5 Ide Desain Kamar Tidur dengan Lantai Kayu

Inspirasi Kamar Tidur yang Menggunakan Lantai Kayu

Kalian pernah kepikiran enggak, kenapa, ya, lantai kamar tidur sekarang ini kebanyakan pakai lantai kayu? Mau di rumah, apartemen, hotel, atau penginapan rasanya wajib buat dipasang lantai kayu di kamar tidurnya. Sebenernya itu karena ada beberapa alasan yang bukan cuma soal estetika aja, loh.

Dilihat dari tampilannya, ruangan yang lantainya dilapisi parket kayu, vinyl, atau bahkan stiker yang punya motif kayu kelihatan lebih cantik dan menarik. Yang pasti jadi terasa lebih natural karena motif guratan dan serat kayu alami di lantainya.

Beda warna dan corak kayu, beda juga efek yang dirasakan penghuni kamar tidur. Warna kayu yang terang dan muda bakal kasih suasana alami yang lembut dan netral. Cocok dipadukan sama warna-warna monokrom seperti putih atau abu-abu.

Terus, kayu dengan warna medium dan corak serat kayu yang tegas bakal kasih nuansa hangat dan alami yang paling kentara. Warna coklatnya klasik, gampang dipadukan sama warna lain, dan kasih tampilan minimalis, modern, dan bisa juga tropis.

Terakhir adalah kayu warna coklat gelap yang tua dan deep warnanya. Kamar tidur dengan lantai kayu kayak gini bakal nampilin suasana yang maskulin, tegas, elegan, dan bahkan berkelas. Apalagi kalau warna tembok dan furnitur dibikin kontras pakai warna-warna terang.

Lebih dari itu, lantai kayu di kamar tidur juga punya aspek fungsional yang enggak kalah penting. Lantai kayu lebih nyaman ketika diinjak kaki, lantai kayu juga enggak licin dan enggak sekeras lantai keramik, jadi risiko untuk jatuh dan cedera relatif jauh berkurang.

Lantai kayu juga menyeimbangkan suhu ruangan. Saat lagi panas, lantai kayu akan memberikan efek sejuk dan sebaliknya kalau udara sedang dingin, lantai kayu akan kasih efek hangat.

Sekarang ini banyak orang lagi gencar renovasi rumah untuk pasang lantai kayu di kamar tidurnya karena prosesnya yang relatif lebih gampang daripada aktivitas renovasi lainnya. Untuk itu, Dekoruma punya lima ide desain kamar tidur dengan lantai kayu yang bisa jadi referensi buat kamu. 

Advertisement

1. Buat Kamar Tidur Tampil Lebih Elegan. Motif Lantai Kayu Herringbone untuk Kamar Tidur Sebagai Aksen Dekorasi

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Pada umumnya, lantai kayu punya motif guratan dan serat kayu alami yang memanjang tak beraturan. Lantai kayu konvensional kayak gini pun sebenernya udah bakal kasih tampilan lantai kamar tidur yang indah dan nyaman. 

Cuma, kalau kamu pengin tampilan kamar tidur yang lebih elegan, coba kreasikan motif lantai kayu di kamar tidur. Misalnya motif herringbone yang terkenal sama tampilannya yang berkelas.

Advertisement

Lantai kayu pun bisa jadi aksen dekorasi yang menghidupkan suasana di ruangan dan bikin kamar tidur jadi lebih berkarakter. Tambahkan kesan mewah dengan kaca meja rias yang punya aksen lampu, dan walk-in-closet yang keren, atau meja kerja dan penyimpanan kantor untuk menaruh hal-hal yang berhubungan sama pekerjaanmu.

2. Ada Furnitur Kayu Lainnya yang Coraknya Beda dari Lantai Kayu? Enggak Masalah! Campur Corak Kayu Juga Bisa Bagus, Kok!

