5 Ide Berbenah dari The Detox House, Bikin Rumah Jadi Lebih Apik dan Nggak Sesak

Saatnya beres-beres

Beberapa dari kita mungkin menjadikan berbenah sebagai resolusi di tahun baru. Meski terlihat mudah, nyatanya tak semua orang pandai dalam urusan membereskan rumah. Seringkali kita menjadi stres dan tertekan melihat rumah dalam kondisi buruk dan benar-benar kacau. Akhirnya, kita hanya bisa menghela napas saat melihat barang-barang berceceran tak teratur. Beres-beres pun rasanya percuma karena rumah selalu kembali berantakan. Tapi kamu tak perlu khawatir, sebuah program reality show Korea Selatan bertajuk The Detox House memberikan kiat-kiat berbenah secara menyeluruh. Simak sampai selesai agar rumahmu tak berantakan lagi, ya!

Advertisement

1. Dasar dari berbenah adalah mengosongkan

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via http://unsplash.com

Memiliki rumah yang tertata rapi hanya akan menjadi mimpi jika kamu mempunyai banyak barang. Benda-benda dan pakaian yang ditimbun bertahun-tahun telah mengambil alih sebagian besar tempat penyimpanan dan membuat rumahmu sesak. Rasanya sangat sulit menyingkirkan barang karena kamu selalu berpikir akan memakainya suatu hari nanti. Namun, jika kamu sudah bertekad untuk berbenah, maka mengurangi barang adalah langkah yang sangat penting.

Mulailah dengan mengeluarkan semua barang agar kita mengetahui berapa banyak barang yang kita punya. Selanjutnya, siapkan dua kotak untuk memisahkan barang yang termasuk kebutuhan atau keinginan. Singkirkan hal-hal yang tidak kamu pakai selama setahun, karena kemungkinan barang tersebut tidak akan pernah dipakai ulang. Sedangkan untuk barang tak terpakai dan dalam kondisi bagus bisa disumbangkan kepada orang lain yang membutuhkan. Daripada hanya di simpan, bukankah lebih baik dimanfaatkan orang lain?

Advertisement

2. Kelompokkan barang berdasarkan kategori

Photo by Pexels

Photo by Pexels via http://www.pexels.com

Sebagian orang mungkin pernah kesusahan untuk menemukan barang di dalam rumahnya sendiri. Terutama untuk benda-benda kecil yang sering dibutuhkan seperti gunting kuku, kunci, atau pasangan kaos kaki. Alhasil seluruh isi rumah pun tak karuan karena mencari benda tersebut. Agar hal itu tidak terjadi, kamu perlu menyimpan benda-benda tersebut berdasarkan jenisnya. Pakailah tempat-tempat penyimpanan seperti kotak, rak atau kabinet. Simpanlah buku, kaos kaki, handuk, aksesori dan lainya pada tempat yang semestinya. Hal serupa dapat kamu lakukan dengan pakaian. Tata pakaian berdasarkan warna dan jenisnya. Dengan begitu, kamu akan mudah mencari saat membutuhkannya.

3. Mengatur ulang letak perabot

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via http://unsplash.com

Mengatur ulang letak perabot dapat memberikan perubahan pada ruangan. Saat furnitur menemukan tempat terbaiknya, rumah pun akan terasa lapang. Selain itu, menggunakan furnitur multifungsi akan membuat ruangan menjadi lebih tertata dan praktis. Misalnya, tempat tidur dan sofa yang mempunyai penyimpanan tersembunyi di bawahnya, atau tempat tidur lipat yang dapat dijadikan sofa. Penggunaan perabot multifungsi juga dapat menciptakan area kosong pada hunian yang sempit.

4. Potret kenangan dan buatlah album

Advertisement
Photo by Pexels

Photo by Pexels via http://www.pexels.com

Setiap orang tentu mempunyai kenangan berharga dalam hidup mereka. Khusunya kenangan yang berkaitan dengan sebuah benda. karena kita memberikan makna pada setiap benda tersebut, tak heran jika merasa kesulitan untuk menyingkirkannya.

Namun, membiarkan benda kenangan terus menumpuk membuat rumah kita sesak dan sulit dibersihkan. Untuk mempermudah prosesnya, kamu bisa mengambil foto benda kenangan tersebut dan menyimpannya dalam bentuk digital. Jika ingan mencetaknya, buatlah album. Lalu susunlah album tersebut dengan nama dan tanggal agar mudah ditemukan.

5. Menata perabot harus disesuaikan dengan fungsi ruangan

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via http://unsplash.com

Setiap ruangan mempunyai fungsi yang berbeda. Maka tatalah perabot dan furniturmu menyesuaikan fungsi ruangan tersebut. Letakkan perabot yang saling berhubungan secara berdekatan, agar tak perlu mondar-mandir saat kamu ingin menggunakannya. Misalnya pada ruangan dapur, ada tiga titik kerja utama yang sering digunakan saat memasak, yaitu kompor, tempat cucian, dan lemari pendingin. Benda-benda tersebut sebaiknya diletaknya tidak berjauhan untuk memudahkan pengguna dapur ketika memasak. Namun, tetap harus memperhatikan jarak aman ke tiga benda tersebut, ya!

Itulah 5 trik yang bisa dipraktikan agar rumahmu lebih tertata. Jika seisi rumah sudah ditata dengan baik, maka membersihkan rumah pun menjadi semakin mudah. Selamat beres-beres!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE