5 Ide Penggunaan Glass Block yang Bikin Hunian Jadi Estetik

Inspirasi Ruangan Menggunakan Glass Block

Nama glass block mungkin kurang familiar di telingamu. Cuma, begitu kamu lihat wujudnya, pasti kamu pernah lihat glass block sebelumnya. Terutama di rumah-rumah lama yang desainnya jadul. Mungkin rumah orangtua atau kakek nenekmu pakai glass block di beberapa bagian rumahnya.

Seperti namanya, glass block adalah balok kaca untuk kepentingan arsitektur dan interior. Ada glass block yang bening seperti kaca pada umumnya, punya efek frosted atau buram buat privasi, warna-warni buat dekorasi yang ramai dan cantik, atau punya motif dan tekstur khusus.

Selain kelihatan jadul, glass block mungkin sering kamu lihat di kamar mandi, area servis, area jemuran, atau bagian-bagian rumah yang bukan jadi area utama. Fungsi glass block sendiri supaya cahaya bisa masuk ke dalam ruangan, tapi orang tidak bisa melihat ke dalam ruangan.

Dalam perkembangannya, glass block mulai dianggap keren lagi, loh. Tampilan vintage dari glass block yang dipadukan sama desain interior modern bikin tampilannya jadi eklektik dan menawan.

Enggak cuma buat hunian pribadi aja, tempat umum kayak butik, toko konsep, dan coffee shop kekinian juga pakai glass block sebagai bagian dari fasad atau interiornya, biar kelihatan estetik dan instagramable.

Kalau kamu pengin juga pakai glass block buat di rumah, Dekoruma udah ngumpulin lima ide penggunaan glass block pada hunian yang beragam dan bisa bikin rumah kalian jadi kelihatan estetik dan menarik banget.

Advertisement

1. Living Area: Terasa Terang, Lega, dan Menawan. Hadirkan Tampilan Menarik dengan Jendela Glass Block

Sumber: Dwell

Sumber: Dwell via https://www.dwell.com

Sebelum melihat penggunaan glass block yang lebih inkonvensional, fungsi utama glass block adalah jadi jendela kayak gini. Bedanya, glass block enggak bisa dibuka dan fokusnya lebih jadi sumber penerangan daripada ventilasi udara di sebuah ruangan.

Contohnya seperti living area yang satu ini. Mengusung desain interior Scandinavian-Industrial (Scandustry) yang timeless, pemilik rumah menggabungkan ruang keluarga dan ruang kerja di area ini.

Advertisement

Maka dari itu, sumber penerangan alami dari sinar matahari bakal berguna banget. Jendela utama yang besar ditambah dengan jendela glass block bikin ruangan jadi terang dan nyaman. Mau kamu duduk santai di sofa minimalis atau kerja di meja kerja, dua-duanya bakal tetep asyik! 

2. Jadi Hunian Paling Menonjol di Lingkungan Rumah. Glass Block Sebagai Fasad Rumah yang Bikin Tetangga Berdecak Kagum

Sumber: Luxury Houses

Sumber: Luxury Houses via https://luxury-houses.net

Sekarang untuk penggunaan glass block yang cukup unik dan enggak biasa. Pertama, jadi fasad rumah yang pasti bakal bikin rumahmu stand out di antara tetangga di lingkungan rumah. 

Advertisement

Sedikit beda dari fasad rumah dari batu bata, kayu, atau roster beton, fasad dari glass block bakal bikin rumah jadi lebih terang. Pantulan cahaya yang masuk ke dalam rumah akan menghasilkan pencahayaan alami yang optimal.

Glass block memeluk dan mengelilingi sekujur bangunan rumah seperti ilustrasi di atas. Jadinya, area teras rumah seperti ini akan tetap terang, tapi enggak terasa panas dan terik. Enak buat duduk-duduk di pagi atau sore hari sambil menikmati suasana rumah.

3. Inspirasi dari Kafe Instagramable Buat Dapur Rumah. Kitchen Island Atau Meja Bar yang Terbuat Dari Glass Block Aneka Motif yang Cantik

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Enggak cuma di dinding, glass block juga bisa menghiasi furnitur yang ada di rumah. Misalnya, kitchen island seperti ini. Terinspirasi dari banyak restoran dan kafe kekinian yang memanfaatkan glass block buat memperindah dekorasi tempatnya, glass block jadi bagian dari pondasi konter dapur ini. 

Kalau diperhatikan lebih lanjut, glass block ini juga bukan polosan aja, tapi punya beragam motif yang bikin dapur jadi semakin estetik. Dipadukan sama tampilan serba putih dari dapur, glass block pada kitchen island ini jadi daya tarik setelah backsplash bata ekspos pada kitchen set.

4. Beri Warna Cerah dan Menyenangkan ke dalam Rumah dengan Glass Block Berwarna yang Menggemaskan

Sumber: Seves Glassblock

Sumber: Seves Glassblock via https://www.sevesglassblock.com

Variasi glass block juga bukan hanya frosted atau bermotif aja. Glass block berwarna juga bisa kalian pilih buat menghadirkan suasana yang lebih cerah dan menggemaskan di dalam rumah. 

Pemilik rumah memutuskan buat memanfaatkan pop of colour ini sebagai kontras dari desain interior natural dan minimalis pada ruang makan. Partisi glass block menggunakan warna oranye dan hijau tua dan memisahkan area foyer dan ruang makan.

Di samping glass block dipasangi credenza yang digunakan sebagai tempat menaruh dekorasi seperti lilin, ornamen, buku-buku, tanaman hias & vas untuk menyambut setiap orang yang baru masuk sebelum ke ruang makan. 

5. Glass Block di Kamar Mandi yang Enggak Pernah Salah. Pisahkan Fungsi Berbagai Area Kamar Mandi dengan Partisi Glass Block

Sumber: Houzz

Sumber: Houzz via https://www.houzz.com

Sebelumnya, glass block lebih sering dipakai untuk ruangan seperti kamar mandi karena tetap bisa mempertahankan privasi, sambil menjaga kamar mandi tetap terang. Cuma, untuk tampilan yang lebih estetik dan fungsional juga, glass block juga bisa jadi partisi untuk membagi fungsi ruangan kamar mandi.

Berkonsep semi-outdoor, Bathtub dipisahkan sama partisi glass block dan juga jendela glass block transparan yang menghadap ke taman. Satu partisi lagi dipasang di pintu masuk kamar mandi supaya area kloset enggak langsung kelihatan dari pintu.

Kelihatan unik dan menarik banget, kan, semua inspirasi glass block di atas? Dengan desain interior dan dekorasi yang tepat, glass block bakal jauh dari kesan jadul dan bikin tampilan rumah jadi lebih estetik. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE