisa juga menjadi pekerja paruh waktu pada website penyedia pekerjaan freelancer. Sehingga tetap Cuan walau di rumah saja. 

5. Mengatur manajemen keuangan secara tepat, investasi seuai kemampuan

Perempuan investasi

Perempuan investasi via https://pexels.com

Menjadi ibu rumah tangga yang kebutuhannya tak terbatas namun cuan terbatas, dan juga ingin jajan dengan happy. Maka pengelolaan uang yang masuk dan keluar harus jelas. Sehingga bisa mengeliminasi pengeluaran yang kurang penting. Tak hanya soal mengatur budgeting, memulai dengan investasi itu penting. Menggunakan Fintech P2P Funding dari ALAMI menjadi solusi untuk pendanaan bagi umkm yang butuh dana dan kita sebagai investor bisa dapat bagi hasil. Bukan siapa yang lebih besar investasinya namun siapa yang lebih awal memulai. 

 

Nah itu dia 5 Rahasia ibu rumah tangga agar tetap cuan dan bisa jajan dengan cara yang sedehana dan hasil nyata. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Wanita muda yang suka fotografi, Editor freelance, bookstagram. Suka menulis cerpen, novel dan blog. Bukunya yang sudah terbit DARAH: sepuluh cerita psikopat dan September Wish. Menulis membuatmu ada.

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE