Meski Merayakan di Perantauan, 5 Hal Ini Akan Buat Lebaranmu Tetap Berkesan

5 Hal Ini Akan Buat Lebaranmu Tetap Berkesan

Tahun ini, momen Lebaran akan terasa sedikit berbeda dengan adanya pandemi Covid-19. Belum berakhirnya pandemi hingga hari ini, memaksa kita untuk tetap melakukan jaga jarak, jaga kebersihan, dan #DiRumahAja. Banyak yang berharap kalau pandemi ini akan usai setelah bulan Ramadan, namun kenyataan berkata lain, hingga momen Lebaran pun kita masih dianjurkan untuk tetap di rumah aja dan tidak mudik ke kampung halaman.

Momen ini tentu akan memberi kesan tersendiri bagi kita dan akan selalu kita ingat seumur hidup. Bagi mereka yang jauh dari keluarganya, momen mudik tentu menjadi momen yang sangat dinanti untuk dapat berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Seolah sudah menjadi budaya, mudik bukan hanya sekedar pulang ke kampung halaman, melainkan bisa menjadi momen untuk bersilaturahmi antar saudara yang mungkin sudah lama tidak bertemu.

Buat kamu yang rindu kampung halaman atau rindu mengunjungi kerabat, kamu bisa melakukan lima hal berikut ini untuk mensiasati momen Lebaran #DiRumahAja

Advertisement

1. Please jangan mudik dulu

Kondisi yang hingga saat ini tak kunjung membaik memaksa kita untuk menunda mudik ke kampung halaman tahun ini. Buat kamu yang sedang berada di perantauan tunda dulu mudiknya, ya. Kerinduan akan kampung halaman pasti akan sangat terasa buat kamu yang sedang berada di perantauan, namun untuk tahun ini kamu wajib menunda waktu untuk mudik, karena memang keadaan masih mengharuskan kita untuk tetap #DiRumahAja.

 

Advertisement

Alasan pemerintah melarang mudik untuk tahun ini bertujuan untuk memutus penyebaran virus covid 19 ini, pemerintah mengkhawatirkan apabila seseorang mudik ke kampung halamannya bisa saja orang tersebut menjadi carrier dan menyebarkan ke keluarganya di kampung halaman. Pemerintah juga akan memberikan sanksi tegas bagi mereka yang masih memaksa untuk mudik.

2. Melakukan silaturahmi virtual

Silaturahmi Virtual

Silaturahmi Virtual via https://www.freepik.com

Meskipun terbatas oleh jarak, silaturahmi harus tetap terhubung. Momen kumpul bareng saudara mungkin akan sangat kamu rindukan, dengan perkembangan zaman yang semakin modern ini, kamu bisa memanfaatkan sarana teknologi yang ada untuk bersilaturahmi dengan saudara, kerabat, kakek dan nenek, maupun orang tua kamu di kampung halaman.

Saling memaafkan adalah momen penting saat Lebaran, tentu kamu tidak mau melewatkan momen tersebut bukan? Sampaikan permintaan maaf kamu kepada orang terdekat yang kamu sayangi lewat video conference. Saling bertanya kabar dan saling ngobrol mungkin bisa mengobati rasa rindu kamu dengan orang-orang terdekat yang kamu sayangi.

Advertisement

3. Menciptakan suasana Lebaran seperti di kampung halaman

Suasana Lebaran

Suasana Lebaran via https://www.freepik.com

Tidak merayakan Lebaran dengan keluarga di kampung halaman karena tidak bisa mudik bukan berarti kamu tidak bisa merasakan kemeriahan Lebaran di perantauan. Kamu bisa menciptakan dekorasi dengan suasana khas lebaran. Agar terasa seperti di kampung halaman, ciptakan hal-hal yang biasanya ada supaya kamu merasa sedang Lebaran di kampung halaman bersama keluarga.

Persiapkan juga berbagai cemilan dan ragam kuliner khas Lebaran yang biasanya ada di kampung halaman, kamu bisa membelinya lewat online ataupun memasak sendiri. Tidak ada salahnya merayakan tradisi Lebaran khas keluarga meskipun di perantauan. Dengan begitu, kamu masih bisa bersuka cita dan tidak akan kehilangan momen Lebaran di kampung halaman.

4. Membuat kartu ucapan

Membuat Ucapan Lebaran

Membuat Ucapan Lebaran via https://www.freepik.com

Social distancing masih membatasi aktivitas kita hingga hari ini, sehingga memaksa kita untuk bersilaturahmi dari rumah aja di momen Lebaran kali ini. Nah, kamu bisa membuat ucapan Lebaran dengan berbagai kreasi seperti lewat video, desain grafis, maupun sketsa gambar buatan kamu. Nantinya kamu bisa membagikan ucapan Lebaran tersebut lewat sosial media kamu.

5. Berbagi THR online

Berbagi THR Online

Berbagi THR Online via https://www.freepik.com

Jangan jadikan momen Lebaran tahun ini untuk tidak berbuat kebaikan, kamu yang biasanya selalu membagikan THR untuk keponakan, adik, maupun sanak saudara yang lain, kamu masih bisa berbagi lewat dompet digital. Lewat hal ini kamu masih bisa berbagi kebahagiaan, hal ini juga menjadi tabungan untuk kamu di akhirat nanti.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE