5 Hal Produktif yang Bisa Dilakukan Pelajar untuk Menghilangkan Stress

Menjadi pelajar merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting untuk dilakukan. Masa depan seseorang yang menempuh Pendidikan yang lebih tinggi memiliki peluang lebih besar untuk masa depan yang cerah daripada dengan seseorang yang menumpuh Pendidikan dengan tingkatan dibawahnya. Kesempatan mendapatkan Pendidikan merupakan suatu kenikmatan yang tidak semua orang mendapatkannya. Dalam menempuh Pendidikan tentu akan dijumpai didalamnya kegiatan belajar mengajar yang disertai dengan tugas-tugas yang tentunya tidak sedikit.

Hal itu dapat membuat pelajar menjadi gampang Lelah dan stress karena beban tugas yang diberikan. Terkadang tugas-tugas yang diberikan harus diselingi dengan kegiatan positif yang menyenangkan sehingga dapat mengalihkan perhatian sejenak seorang pelajar dari tugas-tugas  yang dapat membuat stress. Nah kali ini saya mau berbagi tips nih apa saja sih  hal produktif yang dapat menjadi selingan seorang pelajar dalam mengerjakan tugas. Sebenarnya ada banyak sih, tapi kali ini saya akan membagikan 5 hal yang menurut saya dapat membuat tugas tidak terlalu berat untuk dilakukan.

Advertisement

1. Membaca Buku

photo by: Pexels on pixabay

photo by: Pexels on pixabay via https://pixabay.com

Membaca buku bacaan lain seperti novel, biografi, dan buku tentang pengetahuan umum lainnya . dengan membaca buku referensi lain selain mata pelajaran akan membuat focus seorang pelajar teralihkan ke bacaan yang lebih bervariatif dan menurunkan rasa jenus terhadap materi di sekolah. Selain itu membaca buku pengetahuan umum dan biografi seseorang dapat memunculkan referensi terkait hal yang baru di dunia serta dapat memotivasi di seorang pelajar dari kisah hidup seorang tokoh yang di baca dalam buku biografi.

2. Berolahraga

photo by: Čeština on pixabay

photo by: Čeština on pixabay via https://pixabay.com

Setiap orang tentunya memerlukan Latihan terutama dalam menjaga tubuh agar tetap vit dan bugar. Selain berfungsi menjaga tubuh agar tetap sehat, berolahraga juga dapat menjadi kegiatan untuk me refres tubuh dari kejenuhan ketika menempuh Pendidikan. Sebenarnya ada banyak olahraga yang menarik untuk dilakukan tapi salah satu yang saya sarankan yaitu bulu tangkis. Olah raga ini mengharuskan adanya partner. Sehingga ketika melakukannya seorang pelajar juga bisa bercerita tentang apapun kepada partner bulu tangkisnya sehingga dapat meringankan beban yang sedang dialami dengan membaginya dengan orang lain.

Advertisement

3. Tidur

photo by: Daniela Dimitrova on pixabay

photo by: Daniela Dimitrova on pixabay via https://pixabay.com

Tidur bukanlah sebuah kegiatan. Akan tetapi dengan tidur seorang pelajar dapat mengistirahatkan pikirannya dari tugas yang berat dan banyak. Seorang pelajar sangat disarankan untuk tidak memaksakan mengerjakan tugas yang di berikan apabila tubuh telah kelelahan karena selain akan berpengaruh pada Kesehatan pelajar tersebut juga dapat  mempengaruhi hasil dari tugas yang diberikan karena otak tidak bekerja dengan optimal. Dari hal itu lah seorang pelajar disarankan untuk tidur sejenak supaya pikiran akan terasa ringan ketika bangun tidur nantinya dan dapat melanjutkan tugasnya dengan optimal.

4. Berjualan Online

photo by: Edeta on pixabay

photo by: Edeta on pixabay via https://pixabay.com

Hal produktif berikutnya yaitu mencari cuan dengan cara yang tidak merepotkan. Seorang pelajar tentunya ingin uang sakunya bertambah dari hasil usahanya sendiri, karena itu merupakan suatu penghargaan bagi diri sendiri. Berjualan online merupakan salah satu opsi yang dapat dicoba untuk mengalihkan perhatian seorang pelajar dari tugas-tugas sekolah. Banyak saat ini platform digital yang memberikan wadah bagi siapapun untuk berjualan di platform digital mereka. Salah satu teknik yang cocok untuk berjualan bagi pelajar yaitu dengan menjadi reseller(menjual Kembali barang dengan harga yang lebih) dari produsen, selain tidak memerlukan banyak waktu untuk memproduksi sebuah barang juga dapat dilakukan di waktu-waktu mengerjakan tugas dari sekolah. Selain mengalihkan perhatian dari banyaknya tugas. Seorang pelajar juga mendapatkan pengalaman tentang berjualan dan tentunya dapat menambah uang saku.

5. Berwisata

Advertisement
photo by: Stefan Schweihofer on pixabay

photo by: Stefan Schweihofer on pixabay via https://pixabay.com

Kegiatan ini sebenarnya disarankan ketika tugas dari sekolah telah selesai dikerjakan. Karena dengan berwisata atau biasa disebut dengan healing bagi pelajar saat ini, merupakan suatu bentuk self reward atau apresiasi bagi diri sendiri karena telah berhasil menyelesaikan tugas dari sekolah dengan baik. Dengan adanya self reward berupa pergi ke destinasi wisata dapat membuat diri untuk bersemangat mengahadapi pembelajaran dan tugas yang akan diberikan.

Nah itu saja tips yang bisa saya berikan untuk tetap produktif ketika menjadi seorang pelajar. Semoga dapat bermanfaat. Dan jangan lupa untuk di terapkan

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE