5 Ide Makeover Kamar Tidur Biasa Jadi Aesthetic

Tips dan Trik Makeover Desain Kamar Tidur

Akibat media sosial kayak Instagram dan TikTok, kata aesthetic udah jadi bahasa sehari-hari, khususnya di kalangan anak muda. Meskipun kadang-kadang penggunaannya kurang tepat, keindahan atau estetika dari berbagai hal ternyata penting untuk ditunjukkan di media sosial.

Mulai dari kamar hotel aesthetic, baju aesthetic, restoran aesthetic, rumah aesthetic, apartemen aesthetic, sampai kamar kos atau kamar tidur aesthetic. Bahkan sampai ada gurauan tentang warna hijau miskin yang bikin kamar tidur terasa kurang aesthetic dibandingkan warna putih atau abu-abu.

Tapi, fenomena pencari estetika ini menarik juga buat ditelusuri lebih lanjut. Terlebih saat pandemi dua tahun ke belakang, muncul konten-konten renovasi kamar kos atau kamar tidur yang mengatasnamakan aesthetic.

Walaupun subjek dan ujung-ujungnya kembali lagi ke selera masing-masing, ada beberapa peraturan umum yang jadi standar buat kamar tidur yang aesthetic saat ini. 

Referensi desain interiornya sendiri datang dari desain-desain bergaya modern dan minimalis seperti Scandinavian, Industrial, dan Japanese-Scandinavian (Japandi) yang disesuaikan sama budget dan sentuhan personal dari pemilik kamar tidur.

Buat yang kamu yang lagi berencana buat bikin kamar tidur semakin aesthetic, nih, Dekoruma kasih lima ide dasar soal bagian-bagian apa aja yang perlu diubah atau disesuaikan buat makeover kamar supaya jadi aesthetic

Advertisement

1. Putih Selalu Jadi Warna Dasar Yang Fleksibel. Putih Polos Tetep Aesthetic, Ditambahin Warna Lain Juga Keren

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Salah satu cara paling gampang untuk bikin kamar jadi lebih aesthetic adalah dengan mengecat dinding kamar pakai warna putih. Warna-warna netral lain seperti abu-abu dan krem juga cocok, tapi putih tetep jadi primadona buat para pengabdi aesthetic

Sifatnya yang memantulkan cahaya bikin kamar lebih terang dan bercahaya, berpengaruh sama pencahayaan dan tampilan ketika difoto. Tampilan putih polos sendiri emang udah keren, tapi buat tampilan yang lebih menarik, kalian bisa menambahkan warna tambahan.

Advertisement

Misalnya dengan mengecat salah satu tembok pakai warna cerah atau kreasikan beberapa warna jadi motif geometris yang mudah seperti di gambar. Kamar tidur jadi lebih berkarakter dan menggambarkan selera pemiliknya. 

2. Pentingnya Pencahayaan Tersembunyi Yang Bisa Bikin Kamar Keren Secara Instan. Indirect Lighting Yang Dipasang Strategis di Kamar

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Pencahayaan yang tepat juga bisa bikin kamar jadi aesthetic banget. Seringkali satu lampu utama di tengah plafon ruangan enggak cukup buat bikin kamar tampil indah dan menarik. Supaya tampil lebih kece, kalian bisa pakai teknik indirect lighting seperti di gambar. 

Advertisement

Ini berarti menempatkan lampu di tempat-tempat tersembunyi yang strategis. Salah satu yang paling sering dilakukan sekarang adalah di bawah headboard tempat tidur untuk pencahayaan di belakang kasur. 

Selain itu, indirect lighting seperti ini bisa dipasang di lemari baju, rak TV di kamar tidur, meja rias, atau di bagian bawah rangka tempat tidur. Kalian tinggal memasang strip LED yang panjang dan areanya disesuaikan. 

3. Adopsi Prinsip Kasur Hotel. Selimut, Bed Cover, dan Sprei Serba Putih Supaya Aesthetic Serasa di Hotel Berbintang

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Ada yang tahu, enggak, kenapa kasur hotel selalu kelihatan aesthetic? Itu karena linen tempat tidur yang dipakai kebanyakan warna putih. Sprei warna putih, sarung bantal warna putih, sarung guling warna putih, bed cover, dan selimut semuanya warna putih.

Linen serba putih ini cocok sama segala bentuk dan desain dipan tempat tidur yang dipakai. Mungkin yang agak repot adalah menjaga kebersihan sprei warna putih ini yang rentan banget buat kotor.

Enggak bisa makan di kasur, naik ke kasur dengan kaki kotor, dan masih banyak lagi pantangannya. Cuma buat tampilan aesthetic, semuanya bakal worth it, kok. 

4. Sering Terlewatkan Padahal Kasih Pengaruh Besar. Headboard Tempat Tidur Berdesain Menarik Buat Kamar Makin Berkarakter dan Aesthetic

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Masih seputar tempat tidur, satu cara yang sering terlupakan untuk bikin area tempat tidur yang aesthetic adalah pemilihan headboard. Kepala tempat tidur yang seringkali terbuat dari kayu ini bisa berpengaruh besar buat tampilan kamar yang keren dan aesthetic.

Buat desain modern klasik, headboard biasanya dibungkus kain yang punya motif berkerut dan berlapis. Sementara itu, headboard kayu murni bisa dikreasikan untuk punya motif seperti di gambar. Motif chevron dengan guratan tekstur kayu yang juga mengikuti bikin kamar tidur jadi semakin Instagramable

5. Semua Upaya Aesthetic Akan Percuma Tanpa Pencahayaan Alami Yang Banyak. Biarkan Sinar Matahari Masuk ke Dalam Kamar Tidur

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Dari semua ide dan cara untuk bikin kamar tidur jadi makin aesthetic sebelumnya enggak akan berarti tanpa hal ini. Sinar matahari atau pencahayaan alami dari jendela kamar. Saat indirect lighting bikin kamar tidur tampil menarik waktu malam hari, sinar matahari bikin kamar tidur jadi terang dan bercahaya.

Apalagi kalau cat tembok kamar tidurmu warna putih. Kamar tidur akan terasa berkilau. Lebih lanjut, kalian juga bisa pasang vitrase di kamar tidur. Vitrase bakal mengurangi intensitas cahaya supaya enggak terlalu terang, tapi tetap menjaga kamar tidur tetap terang.

Di luar ide-ide yang udah dibahas di atas, pemilihan furnitur di kamar juga berpengaruh buat ke-aesthetic-an kamar tidur, loh. Mulai dari kabinet, lemari baju, meja untuk belajar atau meja kerja, sampai cermin di kamar tidur. Selamat merenovasi kamar! 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE