Pada dekade ini, penyebutan kata cantik didefinisikan untuk seorang wanita yang bertubuh tinggi, langsing, berkulit putih cerah, beralis tebal serta berwajah mulus bak porselen. Masyarakat khususnya wanita era modern berlomba-lomba melakukan berbagai macam perawatan tubuh dan wajah berbiaya fantastis demi mendapatkan hasil yang seperti disimbolkan oleh produk kecantikan komersil, sehingga banyak dari mereka yang melupakan aspek penting dan mendasar pada sebuah sebutan “cantik” yang sebenarnya. Berikut adalah hal-hal yang dapat membuatmu menjadi wanita yang cantik dengan makna yang sebenarnya.

1. Posisikan dirimu senyaman mungkin untuk memiliki rasa percaya diri.

percaya diri via https://www.tumblr.com

Apa pun warna kulit kita, berapa pun cm tinggi kita, apa pun kondisi kulit wajah kita, dan berapa pun berat badan kita, asalkan kita dapat memposisikan diri kita senyaman mungkin untuk memiliki rasa percaya diri, maka secara tidak langsung hati kita telah menerima suatu suatu redefinisi makna “cantik”. Hal ini akan membuat rasa percaya diri kita meningkat, sehingga aura bahagia akan terpancar dari dalam diri kita dan tentu saja rasa bersyukur itu akan membuat kita tampak lebih cantik.

Hal ini karena orang lain juga terpengaruh dengan bagaimana kita melihat dan merasa nyaman terhadap diri kita sendiri. Jadi, jika ingin terlihat cantik, awali dengan percaya diri dan merasa cantik dengan penampilan natural kita.

2. Memiliki kesopanan dan kesantunan terhadap sesama.

shake hand via http://www.zimbio.com

Advertisement

Bayangkan saja jika ada seorang wanita cantik, namun dengan kasarnya menerobos suatu antrean di depannya, pasti nilai kecantikannya juga akan berkurang di mata beberapa orang yang baru pertama kali melihatnya. Untuk itu, dengan memiliki kesopanan dan kesantunan terhadap sesama, kita akan belajar untuk lebih menghargai setiap orang yang kita temui, sikap positif ini juga akan membuat orang lain merasa senang bertemu dengan kita, sehingga tanpa kita sadari atau tidak, kecantikan kita akan terpancar dari perilaku kita yang sopan.

3. Memiliki sikap rendah hati tanpa mendiskriminasi individu lainnya.

Beberapa dari kita mungkin mengetahui bahwa banyak wanita yang memiliki kecantikan di atas rata-rata yang menjadi aktor utama pelaku pembullyan. Bahkan beberapa dari mereka bahkan sering menghina seseorang yang dianggap memiliki kecantikan di bawah standar mereka. Mengatakan seseorang gendut dan jelek lain sebagainya. Padahal kecantikan fisik tidak akan bertahan selamanya. Suatu waktu pasti seseorang akan menua dan kecantikan yang dulu begitu diagungkan akan banyak dilupakan oleh banyak orang yang dulu mengenalnya. Sehingga kecantikan yang sejati sebaiknya diimbangi dengan kerendah hatian dan tanpa mendiskriminasi induvidu yang lainya. Karena tidak akan pernah ada yang tahu, mungkin beberapa tahun lagi, seseorang yang dibully akan menjadi sangat cantik. Bahkan lebih cantik daripada pelaku pembullyan tersebut. Dengan sifat rendah hati dan menghargai orang lain tanpa membeda-bedakan akan membuat kecantikan kita semakin terpancar.

4. Memiliki kecerdasan ide dan keteguhan di bidangnya masing-masing.

public speaker via http://www.nbcnews.com

Mungkin apabila pada masa kolonialisme tak ada wanita-wanita cerdas nan pemberani yang memiliki ide serta mental yang kuat untuk memperjuangkan kemerdekaan serta hak-hak wanita agar mendapatkan pendidikan serta hak yang sama untuk memperoleh pengetahuan, maka mungkin nasib wanita Indonesia masih sangat tertinggal. Maka, perlu dilakukan suatu redefinisi kata “cantik” serta menanamkannya dalam setiap hati wanita bahwa saat kita mampu untuk berdedikasi dan berjuang pada bidang positif yang telah kita tekuni, maka kecantikan kita sebagai seorang wanita yang cerdas akan terpancar.

5. Tersenyumah dengan tulus, maka kecantikanmu akan terpancar.

Advertisement

Tersenyumlah, maka dunia akan tersenyum kepadamu.

Senyuman yang tulus akan membuat wajah kita semakin cantik walaupun tanpa menggunakan make-up. Seseorang akan merasa bahagia saat bertemu dengan kita dan kita memberikan senyuman yang tulus kepadanya, dengan begitu orang tersebut akan mengingat kita sebagai seseorang yang ramah dan memiliki senyuman yang cantik. Jadi berikanlah wajah ceria dan senyum terbaik kita pada orang disekitar kita .

Nah, ada banyak suatu definisi makna cantik, maka jadilah wanita cantik yang bijaksana dengan merefleksikan kata cantik melalui kepribadian yang positif yang dapat kita lakukan. Karena pada dasarnya semua wanita terlahir cantik. Hanya perspektif maknanya saja yang digeser oleh kapitalisme produk-produk kecantikan komersial yang telah membentuk masyarakat untuk mensugesti diri mereka masing-masing bahwa kecantikan semata-mata adalah simbol kesempurnaan fisik nan paten menurut standar yang telah mereka tetapkan. Padahal, cantik yang sesungguhnya adalah berasal dari hati dan kepribadian kita. So, tersenyumlah girls.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya