5 Ide Bisnis Online di Era Pandemi Covid 19

Pandemi membuat aktivitas kita menjadi serba online, mulai dari kegiatan belajar mengajar, pekerjaan, seminar, dll. Hal ini cukup memukul kita semua terutama di bidang ekonomi dan pendidikan.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, sedikit demi sedikit kita mulai terbiasa, dan pada akhirnya muncul ide-ide kreatif yang sangat luar biasa.

Salah satu ide yang dapat membantu memulihkan perekonomian di era pandemi adalah bisnis online. Sebelum pandemi, bisnis online mungkin terdengar agak aneh karena bagaimana mungkin dapat bertransaksi bisnis secara online dengan lancar tanpa bertemu secara langsung.

Namun dengan kemajuan teknologi yang tidak mengenal batasan ruang dan waktu, semuanya berubah menjadi mungkin. Walaupun memang beberapa kendala pasti akan selalu ada, tapi percayalah bahwa gerbang digitalisasi sudah terbuka sangat lebar, tinggal bagaimana kita memanfaatkan peluang ini untuk memperoleh penghasilan.

Nah, dalam artikel ini saya ingin mencoba mereview beberapa peluang bisnis online di era pandemi yang dapat membuat kantong tetap terisi. Silahkan baca sampai selesai ya!

Advertisement

1. Jasa Pengetikan Online

Foto oleh Jasa Ketik Online

Foto oleh Jasa Ketik Online via https://jasaketikonline.com

Salah satu ide bisnis online yang cukup menguntungkan di era pandemi adalah jasa pengetikan online. Trend serba online di era pandemi covid-19 di kalangan pelajar, guru, karyawan kantor dan sebagainya mengharuskan mereka untuk membuat laporan dalam bentuk digital.

Sebagai contoh pelajar diharuskan membuat makalah oleh gurunya dalam bentuk file docx atau pdf, setiap guru diharuskan membuat soal latihan ataupun soal ujian dengan cara diketik untuk dishare secara online, dan karyawan kantor harus membuat laporan bentuk powerpoint untuk presentasi online.

Advertisement

Tentu hal seperti ini bagi sebagian besar orang sedikit menjadi beban, kemungkinan karena tidak punya akses akibat tidak memiliki laptop/komputer atau sekedar tidak punya cukup waktu karena terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Oleh karena itu, peran jasa pengetikan online cukup dibutuhkan di era pandemi saat ini.

2. Jasa Desain Grafis

Foto oleh Bad Aibling dari Pixabay

Foto oleh Bad Aibling dari Pixabay via https://pixabay.com

Pesatnya perkembangan sosial media saat ini justru membuka peluang bisnis baru bagi seorang desainer grafis. Hal ini karena hampir semua perusahaan, organisasi dan sebagainya telah memiliki akun sosial media. Salah satu bagian penting dalam komunikasi sosial media yaitu melalui desain grafis.

Advertisement

Dengan begitu, jasa desain grafis yang ditawarkan secara online akan sangat diperlukan di era pandemi saat ini. Namun memang untuk menjadi seorang desainer grafis kita tidak bisa melakukannya begitu saja, melainkan perlu skill desain yang harus dimiliki.

Sehingga mungkin tidak semua orang bisa membuka jasa desain grafis. Tapi bagi kamu yang memiliki skill di bidang ini, tidak ada salahnya untuk menawarkan jasa secara online.

3. Dropshipper

Foto oleh Jcomp dari Freepik

Foto oleh Jcomp dari Freepik via https://www.freepik.com

Dropshipper atau orang yang menjalani bisnis dropship saat ini telah menjadi trend yang menguntungkan lho. Tapi apa sih bisnis dropship itu?

Dropship adalah model bisnis yang memiliki kemiripan dengan reseller yaitu menjual produk yang dibuat orang lain. Bedanya sebagai dropshipper kamu tidak perlu memikirkan bagaimana produksi dan pengiriman barang. Ini karena semua prosesnya akan dilakukan oleh pihak produsen, sedangkan kamu hanya perlu menawarkan produk saja.

Bahkan kamu tidak perlu mengeluarkan modal awal untuk menjual produk lho, karena seorang dropshipper hanya akan mengeluarkan modal saat ada pesanan dari pelanggan saja. Apabila kamu berhasil menjual produk yang ditawarkan, maka penghasilanmu diperoleh dari keuntungan penjualannya.

Jadi, kamu hanya perlu memikirkan strategi marketing saja. Dan menurut saya, strategi marketing bisa kamu terapkan melalui online dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Facebook, atau Website.

Sehingga kamu tidak perlu lagi menawarkan produk dengan cara mendatangi setiap rumah tetangga, karena saat ini masih dalam keadaan pandemi. Atau kalaupun sudah berakhir pandemi, paling tidak kamu tidak akan perlu mengeluarkan energi untuk berjalan kaki atau berbicara dalam proses promosi.

4. Jualan Tanaman Secara Online

Foto oleh Milada Vigerova dari Pixabay

Foto oleh Milada Vigerova dari Pixabay via https://pixabay.com

Ide bisnis di era pandemi yang tidak kalah menguntungkan yaitu jualan tanaman. Beberapa waktu ke belakang bisnis tanaman cukup menggegerkan karena di era pandemi covid-19 saat kegiatan perekonomian sedang terpuruk justru para penjual tanaman masih bisa eksis.

Hal ini sebagai akibat dari keefektifan dalam penjualan secara online. Tidak sedikit lho para pecinta tanaman hias melakukan transaksi jual beli hanya dengan modal Facebook, Instagram dan Whatsapp.

Proses penjualan hanya perlu mempunyai akun sosial media, kemudian mempromosikan tanaman yang kita miliki melalui akun tersebut. Promosi bisnis jual tanaman secara online bisa kamu lakukan baik melalui postingan pribadi maupun di grup pecinta tanaman.

Dengan begitu, ketika ada seseorang yang tertarik dengan promosi yang kita lakukan, maka mereka bisa dialihkan melalui chat pribadi untuk mencapai kesepakatan selanjutnya.

5. Buka Kursus Online

Foto oleh freepik dari Freepik

Foto oleh freepik dari Freepik via https://www.freepik.com

Kamu punya skill tertentu yang mungkin bisa dijual? Segeralah coba untuk membuka kursus online. Trend kursus online saat ini bisa dibilang cukup populer, bahkan tidak sedikit start-up di industri kursus online mulai bermunculan dengan isi yang bermacam macam.

Nah, apabila kamu mempunyai keahlian tertentu tapi tidak bisa memproduksi sendiri kursus onlinenya mungkin tidak ada salahnya mengajukan kerjasama dengan start-up course online teretentu. Dengan begitu proses produksi editing dll akan dilakukan oleh tim start-up nya sedangkan kamu dapat berfokus pada materi kursus yang akan ditawarkan.

Jika kamu memiliki keahlian mulai dari proses produksi hingga strategi marketingnya, tidak ada salahnya untuk mencoba mengembangkan sendiri. Dengan begitu, hasil yang akan kamu peroleh menjadi maksimal. Namun saya rasa ini akan cukup melelahakn apabila semuanya dilakukan sendirian.

Nah, itulah sedikit ulasan yang bisa saya tuliskan mengenai ide bisnis online yang bisa kamu coba di era pandemi seperti saat ini. Ide-ide tersebut mungkin tidak akan mudah untuk dilakukan, berbagai kendala mungkin dapat terjadi. Namun proses bagaimana kamu melewati kendala yang harus dihadapi justru akan memberikan pengalaman baru yang mungkin bermanfaat di masa mendatang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Data Enthusiast | Lifelong Learning | Aktif nulis di Blog Mas Tom dan Web Jasa Pengetikan Online.

CLOSE