5 Ide Hiasan Pintu yang Bisa Dibikin Sendiri, Jadi Ada Sentuhan Personal!

Inspirasi DIY Dekorasi Pintu Estetik

Selain jadi jalur masuk ke dalam rumah, pintu di rumah, apalagi pintu depan juga bisa dibilang sebagai penyambut dari penghuni rumah kepada tamu yang datang. Meskipun lebih sering polos dan kosong, dekorasi pintu rumah juga bisa punya makna tersendiri, terutama bagi penghuni rumah.

Dalam feng shui, menaruh dekorasi di depan pintu bisa berpengaruh pada energi positif dan rezeki yang masuk ke dalam rumah. Misalnya, cermin atau benda reflektif yang bersinar untuk menghalau energi negatif masuk ke dalam rumah dan simbol dari rezeki dan keberuntungan.

Di luar kepercayaan feng shui pun, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk mulai membuat sendiri dekorasi-dekorasi pintu yang keren dan menggemaskan. Apalagi buat kalian yang suka bikin prakarya atau bereksperimen ala do it yourself (DIY), daripada pintu kosong begitu aja, kan.

Kalian bisa pakai barang-barang sederhana, melakukan recycle barang-barang yang udah enggak kepakai, atau beli bahan-bahan terjangkau yang bisa disulap jadi ornamen-ornamen gemas di pintu rumah. Enggak cuma buat di pintu depan, kalian juga bisa taruh buat berbagai pintu di rumah. Pintu kamar tidur, pintu kamar mandi, atau pintu ruang kerja.

Dekoruma udah ngumpulin lima ide hiasan pintu yang bisa dibikin sendiri dengan relatif mudah. Pintu pun jadi lebih menarik dan tentunya membawa sentuhan personal buat kamu dan penghuni rumah lainnya. 

Advertisement

1. Bikin Pintu Warna-warni Dengan Cara yang Gampang. Pasang Selotip Warna dan Motif (Washi Tape) di Pintu Ruangan

Sumber: Remodelaholic

Sumber: Remodelaholic via https://www.remodelaholic.com

Punya banyak selotip warna atau selotip motif yang enggak terpakai? Kenapa enggak coba lapisi pintu pakai selotip-selotip ini? Ini bisa dibilang salah satu cara mendekorasi pintu sendiri yang relatif paling mudah. Apalagi kalau pintu yang mau dihias datar.

Kalian bisa bebas berkreasi sesuai warna, motif, dan pola yang diinginkan. Seperti contoh di atas. Pintu putih yang tadinya membosankan jadi kelihatan lebih gemas dengan paduan warna-warna pastel seperti pink, lavender, dan mint. 

Advertisement

2. Gantung Pot Bunga di Depan Pintu. Pot Bunga Gantung DIY Pakai Barang-barang Recycle di Sekitar Rumah

Sumber: The Yellow Sparrow

Sumber: The Yellow Sparrow via https://www.theyellowsparrow.com

Pot bunga biasanya ditaruh di atas meja makan, nakas, atau permukaan datar lainnya. Nah, gimana kalau malah jadinya ditaruh di pintu? Kalian juga bisa bikin variasi pot bunga pakai barang-barang yang enggak terpakai. Contohnya sepatu boots yang udah kekecilan, pot siram yang udah karatan, atau payung yang udah rusak.

Bunga yang kalian pilih pun juga bisa disesuaikan. Kalian bisa pasang bunga segar yang bisa diganti setiap beberapa hari. Kalau mau yang praktis, kalian bisa pakai bunga sintetis supaya enggak usah repot-repot diganti dan enggak takut layu atau rontok.

3. Sapa Penghuni Rumah dan Tamu yang Datang Dengan Hello Sign Buatan Sendiri. Buat Pengalaman Berkesan Sejak Awal Masuk Rumah

Advertisement
Sumber: Six Clever Sisters

Sumber: Six Clever Sisters via https://www.sixcleversisters.com

Banyak orang, mungkin termasuk kamu juga, suka menggantung hello sign atau papan sapaan di depan pintu. Biasanya, papan ini dibeli jadi langsung di toko-toko furnitur atau e-commerce. Padahal, kalian bisa banget bikin hiasan ini sendiri, apalagi kalau kalian punya kemampuan kaligrafi.

Kalian bisa beli papan plastik, spidol atau cat, dan beberapa hiasan-hiasan kecil seperti pita, daun-daunan dekorasi, glitter, atau apapun sesuai kreativitasmu. Kamu bisa menulis hello atau kata-kata sambutan lain sesuai keinginan dengan font yang menawan.

4. Tulis Kata-kata Sambutan Sesukamu di Depan Pintu. Papan Tulis Kapur Mini yang Digantung di Depan Pintu

Sumber: HGTV

Sumber: HGTV via https://www.hgtv.com

Masih tentang kemampuan kaligrafi atau menulis indah, papan hello sign juga bisa diganti dengan papan tulis kapur. Walaupun agak berantakan dari debu-debu kapur, kalian juga bisa bikin tulisan-tulisan sambutan yang menarik perhatian, terutama bagi tamu-tamu yang datang ke rumah.

Papan tulis kapur ini pun juga enggak selalu harus yang kotak biasa aja. Kalian bisa cari papan tulis kapur yang punya bentuk menarik kayak papan lonjong di atas, bundar, atau bentuk-bentuk lainnya. Siapkan kapur warna dan tulis kata sambutan untuk masuk ke rumah.

5. Hiasan Pintu yang Segar dan Asri. Pot Tanaman Buatan Sendiri Dari Kotak Pensil dan Stationery yang Enggak Kepakai

Sumber: HGTV

Sumber: HGTV via https://www.hgtv.com

Kalau kamu punya koleksi tanaman hias, daripada cuma dipajang di dalam rumah aja, kalian bisa bikin dekorasi pintu dengan pot tanaman DIY dari stationery yang enggak terpakai di rumah. Ada kotak pensil atau binder yang enggak terpakai, kalian bisa gantung di pintu dan isi dengan tanaman.

Untuk membuatefek yang lebih keren, kalian bisa pilih tanaman merambat kayak sirih gading atau alamanda yang bisa kasih efek jatuh. Kalian juga bisa pakai wadah lain kayak cangkir, gelas, atau alat makan yang udah retak dan enggak terpakai.

Selain benda-benda di atas kalian juga bisa pakai bingkai foto, macrame, atau bahkan sprei yang dipotong-potong buat kreasi dekorasi pintu DIY yang menarik dan unik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE