5 Ide Menata Benda Kesayangan di Rumah

Tips dan Trik Menata Barang di Hunian

Kira-kira, kamu punya koleksi barang apa di rumah? Pastinya mengoleksi suatu barang tertentu membawa kebahagiaan sendiri buat pemiliknya. Gimana enggak, barang-barang kesayangan ini mungkin butuh perjuangan panjang untuk mendapatkannya. 

Mulai dari ngumpulin budget, mencari barang spesifik yang diinginkan yang kadang-kadang susah ditemuin, sampai nunggu barangnya sampai ke tanganmu. Setelah itu, barang koleksi ini bakal selalu disayang dan disimpan rapi.

Jangan sampai barang yang dibelinya melewati proses kerja keras yang panjang rusak gitu aja karena penataan atau penyimpanannya yang kurang rapi dan berhati-hati. Kalau barang kesayangan rusak, suasana hati juga bakal ikutan rusak, deh.

Selain tersimpan rapi, bakal lebih memuaskan lagi kalau benda-benda koleksi kesayangan ini bisa dipajang juga. Dibeli penuh usaha, masa cuma disimpan di ruangan atau kontainer tertutup.

Cara menata dan menyimpan barang-barang juga berpengaruh sama perawatannya, loh. Untuk itu, Dekoruma udah mengumpulkan lima ide menata benda kesayangan yang efektif dan rapi.

Lima benda-benda yang ada di daftar ini dipilih karena umumnya sering jadi barang koleksi atau benda kesayangan buat banyak orang. Siapa tahu, salah satu dari kalian ada yang punya benda kesayangan, koleksi, atau hobi yang sama dan bisa dicontoh buat ke depannya. 

Advertisement

1. Inspirasi Buat Para Sneakerhead dan Hypebeast. Kotak Sepatu Transparan yang Praktis. Sepatu Terlindungi Selama Dipajang

Sumber: Curbed

Sumber: Curbed via https://archive.curbed.com

Demam sneakers sudah melanda beberapa orang yang berdedikasi. Para hypebeasts atau kolektor sneakers sejati pasti sudah familiar sama produk dan penataan kayak gini. Selain ditaruh di rak sepatu, kalian juga bisa memaksimalkan nilai estetika dari sneakers yang dipajang dengan kotak sepatu transparan.

Kotak sepatu ini bisa gampang dibeli dari e-commerce. Bahannya dari plastik atau akrilik, kuat, bisa ditumpuk tinggi, dan membuat sneakers bebas debu dan jamur. Enggak cuma terjaga supaya lebih awet, kalian juga bisa memajang dan membanggakan koleksi sneakers yang udah dikumpulin beberapa tahun ke belakang.

Advertisement

Apalagi kalau ada sneakers limited edition atau kolaborasi yang hype. Pengin, dong, kalian bisa lihat hasil kerja keras kalian cari sepatu-sepatu yang enggak segampang itu dibeli.

2. Aneka Toples dan Kontainer Buat Kamu yang Hobi Ngemil. Koleksi Snack yang Enak dan Unik Juga Asyik Banget

Sumber: The Home Edit

Sumber: The Home Edit via https://www.thehomeedit.com

Doyan ngemil dan mulut enggak pernah berhenti ngunyah? Buat koleksi snack jadi lebih tertata rapi dengan toples dan kontainer kayak gini, nih. Setiap kontainer bisa kalian isi snack berdasarkan jenis atau mereknya. Jadinya lebih gampang dicari waktu mau dimakan, kan?

Advertisement

Toples dan kontainer ini bisa ditaruh di dapur, pantry, atau tempat-tempat kamu ngemil seperti ruang kerja atau bahkan kamar tidur. Ngemil sambil kerja atau belajar emang paling enak, kan, biar enggak bosen dan stress.

Terus, enggak cuma snack yang biasa kalian beli aja, kalau kalian hobi beli snack yang unik dan langka, penataan seperti ini juga akan membantu banget. Misalnya snack Jepang atau Korea yang terkenal disusun rapi di dalam toples dan kontainer. 

3. Kabinet Khusus Piringan Hitam dan Pemutar Piringan Hitam. Buat Sudut Musik di Kamar Tidur Atau Ruang Kerja

Sumber: Plain Magazine

Sumber: Plain Magazine via https://plainmagazine.com

Bagi pecinta musik yang old skool, mengoleksi piringan hitam akan membawa banyak kesenangan dan kebanggaan tersendiri. Apalagi, kalau kamu berhasil nemuin dan beli piringan hitam yang langka dan sebelumnya susah banget dicari. Walaupun agak mahal, worth it banget buat ditambahin ke koleksi. 

Kolektor sejati pasti udah tahu kalau piringan hitam sangat ringkih dan bisa pecah kalau enggak disimpan dengan baik. Makanya, sudah seharusnya piringan hitam disimpan di dalam kabinet khusus.

Susun secara vertikal dan jangan ditumpuk. Bagian atas kabinet juga bisa jadi tempat menaruh pemutar piringan hitam. Taruh di kamar tidur atau ruang kerja untuk bersantai sambil dengerin musik, sambil rebahan di kasur atau waktu lagi bekerja.

4. Bikin Taman Tanpa Halaman. Sulap Interior Rumah Jadi Bernuansa Urban Jungle dengan Penataan Taman Indoor yang Kreatif

Sumber: Cafemom

Sumber: Cafemom via https://cafemom.com

Suka merawat tanaman hias, tapi tinggal di apartemen atau kos yang enggak ada halamannya? Enggak masalah! Bangun taman dalam ruanganmu sendiri dengan bantuan furnitur-furnitur yang gampang dicari. Pertama, rak display yang desainnya bisa disesuaikan sama selera dan desain interior tempat tinggalmu.

Taruh pot-pot tanaman di rak display dengan rapi. Jangan lupa kasih jarak antar tanaman supaya daun-daunnya enggak tumbuh bertabrakan. Lebih lanjut, kalian juga bisa menaruh pot tanaman di atas meja nakas samping tempat tidur, meja kopi di ruang keluarga, atau keranjang rotan buat tampilan yang lebih menarik.

Pilih tanaman-tanaman yang bisa tumbuh subur di dalam ruangan. Enggak perlu kena sinar matahari langsung, disiram sesekali aja, atau bisa hidup di kondisi yang agak lembap. 

5. Penikmat Atau Kolektor Wine dari Berbagai Negara? Pajang Koleksi Wine-mu di Wine Cellar Transparan di Ruang Utama Rumah

Sumber: Dwell

Sumber: Dwell via https://www.dwell.com

Enggak bisa dipungkiri kalau mengoleksi wine adalah hobi yang mahal dan kompleks. Cuma orang-orang tertentu yang suka dengan rasa wine dan mau mengulik citarasa wine dari jenis yang berbeda-beda dan negara asal yang beragam juga.

Kalau kamu punya sekitar 15-20 botol, wine ini bisa disimpan di wine chiller atau kulkas wine. Tapi, kalau kamu kolektor sejati yang punya ratusan atau ribuan wine, bikin wine cellar sendiri di rumah akan lebih praktis dan rapi.

Wine cellar biasanya tersembunyi dan tertutup, tapi kalian bisa bikin wine cellar transparan seperti ini. Wine tersimpan dengan rapi, dalam temperatur yang optimal, dan bisa jadi dekorasi yang unik dan bikin hunianmu berkarakter. 

Buat kalian yang mengoleksi makeup dan skincare, kalian bisa tata produk-produknya di meja rias atau rak khusus. Atau, bikin akuarium yang memadai buat kalian yang memelihara dan koleksi ikan. Apapun benda kesayangan kalian, kuncinya adalah menatanya dengan rapi dan merawatnya dengan telaten, ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE