5 Ide Taman Rumah Mungil dengan Sentuhan Batu Alam

Landscaping atau seni pertamanan bisa dibilang jadi salah satu bidang yang paling underrated dalam kaitannya sama fasad dan eksterior hunian. Biasanya, taman bukan jadi prioritas untuk ditata dan didekorasi. Apalagi kalau ukuran tamannya enggak terlalu luas karena rumahnya yang juga mungil.

Padahal, taman yang didesain oleh arsitek lanskap atau setidaknya memperhatikan prinsip-prinsip lanskap sederhana bisa berpengaruh banyak buat estetika tampilan luar rumah. Salah satunya adalah mengatur lanskap taman yang indah bukan hanya sebatas tanaman saja.

Ternyata banyak komponen, loh, yang memengaruhi kecantikan tampilan taman di rumah. Selain pilihan jenis pepohonan atau tanaman, posisinya, atau media tanamnya, ada hal lain seperti pagar taman, lampu taman, furnitur taman dan aksesoris rumah lain yang bisa dijadikan aksesoris taman, dekorasi dan ornamen taman, pasir, sampai elemen bebatuan untuk taman.

Serpihan batu atau kerikil sekalipun, kalau dirancang dengan saksama bakal bikin taman di rumah terlihat indah dan keren. Sentuhan batu alam hampir selalu ada di taman yang dirancang dengan baik dan punya visual yang menawan. Penerapannya pun bermacam-macam dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera pemilik taman.

Mulai menata taman di rumah dengan lebih serius, walaupun ukurannya enggak terlalu besar. Dekoruma punya lima ide taman rumah mungil dengan sentuhan batu alam yang bisa jadi inspirasi buat merapikan taman di rumah.

Advertisement

1. Pecahan Batu Kapur Buat Lantai Patio Taman. Highlight Tekstur Batu untuk Tampilan yang Cantik

Sumber: House Beautiful

Sumber: House Beautiful via https://www.housebeautiful.com

Dalam menentukan lantai patio taman, daripada cuma pakai keramik aja kalian bisa pakai pecahan batu kapur buat tampilan yang lebih cantik dan rustic. Tekstur dari batu kapur yang ukurannya beragam ini bakal kelihatan keren banget dan bikin taman jadi lebih berkarakter.

Supaya aman, pastikan kalian yang perempuan tidak memakai hak tinggi dan tipis untuk mencegah risiko tersangkut di sela-sela batu ini. Tambahkan juga lounge chair seperti yang ada di foto, jadi kalian bisa rebahan sore-sore sambil menikmati hijaunya taman di rumah. 

Advertisement

2. Perpaduan Beberapa Jenis Batu Alam dan Pasir untuk Mengadopsi Gaya Zen Garden Khas Jepang yang Menawan

Sumber: Backyard Garden Lover

Sumber: Backyard Garden Lover via https://www.backyardgardenlover.com

Taman bergaya Jepang atau zen garden ini enggak cuma sembarang taman. Di dalamnya banyak nilai-nilai budaya yang tinggi dan berkesan, terutama soal seni melukis di atas pasir dengan batu di tengahnya. Ini menggambarkan riak air yang dilambangkan sama pasir putih ini.

Batu alam juga jadi bagian penting pada taman bergaya Jepang karena sering juga disebut sebagai rock garden atau taman batu. Batu-batu yang biasanya cukup tinggi dan punya ujung lancip menjulang ini melambangkan gunung dengan jenis batu sedimen atau batu vulkanik. 

3. Bangun Jalan Setapak dan Lantai Taman Pakai Lempengan Batu Kapur. Isi Nat-nya dengan Kerikil

Advertisement
Sumber: Go Get Yourself

Sumber: Go Get Yourself via https://www.gogetyourself.com

Kalian juga bisa menambahkan area duduk yang nyaman seperti ini untuk taman di rumah. Gunakan lempengan batu kapur sebagai material lantainya dan juga jalan setapak. Kemudian sela-sela lempengan batu bisa diisi kerikil buat mengisi kekosongan dan memperindah area duduk.

Area duduk bisa kalian pasang sofa taman yang empuk seperti di gambar. Area ini bakal nyaman banget buat dijadikan tempat duduk-duduk sore sama keluarga. Sambil menikmati snack dan minuman. 

Bahkan, kalian bisa bikin ini jadi outdoor living room dengan menambahkan meja TV. Pastikan saja bagian atasnya tertutup supaya peralatan elektronik enggak rusak terkena hujan dan panas. 

4. Pasang Pagar Atau Dinding Pembatas Pakai Metode Unik Ini. Dinding Gabion yang Kasih Tampilan Menarik Buat Taman

Sumber: Houzz

Sumber: Houzz via https://www.houzz.com

Metode gabion sebelumnya lebih banyak dipakai buat pembangunan fasilitas umum kayak jalan tol, tanggul, dinding penahan longsor di tebing atau bukit yang curam. Fungsi gabion pada dasarnya memang untuk melindungi dan memperkuat tanah berkat beban batu-batu alam yang ditaruh di dalam rangka besi kawat.

Tapi ternyata, gabion juga kelihatan unik dan menarik dan bisa banget dipakai buat menghiasi taman di rumah. Mulai dari tembok perimeter, pembatas, atau pagar yang membagi taman ke dalam beberapa area. Batu yang digunakan untuk gabion biasanya batu kapur, batu sungai, atau batu belah.

5. Tambahkan Fitur Air yang Sederhana, Tapi Menawan. Air Terjun Mini dari Batu Lengkap dengan Pencahayaan yang Cantik

Sumber: This Old House

Sumber: This Old House via https://www.thisoldhouse.com

Batu pada taman enggak cuma bisa berdiri sendiri aja, tapi juga bisa digabungkan sama unsur alami lain yang hasilnya bakal kelihatan cantik banget. Air terjun batu seperti ini juga bisa jadi salah satu fitur utama yang jadi ornamen dan daya tarik taman di rumah.

Kamu hanya perlu membangun beberapa undakan yang kemudian dilapisi oleh lempengan batu buat menutupi tanahnya. Di sekeliling air terjun juga bisa dipasangi banyak batu taman buat membangun suasana alami yang lebih.

Alirkan air menggunakan pompa dari atas dan kamu bisa punya air terjun batu yang menawan. Apalagi kalau ditambahkan lampu kayak gini, dijamin air terjun bakal makin cantik di malam hari. 

Setelah tahu taman seperti apa yang diinginkan, sebaiknya kamu menggunakan jasa desain rumah yang andal dan terpercaya buat hasil yang maksimal. Apalagi, kalau area tamannya tidak terlalu luas. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE