Jangan bilang kamu penggemar sepak bola kalau saat berkunjung ke Inggris tidak melakukan 5 hal seru ini. Inggris merupakan negara yang disebut sebagai tempat lahirnya sepak bola. Berawal dari permainan pelepas penat sehabis kerja oleh kaum urban semasa revolusi industri, warga urban Inggris menjadikan sepak bola sebagai ajang bertemu komunitas dan bersenang-senang. Maka tidak heran jika budaya menonton sepak bola bagi warga Inggris sudah terbentuk sejak lama. Bahkan Inggris memiliki klub sepak bola tertua sekaligus paling banyak di dunia.

Nah, apa aja sih hal seru yang bisa kamu lakukan di Inggris sebagai penggemar sepak bola? Nih, saya bagikan contekannya sebelum kamu berangkat ke Inggris.

1. MENGUNJUNGI KOTA MANCHESTER

Manchester United

Manchester United via http://seribulangkah.com

Terletak di barat laut Inggris, Manchester merupakan kota metropolitan yang merupakan asal dua klub sepak bola utama di Eropa yaitu Manchester United dan Manchester City. Selain menggunakan pesawat, kamu bisa naik bus atau kereta dari Victoria Coach Stasiun London ke kota Manchester ini. Di kota ini, para penggemar sepak bola bisa mengunjungi National Football museum dan Old Trafford Stadium.

National Football museum dibangun untuk melestarikan koleksi milik asosiasi sepak bola. Koleksi yang terdapat dalam museum ini berasal dari FIFA Book Collection, Football League, Football Asosiation, FIFA Museum dan National Football collection. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga jam 5 sore.

Advertisement

Old Trafford Stadium terletak 4 km dari pusat kota Manchester. Stadium ini merupakan stadium terbesar kedua di Inggris yang sekaligus menjadi markas besar Manchester United sejak didirikan pada tahun 1910. Stadium ini dibagi menjadi 4 stand yaitu Sir Alex Fergusson Stand, Sir Bobby Charlton stand, East stand dan West Stand.

2. MENGIKUTI STADIUM TOUR

Emirates Stadium

Emirates Stadium via http://seribulangkah.com

Jika kamu punya klub favorit, maka kamu harus mengikuti stadium tour untuk mengenal lebih jauh klub favorit kamu. Selain Old Tranfford stadium di Manchester, di London ada beberapa stadium tour lain seperti Emirates Stadium- Arsenal FC, Stamford Brigde – Chelsea FC dan White Hard Lane – Tottemham Hotspur FC.

Karena waktu yang terbatas, saya hanya sempat mengunjungi salah satu stadium yaitu Emirates Stadium-Arsenal FC. Untuk mencapai stadium yang terletak di London utara ini tidak terlalu sulit. Kita bisa naik tube dan turun di stasiun Arsenal. Dari stasiun Arsenal kita tinggal mengikuti petunjuk menuju arah stasiun.

Advertisement

Stadium kebanggaan The Gooners ini diresmikan tahun 2006 dengan kapasitas sekitar enam puluh ribu penonton. Ada tiga paket tour yang ditawarkan oleh Emirates Stadium, yaitu Paket Museum seharga 8 poundsterling, Legends Tour seharga 40 poundsterling dan Self-Guided Tour seharga 20 poundsterling.

Dengan Self-Guided Tour kamu diberikan virtual guide yang bisa didengarkan sambil mengelilingi stadion. Sementara Legends tour kamu akan diantar langsung oleh Legenda Arsenal seperti Lee Dixon keliling stadion. Tempat yang kita jelajahi selama tour adalah Changing Room yang terbagi menjadi dua yaitu untuk Arsenal dan tim lawan dan Director’s Box tempat para petinggi Arsenal dan tamu VIP bisa menonton pertandingan dengan pemandangan terbaik.

3. MENONTON PERTANDINGAN SEPAK BOLA

Penonton sepak bola antri memasuki stadium

Penonton sepak bola antri memasuki stadium via http://seribulangkah.com

Kalau kamu suka menonton pertandingan sepak bola di stadion maka menonton sepak bola di stadion Inggris tidak boleh kamu lewatkan. Konon, atmosfer terbaik menonton pertandingan sepak bola ada di Inggris. Setidaknya saya merasakannya sejak turun dari tube dan ikut arus penonton bola yang memenuhi stasiun. Mereka bergerak teratur menuju Emirates Stadium mengenakan slayer, penutup kepala dan kaos klub kebanggaan mereka sambil meneriakkan yel-yel atau bernyanyi.

Suasana di dalam stadion sangat meriah karena hampir seluruh kursi penonton terisi penuh. Kamu akan merasakan gegap gempita penonton bola di Inggris bersorak, menyanyi mendukung klub kesayangan mereka hingga usai pertandingan. Masyarakat Inggris sudah mencintai sepak bola cukup lama, sehingga budaya menonton yang sportif, saling menghargai dan teratur sudah menjadi kebiasaan mereka. Menonton bola menjadi budaya yang menggembirakan dan menular pada pengunjung seperti saya. Kalau kamu ke Inggris, jangan dilewatkan kesempatan menonton sepak bola di stadion.

4. BELANJA PERNIK-PERNIK SEPAK BOLA

Kamu pasti tak akan pulang ke Indonesia tanpa kenang-kenangan dari klub kesayangan kamu. Nah, kamu bisa belanja pernak-pernik sepak bola sebagai buah tangan di The Armoury, Stadium Megastore dan Lilywhites. The Armoury terletak di dekat Emirates Studium dan menjual berbagai pernik-pernik sepak bola klub Arsenal. Jika kamu penggemar klub Arsenal, kamu bisa mendapatkan cinderamata dan pernik-perniknya di sini.

Terletak di Stamford Bridge, Stadium Megastore menjual berbagai pernak-pernik klub Chelsea. Jika kamu penggemar klub Chelsea maka kamu bisa berbelanja segala perlengkapan sepak bola dan cinderamata di sini.

Sedangkan Lilywhites merupakan departemen store yang menjual perlengkapan olahraga. Di sini kamu bisa mendapatkan segala perlengkapan sepak bola dari berbagai klub di Inggris.

5. MENYERAP ENERGI SUPORTIVITAS SEPAK BOLA

Sepatu Bola

Sepatu Bola via http://seribulangkah.com

Selain mengunjungi tempat-tempat seru dan belanja pernak-pernik bola, ada hal yang patut kita serap dari perjalanan ini yaitu supportivitas pemain pertandingan dan penonton pertandingan. Jika kamu bukan calon pemain sepak bola setidaknya kita bisa mencontoh bagaimana masyarakat Inggris menonton bola dengan tertib, aman dan supportive.

Memang kebiasaan menonton sepak bola bagi masyarakat Inggris sudah terbentuk sejak sangat lama, tetapi tidak ada buruknya kita mengambil hal yang baik dari mereka. Menonton pertandingan sepak bola adalah kegembiraan berkumpul dengan banyak orang yang penuh semangat. Kalah atau menang dalam sebuah pertandingan harus bisa diterima dengan besar hati dan gembira. Jangan sampai merusak apa yang menjadi tempat kita semua bisa berkumpul dan bergembira.

Sepakat? Kalau YA, bulatkan mimpimu dan dapatkan kesempatan pergi ke Inggris mengunjungi tempat-tempat yang saya rekomendasikan. #AyokeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya