5 Ide Penataan Ruang Servis Mungil Minimalis di Rumah

Inspirasi Desain Ruang Servis Minimalis

Ruang servis yang mungkin kamu lebih kenal dengan ruang laundry, ruang setrika, atau ruang jemuran bisa dibialng ruangan yang sering dianaktirikan waktu proses membangun dan mendekorasi rumah. Loh, kenapa gitu? 

Dirasa cuma dipakai buat mencuci baju, menyetrika, tempat baju kotor, dan penyimpanan barang, pemilik rumah ngerasa dekorasinya enggak terlalu penting-penting banget, deh. Padahal, ruang servis yang dekorasinya terencana dan cantik bakal lebih praktis dan menyenangkan, loh.

Pertama mulai dari ruang penyimpanan yang memadai dan rapi dulu. Segala produk kebersihan kayak deterjen, pelembut pakaian, baju-baju yang baru dicuci, kotak penyimpanan, bakal tersimpan dengan rapi dan gampang dicari.

Mesin cuci juga punya tempatnya sendiri, ruangan kelihatannya jadi rapi, bersih, dan indah. Apalagi kalau ukuran ruangannya mungil, elemen-elemen lain kayak pencahayaan alami, pengaturan furnitur yang fungsional dan masuk akal, sampai tambahan fungsi ruangan lain biar multifungsi.

Males banget, kan, kalau ruang servis udah sempit, gelap, pengap, atau bahkan becek karena mesin cuci yang selangnya bocor atau enggak dirapikan. Kayak ruangan lain di rumah, kalau bagian dalemnya bagus dan cantik, ngelakuin aktivitas di ruangan itu jadi makin enjoy dan menyenangkan.

Makanya, Dekoruma udah punya lima ide penataaan ruang servis mungil berdesain minimalis pada hunian yang bisa ditiru buat rumahmu. Mulai dari yang simpel tapi cantik, elegan dan maskulin, sampai yang multifungsi juga ada, loh!

Advertisement

1. Mengatasi keterbatasan ruang dengan gaya minimalis. Ditambah aksen biru muda dan pencahayaan alami yang indah

Sumber: https://www.thespruce.com

Sumber: https://www.thespruce.com via https://www.thespruce.com

Ruang servis biasanya enggak terlalu luas dan butuh desain interior dan penataan ruangan yang pas. Gaya interior minimalis yang mengedepankan fungsionalitas dan tampilan menawan akan cocok banget. Misalnya, Scandinavian, Industrial, Japandi, atau kombinasi dari beberapa gaya sekaligus sesuai keinginan.

Contohnya, ruang servis yang satu ini. Pemilik rumah memaksimalkan ruang penyimpanan tertutup seperti rak, laci, dan kabinet. Barang-barang kebutuhan laundry, setrika, dan lain-lain bisa tersimpan rapi dan mudah dicari ketika dibutuhkan.

Advertisement

Furnitur-furnitur penyimpanan ini diberi warna biru pastel yang menjadi aksen menarik di antara warna putih yang dominan. Tidak lupa, rak ambalan di atas konter untuk menaruh dekorasi dan aksesoris rumah. Serta jendela di tengah ruangan agar tetap terang dan lapang.

2. Tersembunyi rapi ketika Enggak dipakai. Ruang servis berdesain lemari, makin cantik karena barn door geser yang rustic

Sumber: Better Homes & Gardens

Sumber: Better Homes & Gardens via https://www.bhg.com

Kadang, bentuk ruang servis enggak harus selalu berbentuk ruangan. Misalnya yang kayak gini, nih. Ruang servis didesain kayak lemari pakaian yang diisi berbagai perabot ruang servis. Mesin cuci dan keranjang yang tersimpan rapi di kabinet dan konter custom, rak ambalan beberapa tingkat, dan gantungan baju.

Yang menarik, pemilik rumah memasang pintu geser berjenis barn door kayu yang memberikan tampilan alami dan rustic. Senada dengan aksen kayu yang dipakai pada rak dan permukaan konter ruang servis. Lebih lanjut, pemilik rumah juga memasang subway tiles untuk backsplash konter yang menambah kesan minimalis yang menawan.

Advertisement

3. Ruang servis elegan dan maskulin. Kombinasi warna hitam dan kayu yang menawan, tertata rapi, dan berkarakter

Sumber: Real Homes

Sumber: Real Homes via https://www.realhomes.com

Mau tampilan minimalis yang beda dan lebih berkarakter maskulin sekaligus misterius buat kamu para lelaki yang tinggal dan nyuci sendiri? Coba lihat ruang servis yang satu ini, deh. Yang paling kentara adalah betapa rapi pengaturan ruangannya. Pemilik rumah memasang rak built-in buat menaruh semua kebutuhan.

Mesin cuci dan mesin pengering, handuk, keranjang penyimpanan, wadah deterjen, pelembut pakaian, pewangi pakaian, dan barang-barang lainnya. Kemudian, di sebelah kiri dipasang lemari pakaian berpintu kaca dengan backlight yang menawan.

Semuanya serba hitam dan kayu berwarna cokelat pekat yang bertekstur tajam. Sementara, lantai kayunya menggunakan kayu hitam yang semakin memperkuat kesan elegan dan maskulin.

4. Ruang servis multifungsi sekaligus pantry buat menyimpan bahan makanan dan camilan. Bisa ngemil sambil nunggu selesai cuci baju, deh!

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Ruang servis normalnya memang digunakan buat mencuci baju, menyeterika, atau juga menyimpan barang-barang yang jarang dipakai. Nah, tapi gimana kalau ruang servis juga bisa jadi pantry? Gini, nih, contohnya. Di sebelah kanan, kelihatan pengaturan ruang servis yang konvensional.

Mesin cuci dan mesin pengering di bawah, meja konter untuk menaruh dekorasi, kabinet dinding, serta lampu sebagai hiasan gantung. Layaknya ruang servis pada umumnya.

Tapi, begitu lihat sebelah kiri, ada rak gantung yang isinya banyak bahan makanan dan cemilan. Pantry model ini lebih banyak digunakan buat rumah-rumah di Amerika Serikat. Cuma, kalau kalian pengin bikin ruang servis jadi lebih multifungsi, kenapa enggak ditiru aja, kan. 

5. Gunakan ruang semaksimal mungkin jangan sampai ada yang kosong dan terbuang. Ruang servis tersembunyi yang apik di bawah tangga

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Ruang kosong di bawah tangga biasanya dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan atau powder room. Pastinya, buat kamu yang tinggal di hunian yang ukurannya enggak terlalu luas, memanfaatkan ruang semaksimal mungkin itu penting banget buat dilakukan. 

Selain jadi lemari penyimpanan, powder room, atau area tempat duduk, ruang kosong di bawah tangga juga bisa disulap jadi ruang servis mungil, loh. Sekilas, mungkin kelihatannya kayak lemari penyimpanan biasa aja.

Cuma, begitu dibuka pintu lemarinya, bagian dalemnya lengkap dengan mesin cuci, mesin pengering, meja konter, meja setrika, kabinet, rak, dan barang-barang lainnya. Ruang servis pun jadi lebih rapi karena tersembunyi. 

Kalau kalian sebelumnya males nyuci dan setrika baju, begitu ngelihat inspirasi-inspirasi ini udah enggak males lagi, kan. Buat hasil yang maksimal, terutama kalau harus membangun furnitur custom dan mengubah ruang di bawah tangga, sebaiknya pekerjakan jasa desain interior profesional dan terpercaya yang ada di kota-kota besar kayak desain interior Jakarta, desain interior Bandung, dan desain interior Surabaya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE