Kamu yang lahir tahun 90-an pasti ngerasain peralihan zaman di era digital. Pola hidup berganti dari yang dulunya main di lapangan luas, beralih menjadi games di lapangan online. Dari yang biasanya tidak menganggap ketinggalan hp adalah hal yang penting, hingga rela balik lagi ke rumah saat sadar handphone tertinggal di kamar.

Era digital membuka peluang buat kita semua agar dapat terus berkembang. Banyak lapangan kerja baru, dan bahkan cara mendapatkan uang dengan cara baru. Namun, banyak yang memanfaatkan era digital hanya untuk update status dan bersenang-senang saja. Padahal, banyak sekali hal bermanfaat yang bisa kita ambil di era digital ini.

Mungkin kita sudah sering mendengar nama gamer Jess No Limit. Atau Youtuber terkenal Reza Oktavian atau Arief Muhammad. Mereka adalah contoh orang-orang yang berhasil memanfaatkan era digital ini dengan baik. Selain itu, banyak juga yang memanfaatkan era digital untuk kemajuan dirinya, namun tidak terekspos ke publik.

Selain itu, era digital juga membawa pengaruh buruk jika tidak berhati-hati. lho Banyak berita hoax dan cyber bullying yang terjadi setiap harinya. Nah, untuk kamu yang sering berselancar di Internet di era digital ini, penting untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan di era digital agar dapat terus berkembang.

1. Kreativitas

Cara Meningkatkan Kreativitas

Cara Meningkatkan Kreativitas via https://google.com

Kreativitas adalah hal yang penting untuk dimiliki di era digital ini. Youtuber yang terkenal memiliki berbagai macam ide dan kreativitas demi menciptakan konten menarik untuk akun Youtube-nya. Punya kreativitas tinggi ini nggak gampang lho guys. Kamu harus benar-benar punya kemampuan eksplorasi yang tinggi terhadap lingkungan sekitar.

Jadi, jangan pernah bilang "duh cuma main game doang duitnya milyaran." atau "cuma ngoceh-ngoceh di Youtube aja bisa kebeli mobil." Please, jadi orang kreatif itu butuh usaha dan kesabaran yang luar biasa. Namun, ketika sudah menikmati hasilnya, semua terlihat mudah.

2. Attitude Bermedia Sosial

Media sosial adalah fenomena yang sudah umum kita lihat setiap harinya. Bahkan, smartphone adalah barang pertama yang biasanya kita cari untuk sekedar meng-update atau melihat informasi di media sosial. Berbagi, mendapatkan informasi, bergosip, menghujat, semua hal sering kita jumpai di media sosial baik positif ataupun negatifnya.

Era digital mudah sekali membuka siapa diri kita sebenarnya. Maka dari itu, jangan hanya menjaga attitude di kehidupan offline saja, namun juga kehidupan media sosial kita. Banyak sekali orang yang malah kelihatan "jeleknya" melalui media sosial.

Dan tentu saja, hal yang buruk biasanya lebih cepat disukai oleh netizen dibanding hal yang baik. Maka dari itu, jagalah attitude di media sosial. Pikirkan terlebih dahulu, mana konten yang layak atau tidak layak untuk dibagikan.

3. Mempelajari Hal Baru

Meningkatkan iq dengan hal baru

Meningkatkan iq dengan hal baru via https://google.com

Dulu, untuk mengetahui tentang hal-hal baru, kita harus menunggu koran pagi hari. Namun sekarang, banyak sekali ilmu bermanfaat yang dapat kita ambil dari internet. Gunakanlah fasilitas yang semakin dipermudah ini dengan sebaik-baiknya.

Tahukah kamu kenapa video-video dari Youtuber sering menjadi trending? Hal tersebut dikarenakan selain menggunakan kreativitasnya, mereka juga menggunakan kemampuan dalam riset. Mereka memahami betul apa saja yang sedang dan akan trending bagi orang-orang. Dengan memanfaatkan pengetahuan itulah mereka membuat konten dan mendapat perhatian dari pengguna Youtube. Menarik bukan?

Tidak harus menjadi seorang Youtuber, pengetahuan yang ada di internet bisa kita manfaatkan untuk hal lain juga. Seperti ide bisnis, teknik digital marketing, pemasaran online, dan lain sebagainya.

4. Menyaring Informasi

Menyikapi media massa

Menyikapi media massa via https://www.google.com

Era digital, membawa dampak positif berupa informasi yang dapat tersebar dengan cepat. Kita tidak perlu lagi menunggu koran pagi hari untuk mendapat informasi terbaru. Berita-berita baru dapat diupdate dengan cepat bahkan hanya dengan hitungan detik.

Namun, selain berita positif yang dapat tersebar dengan cepat, berita hoax juga tersebar dengan kecepatan yang sama. Tidak sedikit orang-orang yang cepat "panas" dan terjadi pertengkaran hanya karena berita hoax. Maka dari itu, untuk menjadi seseorang yang cerdas di era digital, kita harus mampu menyaring informasi. Klarifikasi terlebih dahulu kebenaran dari sebuah berita sebelum mempercayainya.

5. Menyalurkan Bakat dan Hobi

Content Marketing

Content Marketing via http://www.google.com

Melukis, menulis, bernyanyi, apapun hobi dan bakatmu dapat kamu salurkan di era digital ini. Banyak orang yang menyalurkan hobinya dan mendapatkan penghasilan yang banyak dari internet. Jess No Limit misalnya, salah satu contoh orang yang menyalurkan hobi bermain gamenya melalui Youtube.

Selain itu, banyak pula penulis-penulis ternama yang mendapatkan banyak uang melalui tulisannya di website. Ada pula yang mendapatkan banyak uang dari market place karena bakatnya dalam berjualan. Contoh-contoh orang yang sukses dalam menyalurkan bakatnya itu bisa kamu tiru untuk kemajuan dirimu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya