Trend traveling saat ini di kalangan milenial sudah menjadi kebutuhan. Berbagai fasilitas penunjang kebutuhan saat traveling pun sudah mudah ditemukan dimana pun. Informasi yang tersebar untuk berbagai fasilitas dan tempat wisata sudah bisa di akses dari berbagai situs internet.

Dilihat dari perkembangan zaman, kebiasaan turis milenial saat ini cenderung melakukan hal yang seragam. Ini dilihat dari pola perilaku yang mereka rutin lakukan ketika mereka bepergian. Berbagai kebutuhan yang semula adalah kebutuhan sekunder, berganti menjadi kebutuhan primer atau wajib yang mereka harus miliki. Beberapa contoh di antaranya :

1. Gadget

Benda wajib yang mereka bawa saat mereka berpergian kemana pun. Berbagai fitur menarik yang dimiliki masing-masing gadget menunjang kebutuhan mereka saat berpergian. Beberapa aplikasi seperti Maps dan lainnya sudah pasti wajib tersedia dalam gadget seorang turis. Hal ini bertujuan agar mereka tetap bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mencari lokasi wisata ketika berada di tempat tujuan.

Selain itu banyak juga turis yang hanya memanfaatkan kamera telepon genggam sebagai penunjang dokumentasi mereka. Alasan kepraktisan adalah yang utama mengapa mereka lebih memilih untuk menggunakan kamera dari telepon selular dibanding dengan kamera pocket atau kamera digital (DSLR) untuk dibawa.

Advertisement

Kemudahan lainnya dari gadget yang mereka miliki adalah mudahnya mereka mengunggah hasil dokumentasi mereka sendiri pada platform media sosial. Ada beberapa fasilitas yang bisa mereka pakai untuk menunjang gaya hidup mereka yang hampir seluruh kegiatan dibagi kepada publik seperti media sosial.

2. Internet

intrepidtravel

intrepidtravel via https://www.google.com

Untuk menjelajah situs apapun, jaringan internet sangat diperlukan bagi turis kalangan milenial. Beberapa dari mereka memanfaatkan fasilitas roaming yang disediakan provider lokal di Indonesia dengan alasan kemudahan. Namun, hal ini masih banyak memiliki kekurangan seperti harganya yang sangat tinggi. Hal ini terkadang menjadi alasan untuk mengurungkan niat para turis milenial memanfaatkan fasilitas roaming dari provider lokal di Indonesia.

Selain itu membeli kartu sim lokal juga menjadi pilihan lain yang bisa turis milenial lakukan ketika sudah sampai di negara tujuan. Berbagai pilihan provider lokal masing-masing negara tersedia ketika sudah mendarat di bandara negara tujuan berwisata. Harga yang ditawarkan bervariasi. Tetapi mengingat dengan jelas bahwa harga yang dijual mereka adalah harga turis asing bukan harga warga lokal, ini menjadikan harga kartu sim tersebut jauh lebih mahal dari harga normal.

Advertisement

Pilihan alternatif lainnya yang belum banyak turis ketahui adalah penyewaan travel wifi untuk menunjang internet mereka di negara tujuan. Fasilitas ini sudah ada dari beberapa tahun terakhir, tetapi masih belum banyak yang menggunakannya. Akibat kurangnya informasi yang mereka terima, mengenai cara penyewaan dan penggunaannya.

Saat ini hadir fasilitas super mudah yang di sediakan berbagai tempat penyewaan travel wifi khususnya ke luar negeri seperti yang tersedia di website resmi Wifi Republic. Wifi Republic dikenal sebagai tempat penyewaan travel wifi termurah di Indonesia untuk tujuan berbagai negara. Dilihat dari situsnya, banyak negara terkenal yang menjadi tujuan utama para turis dari Indonesia sudah dapat dipenuhi untuk fasilitas travel wifi ini.

Selain itu modem sudah bisa dibawa oleh turis Indonesia sejak mereka masih berada di dalam negeri. Ini sangat menguntungkan bagi mereka dikarenakan mereka tidak perlu repot mencari booth travel wifi di negara tujuan. sesampainya mereka tiba di negara tujuan, mereka hanya cukup mengaktifkan perangkat modem dan segera disambungkan ke telepon seluler mereka.

3. Media Sosial

Tribunnews

Tribunnews via http://google.com

Mudahnya menyebar informasi kegiatan para milenial saat ini ketika traveling adalah salah satu kebutuhan lainnya. Mengunggah berbagai kegiatan menarik lewat foto ataupun video sudah menjadi kewajiban bagi mereka. Gaya hidup yang mulai berubah serta keterbukaan pada informasi apapun yang dapat mereka bagi di dalam sosial media, membuat mereka cenderung menggunakannya secara rutin setiap hari.

Aplikasi media sosial yang wajib kalangan turis milneial miliki saat ini diantaranya adalah instragram. Hal ini dikarenakan fasilitas yang mereka miliki dan berbagai fitur menarik sudah tersedia dalam satu aplikasi tersebut. Hal yang para turis milenial bisa diunggah saat ini bukan hanya terbatas pada foto ataupun video saja, bahkan lokasi dan kegiatan secara langsung "live" juga bisa dibagi kapan pun dan dimana pun mereka berada.

4. Instagram membuat traveling lebih hidup

tts.com

tts.com via http://google.com

Fasilitas instagram lainnya yang lebih private (pribadi) juga bisa mereka akses seperti "direct message". Mereka kini bisa mengirim gambar ataupun postingan dari feed ataupun insta story suatu akun ke dalam direct message tersebut. Selain itu, saat ini juga terdapat fasilitas video call yang bisa mereka akses untuk keperluan komunikasi yang lebih bersifat pribadi bagi mereka.

5. Millenials memang beda

Terlihat jelas bagaimana perbedaan gaya hidup turis milenial saat ini, yang jauh lebih memerlukan eksistensi mereka di hadapan publik. Mereka kini cenderung tidak bisa lepas dari apapun yang bernama gadget, internet, dan sosial media bahkan ketika mereka sedang melakukan perjalanan sekalipun. Kebanyakan dari mereka berpikir bahwa apa yang mereka miliki dan mereka lakukan seperti saat melakukan perjalanan wajib dibagi kepada publik untuk eksistensi ataupun alasan pribadi lainnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya