5 Ide Dekorasi Batik Ini Bikin Hunian Kamu Makin Keren!

Inspirasi Hiasan Rumah Bernuansa Batik

Filosofi, kekayaan budaya, dan keindahan di balik kain batik Indonesia emang udah enggak perlu diragukan lagi. Diakui secara internasional sebagai warisan budaya, batik lebih dikenal sebagai kain yang dipakai buat memproduksi berbagai macam produk fesyen massal sampai adibusana. 

Padahal, dengan desain dan pengaturan yang tepat, batik juga bisa jadi dekorasi interior yang menawan dan eklektik. Bahkan, maestro batik Iwan Tirta juga punya lini dekorasi interior batiknya sendiri, Iwan Tirta Home, loh!

Beberapa daerah di Indonesia punya batiknya tersendiri yang khas. Dari situ, banyak variasi warna dan motif batik yang jumlahnya banyak. Kalian enggak akan kehabisan ide dan inspirasi waktu menentukan warna dan motif apa yang kalian pengin untuk furnitur atau dekorasi batik di rumah.

Dekorasi batik juga bisa meliputi banyak ruangan di rumah. Mulai dari ruang keluarga, kamar tidur, ruang makan, bahkan dapur dan kamar mandi. Semuanya bisa punya unsur batik yang bikin rumah jadi punya elemen tradisional yang berpadu sama gaya modern untuk hunian yang lebih berkarakter.

Dekorasi ini juga bentuk dan jenisnya beragam. Ada yang kecil dan gampang dipindah-pindah sampai yang permanen dan bisa bikin suasana rumah jadi lebih menarik dan menawan.

Tertarik buat mengaplikasikan batik buat dekorasi rumah? Dekoruma udah ngumpulin macem-macem dekorasi batik sebagai inspirasi buat kalian. 

Advertisement

1. Dekorasi Batik Yang Paling Umum dan Gampang Dicari. Ragam Perabot Kain dari Batik dengan Berbagai Fungsi

Sumber: Melati Danes

Sumber: Melati Danes via https://melatidanes.com

Umumnya, banyak orang lebih familiar sama perabot-perabot kain yang punya motif batik. Variasinya pun banyak buat dipilih. Mulai dari sarung bantal sofa, sprei buat kasur, guling, selimut, taplak meja, alas piring, serbet, sampai tirai yang bisa dihias motif batik kesukaanmu.

Bahkan, furnitur-furnitur berukuran besar kayak sofa dan kursi lengan bisa dibungkus pakai kain batik buat tampilan etnik yang kental. Dekorasi ini yang paling gampang dicari dan punya harga yang relatif terjangkau.

Advertisement

Buat kamu yang baru mau mulai mendekorasi tempat tinggal dengan unsur batik, kalian bisa mencari perabot-perabot seperti ini karena sifatnya yang non permanen dan bisa diganti kapan aja. 

2. Menggantung dengan Cantik dan Berikan Karakter Unik ke dalam Ruangan. Lampu Gantung Model Lentera Berdesain Batik

Sumber: Shutterstock

Sumber: Shutterstock via https://www.shutterstock.com

Memilih desain kap atau penutup lampu yang indah juga bisa jadi salah satu elemen dekorasi yang menarik. Kap lampu yang terbuat dari kain bisa dihiasi dengan motif batik sesuai selera kalian. Contohnya di sini adalah lampu gantung model lentera yang kasih efek cantik dan hangat.

Enggak cuma lampu gantung dengan desain kotak seperti ini aja aja, tapi lampu gantung lain atau lampu meja juga bisa dipasangi kap lampu yang bermotif batik kayak gini. Hasilnya ruangan punya karakter yang lebih unik dan beda daripada cuma memasang cover lampu yang polos aja.

Advertisement

3. Partisi Ruangan Bermotif Batik Kawung Khas Yogyakarta. Beri Kesan Tradisional Elegan Yang Enggak Ada di Rumah Lain

Sumber: Wahana Architects

Sumber: Wahana Architects via https://www.wahanaarchitects.com

Buat dekorasi yang sifatnya lebih permanen dan kasih efek yang luar biasa di sebuah ruangan, ada partisi ruangan kayu dengan ukiran bermotif batik kawung yang satu ini. Kelihatan gimana attention to detail dan keterampilan dari para pengrajin mebel yang membuat partisi ini.

Area dapur dan ruangan makan langsung terasa suasana yang elegan dan tradisional secara bersamaan. Apalagi dengan penggunaan material kayu yang mendominasi seluruh ruangan, semakin mengikat keselarasan konsep ruangan.

Akan lebih menarik lagi kalau ada elemen-elemen dekorasi kecil yang juga bermotif batik. Misalnya dudukan kursi makan yang dibungkus oleh kain batik dengan motif yang sama. 

4. Nyaman dan Menawan. Nuansa Tradisional di Ruang Kerja dengan Kursi Kantor Berdesain Batik

Sumber: CASA Indonesia

Sumber: CASA Indonesia via https://www.casaindonesia.com

Mencari kursi kerja yang pas dan nyaman enggak berhenti sampai ketemu kursi yang ergonomis dan suportif buat badan. Desain dan tampilan kursi juga harus keren, dong. Kalau bisa merepresentasikan selera dan karakter pemiliknya waktu ditaruh di ruang kerja.

Kursi kerja batik ini cocok banget buat kamu yang suka menghadirkan elemen etnik di dalam rumah. Dengan motif megamendung warna biru dan putih yang ikonik, perpaduan batik dan desain kursi kerja yang klasik menghasilkan daya tarik yang luar biasa.

5. Hadirkan Elemen Batik di Dapur dengan Backsplash Motif Batik Kawung Hitam Putih. Memadukan Unsur Modern dan Etnik yang Unik

Sumber: Wisma Sehati

Sumber: Wisma Sehati via https://wismasehati.com

Terakhir adalah keramik motif batik kawung yang multifungsi. Di sini, keramik motif batik ini dipakai buat menghiasi backsplash dapur yang mengusung desain minimalis. Pemilihan warna hitam dan putih yang monokrom memberikan tampilan yang modern dan etnik secara bersamaan.

Apalagi ditambah dengan lampu sorot LED dari bawah kabinet dapur yang semakin mempercantik kitchen set. Pada dasarnya, ini adalah keramik bermotif batik, ini juga bisa dipasang di kamar mandi atau ruangan lain di rumah yang biasa dipasangi keramik.

Meskipun terkenal dalam bentuk kain, motif batik bisa dieksplorasi lebih jauh lagi buat furnitur dan dekorasi rumah. Bahkan, motif batik juga bisa diaplikasikan ke mebel seperti headboard spring bed sampai lemari atau credenza

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE