5 Ide Desain Ruang Makan yang Nyaman Untuk Bukber Bareng Keluarga

Inspirasi Ruang Makan Untuk Buka Puasa

Enggak terasa, ya, kita bakal segera memasuki bulan puasa lagi tahun ini. Setelah dua tahun berpuasa dan lebaran dalam situasi pandemi yang sepi, bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun ini kelihatan lebih menjanjikan. Merayakan bersama keluarga besar, kerabat, dan teman tidak terlalu mengkhawatirkan kayak tahun lalu.

Salah satu momen paling ngangenin selama bulan puasa adalah buka puasa bersama atau bukber. Satu sampai dua tahun yang lalu juga, bukber susah dilakuin karena pembatasan-pembatasan akibat pandemi. Dengan beberapa pelonggaran tahun ini, bukber bisa jadi lebih leluasa.

Buka puasa bersama bareng keluarga di restoran mungkin lebih praktis, tapi enggak ada yang ngalahin suasana seru dan ramai waktu buka puasa di rumah. Meskipun aturan tahun ini lebih longgar, rasanya lebih tenang aja untuk bukber di rumah yang relatif lebih aman daripada di ruang publik.

Mau sama keluarga inti aja, mengundang keluarga besar, saudara, kerabat, rekan kerja, atau teman, buka puasa bareng di rumah butuh ruang makan yang nyaman dan siap digunakan buat setidaknya lebih dari empat orang.

Enggak cuma kapasitas meja dan tempat duduk  aja yang harus dihitung dengan teliti, tampilan interior ruang makan juga perlu diperhatikan. Apalagi kalau mengundang tamu ke rumah. Harus bisa bikin mereka kagum, dong, sama dekorasi ruang makan khusus buat menyambut mereka.

Ruang makan yang sengaja didesain untuk mengakomodasi banyak orang secara fungsi dan estetika juga enggak cuma berguna buat bukber aja, tapi untuk bikin acara makan bersama sepanjang tahun bersama orang-orang terdekat.

Maka dari itu, buat kalian yang butuh inspirasi ruang makan nyaman dan menawan untuk buka puasa bersama atau untuk acara kumpul-kumpul lainnya, Dekoruma punya lima inspirasi desain interior ruang makan yang mungkin cocok buat hunianmu.

Advertisement

1. Ruang Makan Berkonsep Open Space Tepat di Sebelah Ruang Keluarga. Bangun Obrolan dan Kedekatan dengan Interaksi Tak Berbatas

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Berbagai macam obrolan, canda, tawa, dan interaksi antar anggota keluarga adalah beberapa aspek yang paling berkesan dari momen buka puasa bersama. Kebersamaan inilah yang bikin bukber jadi tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia setiap bulan Ramadan tiba.

Dengan banyaknya interaksi dan komunikasi ini, penting untuk menghadirkan nuansa yang terbuka dan bebas sekat. Itulah mengapa tata ruang atau layout ruang makan yang terbuka (open space) penting untuk dihadirkan.

Advertisement

Bersebelahan langsung dengan dapur dan ruang keluarga, anggota keluarga yang masih menyantap hidangan masih bisa mengobrol dengan kerabat atau saudara yang sedang duduk mengobrol di ruang keluarga atau berbincang-bincang di dapur. 

2. Hilangnya Sudut Tajam dan Rasa Kebersamaan yang Terasa Semakin Erat Berkat Pemilihan Meja Makan Bundar

Sumber: Elle Decor

Sumber: Elle Decor via https://www.elledecor.com

Cara lain untuk semakin mendekatkan anggota keluarga yang ikut bukber adalah dengan menggunakan meja makan bundar seperti ini. Hilangnya sudut tajam meja makan konvensional melambangkan juga komunikasi dan interaksi yang lebih dinamis dengan hilangnya sudut-sudut yang membatasi.

Advertisement

Filosofi ini diambil dari perayaan Imlek yang mana meja bundar juga melambangkan keterbukaan, keinginan, dan kesenangan anggota keluarga untuk saling berbagi makanan.

Meja makan bundar juga bisa dipasangi meja putar lazy susan. Makanan dan minuman yang dihidangkan di meja pun bisa dijangkau dan diambil dengan lebih mudah.

3. Momen Buka Puasa Bersama Makin Berkesan di Ruang Makan Berkonsep Semi-Outdoor yang Cantik

Sumber: Arsitag

Sumber: Arsitag via https://www.arsitag.com

Bosen sama suasana dan tampilan ruang makan indoor yang tertutup dan gitu-gitu aja? Konsep semi-outdoor kayak gini bisa kasih tampilan yang enggak biasa, cantik, dan menarik banget. Pasang pintu lipat kaca yang bikin ruangan makan punya akses langsung ke halaman belakang atau kolam renang.

Anak-anak yang habis berenang atau bermain di halaman bisa langsung masuk ke area ruang makan untuk bersiap berbuka puasa bersama para orang dewasa yang sedari tadi menyiapkan makanan sambil mengawasi mereka.

Udara malam yang sejuk pun bisa masuk ke ruang makan, membuat suasana menjadi lebih nyaman ketika menyantap makanan dan ngobrol seru di ruang makan yang kental dengan unsur kayu untuk tampilan natural ini. 

4. Suasana Cerah, Ramai, dan Tampilan Eklektik. Ruang Makan Lebih Berkarakter Unik dengan Kursi Meja Makan yang Beda-beda

Sumber: Domino

Sumber: Domino via https://www.domino.com

Interior modern dan minimalis bukan selera Anda dan pasangan? Bawa suasana maksimalis dan eklektik seperti yang dilakukan pemilik hunian yang satu ini. Meja makan kayu panjang dipadukan dengan menggunakan kursi makan yang sengaja dibuat belang-belang.

Ketidakselarasan ini justru malah bikin tampilan ruang makan jadi lebih unik, hidup, dan berkarakter. Sangat mencerminkan pemiliknya. Belum lagi detail dekorasi yang cerah, meriah, dan menyenangkan. 

Dihiasi juga dengan bunga warna-warni di atas meja makan, karpet motif geometris, rak display dengan kotak penyimpanan, tanaman hias di berbagai sudut ruangan, dan tentunya dinding yang dipenuhi karya seni sebagai cara menunjukan kecintaan pemilik rumah terhadap seni.

5. Semuanya Ada pada Detail Dekorasi. Kursi dan Meja Makan yang Biasa Aja Bisa Tampil Menawan Berkat Dekorasi yang Beragam

Sumber: Architectural Digest

Sumber: Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Dari desain sebelumnya, kelihatan gimana dekorasi yang detail, berkarakter, dan menarik bisa bikin tampilan dan suasana ruang makan yang menawan. Kursi dan meja makan tampak biasa aja. Meja makan kayu panjang dan kursi meja makan modern minimalis.

Justru, ruang makan jadi lebih hidup karena detail-detail dekorasi. Mulai dari karpet warna-warni, dua vas bunga mawar di atas meja, lampu gantung kristal berdesain klasik, kabinet depan jendela yang juga berfungsi sebagai nakas, dan cermin yang memenuhi dinding depan ruang makan.

Kalian juga bisa bikin dinding kaca ini jadi lemari custom berpintu kaca yang bisa jadi tempat buat menyimpan perlengkapan makan supaya rapi dan gampang diambil kalau dibutuhkan. 

Enggak cuma kebersamaannya aja, tempat makan bersama dan berkumpul juga berpengaruh sama keseruan momen buka puasa bersama keluarga.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE