5 Ide Bisnis Modal Kecil Tahun 2022, Mahasiswa Aja Bisa Coba!

Saat mulai bisnis kebanyakan darii kita bakal berpikir bahwa modal besar adalah keharusan dalam menjalankannya, padahal nggak selamanya bisnis harus memiliki modal besar, lo. Ada beberapa bisnis yang bisa kita jalankan walaupun dengan modal yang relatif kecil. Berikut bisnis yang bisnis dengan modal kecil yang bisa kamu jalankan!

Advertisement

1. Bisnis Jual Barang Bekas

ilustrasi bisnis/cr: Julia M Cameron from Pexels.com

ilustrasi bisnis/cr: Julia M Cameron from Pexels.com via https://www.pexels.com

Apa? Jual barang bekas? Tenang jangan nethink dulu ya. Bisnis barang bekas nggak selalu buruk kok, karena faktanya walaupun bisnis kamu menjual  barang bekas, peminatnya banyak juga loh. Sebab masih banyak kok konsumen yang lebih tertarik membeli barang bekas dengan kualitas yang masih baik dibandingkan harus membeli baru, mungkin faktor kepuasan bisa beli harga murah dengan kualitas bagus kali ya?

2. Bisnis Jasa Berdasarkan Hobi

ilustrasi bisnis/cr:RODNAE Productions from Pexels.com

ilustrasi bisnis/cr:RODNAE Productions from Pexels.com via https://www.pexels.com

Siapa sih yang gak suka bisa bekerja dengan hobinya, terus dapat uang lagi dari hobi. Iya jika kamu memiliki hobi menjahit, kamu bisa kok buka bisnis jasa jahit di rumah. Kalau kamu punya hobi makeup dan skill kamu di atas rata-rata, kamu bisa juga tuh buka jasa tata rias. Untuk langkah awal kamu bisa jual hobi dan skill kamu ke orang terdekat seperti keluarga, teman, atau tetangga. Ayo mulai sekarang coba pikirin deh, hobi apa yang kira-kira bisa kamu jadikan uang?

Advertisement

3. Bisnis Reseller

ilustrasi bisnis reseller/cr: Kampus Production from Pexels.com

ilustrasi bisnis reseller/cr: Kampus Production from Pexels.com via https://www.pexels.com

Model bisnis ini udah beken sejak lama lo dan selalu jadi bisnis yang menjanjikan. Bisnis ini memudahkan kamu yang memiliki sedikit modal, tetapi tetap ingin menjalankan bisnis, sebab kamu tidak perlu pusing memikirkan biaya produksi yang biasanya terlampau besar. Lagi pula dengan menjadi reseller kamu juga bisa menyesuaikan stok barang yang kamu jual, dengan jumlah permintaan dari konsumen, otomatis kamu gak perlu modal besar di awal.

4. Bisnis Dropshipper

ilustasi bisnis dropshipper/cr: Andrea Piacquadio from Pexels.com

ilustasi bisnis dropshipper/cr: Andrea Piacquadio from Pexels.com via https://www.pexels.com

Bisnis reseller modalnya masih kebesaran? Nah, bisnis dropshipper mungkin bisa jadi solusi. Bisnis ini sebetulnya mirip dengaan reseller, tetapi bedanya kamu tidak perlu menyimpan stok barang. Kamu sebagai dropshipper cukup menghubungi  produsen bila ada konsumen melakukan pembelian di kamu. Di bisnis ini kamu akan lebih berperan jadi perantara, tapi tenang cuan tetep oke kok.

5. Bisnis Makanan Ringan

Advertisement
ilustrasi bisnis makanan ringan/cr: SHVETS production from Pexels.com

ilustrasi bisnis makanan ringan/cr: SHVETS production from Pexels.com via https://www.pexels.com

Mau jalanin bisnis yang selalu banyak peminat? Ya bisnis F&B bisa jadi pilihan kamu, khususnya lagi bisnis makanan ringan. Kamu bisa jualan brownies, cookies, atau mungkin snack. Apalagi sekarang udah ada layanan e-ommerce, kamu bisa coba tuh jual produk makanan ringan buatan kamu ke e-commerce supaya bisa jangkau lebih banyak konsumen.

Nah, itu dia bisnis dengan modal kecil yang bisa kamu coba, kira-kira bisnis mana nih yang bakal segera kamu eksekusi? 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa jurusan manajemen salah satu kampus swasta di Jakarta yang lagi sibuk nyiapin skripsian

CLOSE