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Ada orang yang lebih suka semua unsur kayu di ruangan punya warna dan corak yang sama. Ada juga yang enggak masalah dengan corak kayu yang campur-campur selama masih nyambung dan tampilannya enak dilihat. Misalnya kayak kamar tidur di atas.

Advertisement

Lantai kayunya memakai motif herringbone yang halus dengan warna coklat medium yang lebih pucat. Sementara itu, furnitur seperti headboard kasur, kursi dan meja belajar, serta meja nakas punya corak yang warnanya sedikit lebih oranye.

Meskipun begitu, enggak masalah dan kamar tidur tetap kelihatan manis dan nyaman dengan dua corak kayu yang berbeda. Apalagi dengan adanya artwork di dinding sebelah kanan makin membuat kamar tidur berkarakter.

3. Tapi, Corak Kayu yang Matching Sama Furnitur Tentunya Juga Keren, Dong! Kamar Tidur Punya Tampilan yang Kompak dan Selaras

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Nah, kalau semuanya dibikin matching tentunya enggak akan pernah salah dan akan selalu tampil menawan. Kayak yang diterapkan di kamar tidur ini. Corak kayu yang digunakan warna coklat medium yang lebih earthy dan warm. Serat dan guratannya pun kelihatan lebih tegas dan kentara. 

Semua furnitur yang ada di kamar tidur ini senada. Headboard, rangka tempat tidur, rak TV, bingkai lemari pakaian, dan pastinya lantai kayu. Kalau kalian perhatikan, lantai kayunya enggak polos begitu aja.

Lantai kayu kamar tidur diberikan aksen nat lantai (rongga antara satu panel kayu dan panel kayu lainnya) yang kelihatan jelas. Detail kecil yang bikin efek lumayan berpengaruh sama tampilan ruangan.

4. Cocok Banget Buat Lantai Kamar Anak Juga. Inspirasi Kamar Tidur Anak Berlantai Kayu yang Minimalis dan Fungsional. Anak Jadi Nyaman dan Betah

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Enggak cuma kamar tidur utama atau master bedroom, kamar tidur anak juga cocok menggunakan lantai kayu. Material panel kayu yang halus akan membuat anak lebih nyaman mondar-mandir di dalam kamar. Begitu juga saat bermain atau belajar di lantai akan terasa lebih hangat dan nyaman.

Menggunakan lantai kayu buat kamar anak juga bisa bikin kamar anak awet dan bisa terus dipakai sampai ia beranjak remaja tanpa perlu renovasi lebih. Tampilan kamar anak akan lebih minimalis, modern, dan dewasa.

Anak masih akan bisa menambah pernak-pernik dari tokoh kartun atau karakter favoritnya. Kemudian, bisa langsung diganti ketika ia sudah melewati fase itu dan tumbuh besar.

5. Lantai Kayu Disandingkan dengan Aksen Warna yang Nge-Jreng. Tetep Kelihatan Indah Karena Lantai Kayu Berperan Sebagai Penyeimbang

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Lantai kayu juga cukup fleksibel buat dipadukan sama warna-warna aksen yang terang dan menyala di kamar tidur. Kuncinya adalah mencocokkan corak warna kayu dan warna yang akan dipakai untuk dinding atau furnitur. Warna kayu medium seperti ini bisa dibilang opsi yang paling aman.

Digabungkan dengan warna hijau yang pekat seperti ini, kamar tidur tetap punya tampilan yang selaras dan seimbang. Lantai kayu emang selalu punya peran besar untuk menyeimbangkan tampilan dan suasana ruangan, termasuk kamar tidur.

Di kamar tidur ini pun corak furnitur dan lantai kayu juga berbeda, terlihat dari pemilihan warna kayu yang lebih muda untuk lemari pakaian, headboard, sampai rak TV dan meja rias. 

Kamar tidur dengan lantai kayu selalu diminati dan enggak pernah salah. Nyaman, estetik, dan relatif aman, kamar tidur berlantai kayu udah jadi salah satu elemen desain interior yang pakem dan tak lekang oleh waktu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE