5 Ide Dekorasi Makrame untuk Mempermanis Hunian

Aneka Dekorasi Makrame Cantik

Selama pandemi ini, banyak orang yang menemukan hobi baru. Lebih sering kerja dari rumah dan enggak terlalu banyak kegiatan yang bisa dilakukan di luar rumah, hobi-hobi baru ini jadi sarana buat mengisi waktu dan menghibur diri selama di rumah aja.

Hobi-hobinya pun juga macem-macem. Mulai dari yang tiba-tiba keranjingan mengoleksi tanaman hias, jadi jago masak, berolahraga, sepedaan, baca buku, atau bikin kerajinan tangan yang hasilnya bisa dipakai buat diri sendiri.

Misalnya bikin origami, tie-dye baju yang udah jarang dipakai, menata bunga di vas, atau merajut untuk bikin barang-barang kayak kaus kaki, tas, sampai taplak meja. Selain itu, kerajinan tangan yang cantik dan masih diminati sama beberapa orang adalah makrame.

Makrame sendiri adalah teknik simpul yang menghasilkan berbagai produk tekstil. Sejarahnya sendiri dimulai dari Timur Tengah dan Afrika, kemudian trennya menyebar ke Eropa dan Amerika Serikat.

Makrame pernah booming di era 1970-an dengan populernya gaya bohemian sebagai gaya hidup kalangan masyarakat pada waktu itu. Kemampuan menyimpul makrame sendiri perlu dipelajari dan akan berkembang seiring dengan jam terbang.

Pengrajin makrame bisa bikin berbagai macam produk yang bukan cuma bisa dipakai di badan, tapi juga bisa jadi dekorasi rumah, loh. Ini juga bukan perabot dan printilan kecil aja, furnitur berukuran sedang dan besar dari makrame pun juga bisa dibikin.

Tampilan dan tekstur makrame yang khas, ngasih nuansa etnik dan bohemian sebagai dekorasi rumah. Aksen yang unik dan menarik yang bisa bikin rumah dengan berbagai desain interior jadi semakin manis dan indah.

Kalau kamu emang lagi nyari dekorasi rumah yang anti mainstream, Dekoruma punya lima rekomendasi dekorasi makrame yang bisa bikin rumah kamu beda dari yang lain.

Advertisement

1. Punya Taman Gantung di Rumah? Bikin Taman Gantung Semakin Berkesan dan Cantik Dengan Wadah Pot Gantung dari Makrame

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Hobi kamu merawat tanaman rambat kayak sirih gading atau lili paris bisa didukung juga sama makrame, loh. Biasanya, pot digantung pakai kawat atau wadah khusus di taman gantung. Cuma, tampilannya biasa banget enggak, sih? Kesannya juga agak berantakan.

Kamu bisa menyulap tampilan taman gantung jadi lebih cantik dengan gantungan makrame kayak gini. Pot tanaman ditaruh di gantungan makrame dan digantung di langit-langit. Hasilnya oke banget, kan? Taman gantung jadi lebih berkesan dan anti mainstream

Advertisement

2. Ottoman Dari Makrame. Furnitur Multifungsi Yang Tampil Beda dan Bohemian Dalam Balutan Kain Makrame Yang Khas

Sumber: The Wedding and Event Creators

Sumber: The Wedding and Event Creators via https://www.weddingandeventcreators.com.au

Selanjutnya adalah furnitur yang bisa cuma jadi dekorasi semata atau juga punya fungsi yang lain. Ottoman biasanya sering jadi pajangan buat di ruang keluarga, samping sofa minimalis atau di kamar tidur di dekat kasur. Selain buat duduk, sebenernya ottoman juga bisa jadi meja kopi atau bahkan tempat penyimpanan.

Nah, daripada cuma pakai ottoman dari bahan kain biasa, kenapa enggak pasang ottoman yang terbuat dari makrame seperti ini. Motif simpulnya bikin ottoman semakin standout sebagai dekorasi ruangan.

Selain dipasang di dalam ruangan, ottoman makrame ini juga bisa dipasang di luar ruangan seperti di area duduk teras di halaman belakang.

Advertisement

3. Dekorasi Spesial Buat Anabul Tersayang. Tempat Tidur Hewan Peliharaan Yang Stylish dan Unik Buatan Tangan Dari Makrame

Sumber: Design Milk

Sumber: Design Milk via https://design-milk.com

Enggak cuma berguna buat manusia aja, makrame juga bisa bikin anabul kalian semakin seneng dan nyaman di rumah. Pasang tempat tidur hewan peliharaan model hammock ini yang terbuat dari makrame. Ngegemesin banget, enggak, sih?

Selain model yang dipasang di struktur bingkai kayak gini, ada juga tempat tidur hewan peliharaan yang bisa digantung dari langit-langit. Pastinya, anabul punya tempat tidur yang nyaman dan unik.

Selagi mereka di atas hammock makrame ini, kalian bisa mengayun-ayun mereka supaya makin rileks.

4. Spot Bersantai Sambil Berayun-ayun dan Menikmati Angin Sepoi-sepoi. Kursi Gantung Makrame Yang Nyaman dan Cantik

Sumber: Backyard Boss

Sumber: Backyard Boss via https://www.backyardboss.net

Makrame sendiri juga bisa diaplikasikan ke berbagai macam kursi. Mulai dari sofa minimalis, kursi makan, sampai kursi kantor. Tapi, kursi makrame yang paling nyaman, ya, kursi gantung kayak gini. Kalian bisa duduk dalam posisi rileks dan berayun-ayun sambil membaca buku atau mendengarkan musik.

Kursi gantung makrame seringkali dipasang di teras atau halaman belakang supaya orang yang duduk bisa menikmati segarnya udara pagi atau sore sambil melihat pemandangan. Selain itu, kursi gantung makrame juga masih cocok buat dipasang di dalam ruangan seperti kamar tidur atau ruang keluarga. 

5. Bikin Cermin di Rumah Jadi Glow Up. Dandani Cermin Bundar di Rumah Pakai Bingkai Cermin Dari Makrame Yang Menawan

Sumber: Recapitulex

Sumber: Recapitulex via https://www.recapitulex.com

Cermin sendiri udah jadi dekorasi yang wajib bagi sebagian orang di rumah. Kepopuleran tren cermin bundar masih tinggi dan dipilih buat jadi aksen dekorasi yang menarik. Cermin bundar sendiri biasanya punya bingkai kayu yang udah cukup estetik dan bergaya.

Tapi, kalian bisa tingkatin sisi estetika cermin bundar dengan bingkai makrame bergaya Mandala ini. Mandala sendiri adalah motif geometris kuno yang diambil dari berbagai kepercayaan seperti Hindu dan Buddha.

Hasilnya, seperti gambar di atas yang ngasih tampilan sangat unik dan menarik. Cermin makrame yang ditempatkan di foyer rumah pasti akan menarik mata orang yang baru masuk ke dalam rumah.

Seni makrame lebih bermakna dari hanya sekadar ornamen dinding yang kita kenal. Teknik tradisional yang memperlihatkan keterampilan dan ketelitian ini mampu mentransformasi interior rumah jadi one-of-a-kind.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE