Saat ini memang mendapatkan pekerjaan terasa semakin sulit, bahkan jika kita bandingkan antara lulusan baru dari sebuah sekolah atau lulusan perguruan tinggi dan jumlah ketersediaan lapangan pekerjaan. Mungkin kita sendiri tidak menyadari sebenarnya ada hal- hal yang membuat mempersulit kita untuk mencari pekerjaan dan hal tersebut ada di dalam diri kita sendiri.

1. Terlalu membatasi diri dari pergaulan

Membangun Relasi yang bermanfaat via http://www.kabarbisnis.com

bila kamu masih saja terlalu membatasi diri dari pergaulan, sebaiknya harus kamu hindari. membangun relasi dan jaringan pertemanan adalah hal yang sangat penting untuk mempermudah kita mendapatkan pekerjaan nantinya.

Advertisement

kita boleh saja membatasi pergaulan dari pergaulan yang bersifat negatif, tetapi kita tetap harus membangun relasi dan jaringan pertemanan mulai dari mengikuti komunitas- komunitas, forum, atau sekedar berkenalan dengan orang baru ketika kita sedang berada di warung kopi.

kita tidak pernah tahu, mungkin ternyata diantara banyaknya jaringan relasi ini ternyata perusahaannya sedang membutuhkan pekerja atau bahkan ternyata orang yang kita temui adalah seseorang yang memiliki pengaruh penting di instansi nya.

2. Sosial Media Yang Tidak Terkontrol

Marah di sosial media via http://farandifaldi27.blogspot.co.id

Perlu diketahui, saat ini Human Resources atau biasa disebut HR Department tidak hanyak melakukan screening calon karyawannya melalui curriculum vitae, tetapi juga melalui sosial media. Karena sosial media dianggap memiliki tingkat akurasi yang tinggi dalam menggambarkan kepribadian dari seseorang tersebut. untuk itu setidaknya mulai saat ini sebaiknya kita harus membatasi apa saja yang kita posting, jangan sampai karena emosi sesaat tersebut malah menghambat karir kita kelak.

Advertisement

Selain itu, username yang "menggelikan" pun menjadi pertimbangan HRD untuk melakukan proses penerimaan pekerjaan.

3. Penampilan Yang tidak Terjaga

Penampilan yang rapi via http://klinikrambut.com

dewasa ini proses penerimaan karyawan semakin ketat. selain kemampuan, beberapa perusahaan bahkan memiliki standar penampilan. bahkan beberapa perusahaan besar banyak yang tidak menerima karyawan yang memiliki tato, bekas tindikan, atau bahkan sekedar bentuk badan yang tidak proporsional, lho!

4. Kesehatan Yang Buruk

Kesehatan yang tidak dijaga dengan baik via https://bumiislam.files.wordpress.com

selain kemampuan, bahkan kesehatan pun menjadi bagian dari penilaian dalam proses penerimaan karyawan. tes kesehatan biasa meliputi tes urine, tes darah, dan bahkan rontgen. Mulai dari hal- hal yang berbahaya seperti narkoba dan bahkan perokok pun bisa saja tidak lolos dalam seleksi tersebut

5. Kurangnya Kemampuan Penunjang

Memperkaya kemampuan tambahan via http://www.computer-course-center.com

Jika kita hanya mengandalkan ijazah saja dalam melamar pekerjaan pasti akan terasa sulit, sekalipun nilai yang kita miliki dapat dikatakan besar. Kita pun harus memiliki kemampuan tambahan (terutama setifikasi kemampuan) yang berhubungan dengan pekerjaan yang kita inginkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya