5 Ide Panel Kayu Kekinian untuk Mempercantik Hunian

Inspirasi Penggunaan Panel Kayu Modern

Jauh dari kesan yang kaku dan kuno, ragam panel kayu di berbagai ruangan rumah justru bakal kasih tampilan yang menawan. Kombinasi warna dan guratan alami kayu yang menghasilkan kesan natural, digabungkan sama finishing dan gaya desain panel kayu kekinian yang modern dan sleek.

Merupakan material yang bisa dipakai buat mendekorasi eksterior atau interior rumah, kayu bisa dibilang salah satu elemen desain interior yang serbaguna, fleksibel, dan ramah lingkungan. Belum lagi kekuatan kayu yang udah terkenal tahan lama dan tahan banting.

Jenis kayu seperti jati, mahogani, atau trembesi bisa tahan selama puluhan tahun kalau dirawat dengan baik. Buat kamu yang punya budget minim, material pengganti kayu seperti HPL, particle board, kayu komposit, atau concrete wood lebih ramah di kantong, tahan rayap, dan relatif awet.

Enggak cuma jenisnya aja, desain dari panel kayu juga berpengaruh untuk tampilan desain interior dan suasana yang terbentuk. Beberapa desain panel kayu untuk interior hunian juga diprediksi bakal makin naik daun di tahun ini, loh. Terutama panel kayu yang bergelombang dan jari-jari.

Desain ini cocok buat dipadukan sama gaya desain interior kayak Japanese-Scandinavian (Japandi), Contemporary, serta desain-desain minimalis dan modern lainnya. Terutama panel kayu bercorak terang dan sedang yang lebih terasa segar dan up-to-date.

Hadirkan unsur alami dan memikat di rumah dengan panel kayu yang tepat. Dekoruma kasih lima inspirasi panel kayu dengan desain kekinian untuk jadi bagian dari dekorasi interior hunian yang menarik.

Advertisement

1. Panel Kayu Motif Jari-jari Buat Tampilan Trendi dan Menarik. Aksen Kekinian di Ruang Keluarga Merangkap Rak TV

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Salah satu model panel kayu yang lagi banyak diminati dan trendi banget adalah motif jari-jari vertikal kayak gini. Desainnya sederhana, tapi tetep kelihatan elegan dan menarik, ya. Apalagi bersanding sama tembok warna abu-abu tua yang kontras dengan warna kayu terang dan mulus.

Panel kayu ini juga berfungsi jadi rak TV yang tampilannya segar dan kekinian. Ruang keluarga yang modern dan minimalis jadi langsung punya daya tarik lebih karena panel kayu jari-jari ini.

Advertisement

Begitu juga dengan lampu LED yang dipasang di bagian atas panel kayu. Menghasilkan pencahayaan yang lembut, menawan, dan selaras sama keseluruhan desain ruang keluarga.

2. Bikin Setiap Orang yang Melangkah Masuk ke dalam Rumah Berdecak Kagum. Voyer Bernuansa Kayu yang Homey dan Mengundang

Sumber: HGTV

Sumber: HGTV via https://www.hgtv.com

Hadirnya foyer di rumah punya fungsi sebagai penyambut penghuni rumah atau tamu yang baru datang. Makanya foyer juga didesain sama indah dan menariknya dengan ruangan lainnya di rumah. Panel kayu bisa bikin suasana foyer jadi lebih memikat dan beda dari biasanya.

Advertisement

Terlihat bagaimana panel kayu yang dipakai adalah panel kayu dengan ruas-ruas panjang yang dipasang vertikal. Warna kayu juga adalah warna kayu klasik yang enggak asing lagi di mata banyak orang.

Panel kayu dipasang di sekujur tembok sebelah kanan foyer, bahkan sampai lantai atas dan plafon. Kontras dengan ruang keluarga di sebelah kiri yang serba putih dan bersih. Enggak lupa sentuhan anak tangga yang material kayunya senada.

3. Room Divider Serbaguna di Kamar Tidur. Panel Kayu Jari-jari Berdesain Lengkung yang Menawan Berikan Warna Baru

Sumber: Architectural Digest

Sumber: Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Selain panel kayu dengan desain beruas-ruas, desain lengkung seperti ini juga jadi salah satu tren interior yang bakal berlanjut sampai tahun 2022 ke depan. Di kamar tidur ini, fungsi dari panel kayu adalah sebagai pembatas ruangan antara area kamar tidur dan kamar mandi.

Emang mengusung tema serba kayu berwarna coklat sedang, kasur diposisikan di atas dek yang lebih tinggi dari lantai kamar tidur. Di sisi lain panel kayu, areanya juga bisa difungsikan sebagai dressing room.

Dengan lemari pakaian 3 pintu yang terintegrasi dengan panel, meja rias, serta rak penyimpanan, yang ditempatkan sebelum akses menuju ke kamar mandi di bagian belakang kamar tidur yang dipisah dengan panel kayu.

4. Dapur Tampil Beda dengan Desain Serba Kayu. Implementasikan Panel Kayu yang Lebih Fungsional dan Selaras dengan Desain Kitchen Set

Sumber: HomeDecorBliss.com

Sumber: HomeDecorBliss.com via https://homedecorbliss.com

Tiga desain panel kayu sebelumnya bisa dibilang lebih dekoratif dibanding fungsional. Nah, inspirasi yang berikut ini adalah contoh gimana panel kayu juga bisa punya fungsi lebih selain memperindah ruangan.

Panel kayu di dapur jadi pilihan yang unik dan enggak konvensional karena dapur identik dengan keramik dan kabinet serta konter yang mulus dan polos. Pemilik hunian yang satu ini mendesain dapur dengan elemen serba kayu.

Kayu dengan corak terang dan halus dipilih buat menghiasi konter dapur, kitchen island, sampai rak di bagian samping. Bahkan enggak cuma kitchen set aja, dinding dan plafon juga dipasangi panel kayu yang coraknya sama. Mungkin pemilik rumah juga punya kabinet dapur & troli yang terbuat dari material kayu yang sama, ya.

5. Ruang Kerja yang Nyaman, Rapi, dan Menawan Berkat Panel Kayu. Rak Buku Terintegrasinya Kelihatan Keren Banget, Ya!

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Ruangan terakhir yang ada di daftar ini udah enggak asing lagi sama penggunaan panel kayu di dalamnya. Meja kerja adalah furnitur kayu yang pastinya selalu ada di ruangan. Di sini, pemilik rumah mencocokan corak meja kerja dengan panel kayu yang dipakai sebagai rak buku terintegrasi.

Dengan corak kayu yang cenderung terang dan punya guratan yang mulus, rak buku menempati lubang di bagian tengah panel kayu yang juga jadi pemisah ruangan dengan area duduk di bagian belakang.

Rak buku kemudian diapit meja dan kursi kerja yang dibuat sejajar dan simetris. Tentunya dengan corak yang sama dan menambah tampilan menawan di ruang kerja ini.

Beneran terasa modern, trendi, dan kekinian, kan? Kayu bakal selalu jadi material favorit yang bisa dikreasikan jadi banyak elemen dekorasi. Selalu ada tempat untuk dekorasi kayu di setiap ruangan di rumah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE