5 Ide Ruangan dengan Dinding Batu Alam

Inspirasi Dinding Batu Alam Keren

Ngelihat rumah yang punya dinding batu alam, rasanya tangguh, mewah, elegan, dan kasih kesan natural, ya. Tekstur alami dari batu alam juga jadi elemen dekorasi yang menarik dan enggak biasa. Cocok buat kamu yang mau nampilin wow factor pada interior design hunian modern atau minimalis.

Batu alam sendiri udah enggak asing buat rumah-rumah di Indonesia. Dinding batu alam dipakai di luar ruangan sebagai fasad eksterior dan juga buat mempercantik interior. Beberapa jenis yang paling umum ada batu andesit, batu kali, batu kapur, sampai batu bata.

Jenis-jenis batu alam yang disebutin barusan bisa buat eksterior dan interior. Nah, batu alam jenis marmer atau granit cenderung lebih sering dipakai buat bagian dalam rumah. Buat tembok maupun lantai. 

Seringnya dipakai di kamar mandi, cuma buat pemilik rumah yang budget-nya tidak terbatas, interior rumahnya bisa penuh sama granit dan marmer. Wih! Mengkilap banget itu pasti rumahnya.

Enggak cuma buat unsur estetika aja, loh, dinding batu alam juga punya beberapa manfaat lain yang berhubungan sama arsitektur, maupun desain interior.

Pertama, lebih tahan sama kondisi cuaca. Di musim hujan enggak perlu khawatir sama jamur atau lumut kayak tembok biasa. Terus, pemasangannya juga relatif mudah karena udah berbentuk lempengan. Juga, tentunya jadi pondasi atau struktur yang kuat dan tahan lama pada hunian.

Pakai batu untuk jadi pondasi atau struktur bangunan bisa dibilang salah salah satu cara bikin bangunan yang paling tua. Bisa dilihat dari candi-candi peninggalan sejarah di Indonesia.

Eits! Tapi jangan salah, desain dinding batu alam kekinian zaman sekarang bisa bikin kamu dan orang rumah serasa tinggal di villa di pegunungan atau rumah-rumah di negara empat musim yang sering pakai fitur desain ini.

Dekoruma juga udah ngumpulin lima ide ruangan yang dipasang dinding batu alam dari berbagai jenis, warna, dan bentuk. Mari kita lihat berikut ini. 

Advertisement

1. Maskulin, Tegas, dan Tangguh. Dinding Batu Andesit yang Membingkai Dapur dan Ruang Makan

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Dinding batu andesit ini dipasang di tengah, khususnya di belakang kitchen set. Ini ngasih tampilan yang megah dan tangguh, terutama dengan keseluruhan suasana hunian ini yang maskulin dan gelap. Kalau kalian jeli, backsplash dapur juga dipasang granit warna abu-abu yang senada sama dinding batu alam.

Lebih lanjut, di bagian atas dinding dipasang strip lampu LED yang ngasih pencahayaan suasana (mood lighting) yang kalem dan mewah. Tekstur batu yang kasar dan enggak beraturan juga semakin terpampang nyata, iya, kan?

Advertisement

Dipadukan sama sofa minimalis berbahan kulit warna coklat, area tinggal yang satu ini bener-bener macho dan cozy di saat yang bersamaan.

2. Klasik Khas Industrial. Dinding Batu Bata Merah Sebagai Aksen. Ngasih Tampilan Hunian yang Modern dan Tangguh

Sumber: Decoist

Sumber: Decoist via https://www.decoist.com

Sebenernya buat batu bata masih ada yang berdebat, apakah batu bata bisa disebut batu alam atau enggak? Batu bata sendiri terbuat dari tanah liat khusus yang berasal dari alam. Cuma emang diolah sama manusia untuk dicetak dan dibakar. 

Advertisement

Anyway, apapun pendapat kalian, batu bata merah masih jadi salah satu andalan buat tampilan desain interior modern. Terutama desain Industrial. Masih inget desain interior Industrial yang muncul karena orang ngubah bangunan bekas pabrik jadi tempat tinggal? Banyak batu bata merah di bangunan bekas pabrik itu.

Dipadukan sama desain interior lain kayak Japandi atau Scandinavian, batu bata merah saat ini seringkali jadi tembok aksen di berbagai ruangan. Mulai dari ruang keluarga, dapur, ruang kerja, atau patio di tengah rumah kayak gambar di atas.

Pastinya, dinding bata merah ngasih tampilan yang tangguh tapi cerah. Stand out di antara furnitur dan warna-warna netral di sebuah hunian. 

3. Alternatif Marmer Atau Granit di Kamar Mandi. Pasang Batu Sabak di Dinding Kamar Mandi Buat Bikin Suasana Lebih Adem

Sumber: Decoist

Sumber: Decoist via https://www.decoist.com

Batu alam di kamar mandi biasanya identik sama marmer atau granit. Kayak kamar mandi di hotel-hotel berbintang. Cuma kalau kamu bosen sama tampilan kamar mandi yang gitu-gitu aja, mungkin kamu bisa coba pasang batu alam jenis lain di kamar mandi. Misalnya batu sabak atau yang lebih dikenal sebagai batu kali.

Dibandingin marmer atau granit yang ngasih kesan dingin dan licin, batu kali bikin tampilan kamar mandi lebih alami, tapi tetep mewah pastinya, dong. Beberapa kamar mandi di resort mewah atau bangunan mewah juga pakai batu alam kayak gini.

Disandingkan sama desain kamar mandi yang minimalis, tembok batu kali jadi aksen yang menarik dan ngasih kesan alami di kamar mandi. 

4. Cat Tembok? Kayu? Ah, Udah Biasa. Hiasi Dinding Belakang Tempat Tidur Pakai Batu Alam. Ciptakan Suasana Hangat di Dalam Kamar Tidur

Sumber: Decoist

Sumber: Decoist via https://www.decoist.com

Enggak cuma di kamar mandi aja, batu alam kayak batu kali juga bisa diposisikan jadi tembok belakang tempat tidur. Enggak perlu headboard yang desainnya rumit atau gimana, dinding kamar tidur dari batu alam bisa jadi headboard unik di kamar tidur. 

Kamu bisa nyocokin warna-warna furnitur kayak dipan tempat tidur, nakas, lampu meja, sampai warna sprei dan sarung bantal supaya matching sama warna batu alam di kamar tidur.

Selain itu, hadirnya batu alam di kamar tidur juga bikin suasana lebih homey dan hangat. Bikin kamar tidur lebih nyaman buat kamu atau orang-orang yang suka suasana alami di kamar tidurnya. Bisa bikin tidur jadi lebih nyenyak, deh.

5. Dinding Balok Batu Kapur di Ruang Kerja. Buat Tampilan Bersih dan Terang yang Picture Perfect

Sumber: Decoist

Sumber: Decoist via https://www.decoist.com

Selain batu andesit, batu kali, batu bata merah, marmer, atau granit, masih ada satu batu alam yang bisa dipasang di rumah, yaitu batu kapur atau limestone. Teksturnya lebih halus daripada batu andesit atau batu kali. Warna putihnya cocok buat ditempatkan di ruangan yang nuansanya minimalis atau tropis.

Beberapa villa di Bali atau daerah-daerah tropis seringkali memasang dinding batu kapur kayak gini. Terutama di area semi-outdoor atau outdoor kayak kamar mandi atau kolam renang.

Cuma, batu kapur juga bisa dipasang di dalam ruangan kayak gambar di atas. Ruang kerja tampil menarik dengan aksen batu kapur. Teksturnya dan motif balok yang ditumpuk bikin ruangan lebih berkarakter.

Masang batu alam bisa dibilang relatif mudah dibandingin bahan bangunan lainnya. Cuma bukan berarti bisa dipasang sendiri, ya. Buat kamu yang pengin punya dinding batu alam di rumah, percayakan pemasangannya sama jasa desain rumah kepercayaanmu, ya. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE