Belakangan ini kita pasti sering mendengar tentang energi terbarukan. Sebenarnya apa sih energi terbarukan? Apa energi terbarukan itu sama dengan energi matahari? Nah, supaya Kamu tidak bertanya-tanya, inilah 5 hal yang perlu kita tahu soal energi terbarukan.

1. Apa itu energi terbarukan?

Energi terbarukan via https://upload.wikimedia.org

Selama ini manusia lebih banyak menggunakan energi tak terbarukan atau sering juga disebut energi fosil. Energi fosil terbentuk selama jutaan tahun dan tidak bisa dibuat oleh manusia. Beberapa contohnya adalah minyak bumi dan batu bara. Seiring dengan berjalannya waktu, pasokan energi tak terbarukan di bumi makin tipis. Karena itu, manusia mulai membuat terobosan yaitu menggunakan energi terbarukan.

Jenis energi terbarukan sendiri ada banyak mulai dari sinar matahari, air, hingga angin. Semua energi ini jumlahnya berlimpah, ramah lingkungan, dan bisa digunakan sepuasnya karena tak dapat habis. Nah, salah satu energi terbarukan yang paling banyak digunakan di dunia adalah energi matahari.

2. Mengapa energi matahari?

Advertisement

Energi matahari telah digunakan oleh jutaan orang di dunia. Salah satu alasan utamanya adalah energi matahari tidak menimbulkan polusi baik suara, emisi karbon, ataupun polusi udara. Jadi, energi matahari sangat baik untuk digunakan karena ramah lingkungan dan tak bisa habis.

3. Bagaimana cara pemanfaatan energi matahari?

Panel photovoltaic via https://cdn.daa.net

Cara menggunakan energi matahari adalah dengan memasang panel matahari atau sering disebut sebagai panet photovoltaic. Sinar matahari mengandung partikel yang bernama foton. Saat foton diserap oleh panel matahari, maka sejumlah partikel pada panel akan bergerak bebas.

Nah, pergerakan partikel inilah yang menimbulkan energi listrik. Energi listrik ini bisa langsung digunakan untuk berbagai macam benda atau disimpan dalam baterai. Jika disimpan dalam baterai, maka energi matahari ini bahkan bisa dipakai pada malam hari ketika matahari sudah tidak ada

4. Bisa digunakan untuk apa saja energi matahari?

Pesawat terbang bertenaga matahari via http://fr.cdn.v5.futura-sciences.com

Energi matahari bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan mulai dari yang terkecil seperti kalkulator atau power bank hingga yang terbesar seperti mobil listrik atau pesawat terbang. Penggunaan panel matahari dalam komunitas juga sangat memungkinkan semisal untuk lampu jalan, pompa air di desa yang belum memiliki akses listrik konvensional, dan sebagainya.

5. Mengapa belum banyak orang yang menggunakan energi matahari?

Pentingnya mengetahui energi matahari via http://www.greenpeace.org

Di negara-negara maju, panel matahari sudah digunakan di berbagai sektor industri. Setiap tahunnya penggunaan panel matahari juga telah membuat negara maju bisa menghemat pengeluaran biaya di bidang pengadaan energi. Sayangnya, di negara-negara berkembang penggunaan energi matahari masih belum optimal.

Salah satu kendalanya adalah ketidaktahuan masyarakat luas tentang betapa baik dan menguntungkannya energi terbarukan ini.

Jika semua orang tahu bahwa energi matahari ramah lingkungan dan begitu menguntungkan, tentu kita bisa segera meninggalkan energi fosil dan berpindah ke energi terbarukan!