5 Inspirasi Balkon Rumah yang Nyaman dan Bikin Betah

Ide Desain Balkon Rumah Cantik

Buat yang sering nontonin TikTok pas lagi gabut, kalian pasti pernah lihat video orang-orang yang nunjukin balkonnya jadi tempat mereka work from home (WFH). PPKM yang diperpanjang terus bikin periode WFH juga jadi makin lama. Spot yang nyaman buat WFH emang ngaruh banget buat mood selama kerja.  Cuma belajar atau kerja di meja belajar di kamar emang kadang suka bikin burnout. Apalagi kalau kamu cuma sendirian.

Meeting video call dari pagi, ngerjain laporan, dan segala kerjaan yang bikin suntuk. Biar suasana hati lebih enak, belajar atau kerja di luar ruangan, tuh, emang ngebantu banget. Kena sinar matahari, angin sepoi-sepoi, sambil ngelihatin pemandangan di luar rumah bisa jadi sarana refreshing selama WFH atau sekolah online. Kalau kamu mau kerja, belajar, atau cuma sekadar nongkrong doang di balkon, jangan cuma pasang kursi makan dan meja ala kadarnya aja di balkon. Dengan dekorasi di sana-sini dan desain yang cantik, balkon rumah bisa jadi area kerja kamu yang baru, loh.

Banyak opsi yang bisa kalian lakuin. Mulai dari pilih furnitur yang kece dan nyaman, ngatur warna dinding balkon, bahan pelapis lantai, pencahayaan, sampai beragam dekorasi yang mendukung aktivitasmu selama di balkon. Udah punya ide mau ngejadiin balkon seperti apa? Yuk, yang udah siap punya personal space menyenangkan di rumah, Dekoruma udah ngumpulin lima inspirasi balkon rumah yang nyaman. Pastinya bakal bikin betah, deh, apapun yang kalian lakuin di balkon.

Advertisement

1. Sofa Nyaman, Coffee Table, Karpet, Tanaman Hias, dan Tampilan Cerah. Definisi Balkon Buat Kamu yang Kekinian

Sumber: Design Cafe

Sumber: Design Cafe via https://www.designcafe.com

Waktu pertama kali di bangun, bisa dibilang balkon itu salah satu bagian rumah yang paling polos. Warna dindingnya ngikutin warna dinding eksterior rumah dan ada railing besi untuk keamanan. Nah, jadinya balkon itu adalah kanvas buat kalian ubah jadi sesuai kemauan kalian. Biar terasa pewe dan menarik, kenapa enggak cat dinding balkon pakai warna yang terang kayak di foto. Terus, pasang sofa yang nyaman, coffee table, karpet, dan tanaman-tanaman hias koleksimu.

Suasananya jadi berasa kayak di ruang keluarga, tapi adem karena di luar ruangan. Kalian bisa kerja, belajar, atau sekadar santai-santai aja waktu lagi bosen. Yang perlu diperhatikan, furnitur berbahan kain kayak sofa, bantal, dan karpet perlu ditutupi dari hujan, ya, supaya enggak cepet rusak. 

Advertisement

2. Nyaman Untuk Semua Anggota Keluarga Dengan Sofa Teras. Bisa Buat Kerja, Bisa Buat Belajar, dan Bisa Buat Santai

Sumber: Archify

Sumber: Archify via https://www.archify.com

Kalau ukuran balkon kalian lumayan besar, kenapa enggak pasang aja sofa teras kayak foto di atas? Sofa teras berbentuk L dan lengkap sama mejanya juga. Sofa teras biasanya lebih nyaman lagi dari sofa biasa. Kalian bisa kerja di laptop sambil selonjoran atau power nap buat istirahat sebentar. Istirahat di sela-sela kerja itu penting, loh, dan terbukti meningkatkan fokus dan produktivitas.

Bukan cuma itu aja, balkon yang diubah jadi model lounge seperti ini juga bisa jadi tempat buat anggota keluarga lainnya beraktivitas. Kamu bisa belajar atau kerja bareng sama orangtua atau saudara sambil menikmati matahari dan udara luar yang seger. 

3. Tambahkan Meja dan Kursi Gemes di Balkon, Tanaman Hias Supaya Asri, dan Roller Blind Supaya Enggak Tampias dan Becek

Advertisement
Sumber: Qanvast

Sumber: Qanvast via https://qanvast.com

Balkon yang enak jadi tempat kerja atau tempat belajar setidaknya butuh benda-benda ini. Kursi atau sofa yang nyaman, meja buat naruh laptop, makanan, dan minuman, dan lampu yang memadai buat penerangan kalau kamu malem-malem di balkon. Tapi, jangan sampai kelupaan yang satu ini, roller blind atau tirai gulung.

Ini berguna banget buat ngelindungin kamu dari sinar matahari yang terik banget dan paling penting dari hujan. Males banget, kan, kalau kamu lagi asyik kerja atau belajar, terus ujan, dan tampias ke mana-mana. Furnitur dan lantai balkon jadi basah dan becek. Buat proteksi ekstra, kalian juga bisa pasang awning atau kanopi supaya masih bisa beraktivitas walaupun hujan. 

4. Dedikasi Balkon Buat Jadi Area Kerja Selama WFH. Pasang Kabinet atau Rak di Balkon? Kenapa Enggak?

Sumber: Design Cafe

Sumber: Design Cafe via https://www.designcafe.com

Udah terlanjur nyaman belajar atau kerja di balkon dan pengin menjadikan balkon area kerja semi-permanen? Kenapa enggak pasang kabinet atau rak aja. Kalian bisa nyimpen barang-barang yang berhubungan sama sekolah atau pekerjaan kayak buku, dokumen, atau berkas-berkas lain.

Jadinya akses lebih mudah dan kalian enggak perlu bolak-balik ke kamar buat ngambil barang-barang. Jenis raknya pun bisa macem-macem mulai dari kabinet bentuk credenza, rak dinding, atau rak buku. Yang pasti, raknya harus tertutup dan bisa dikunci. Supaya barang-barangnya enggak rusak kena panas dan hujan. Begitu juga, enggak gampang dicuri kalau misalnya penting dan berharga.

5. Nyaman Berayun-ayun di Atas Kursi Gantung di Balkon. Makin Kelihatan Mewah Karena Vinyl Motif Kayu pada Lantai Balkon

Sumber: Archify

Sumber: Archify via https://www.archify.com

Lihat kursi gantung yang di foto? Itu salah satu furnitur yang identik banget sama kursi buat ditaruh di balkon. Selain empuk dan nyaman, seru banget berayun-ayun waktu duduk di kursi kayak gitu. Jadi enggak bosen waktu lagi duduk pas kerja atau ngerjain tugas. Meng-upgrade balkon di rumah juga berarti bikin lantainya jadi makin menarik pakai material-material tertentu.

Misalnya, rumput sintetis buat tampilan yang lebih alami, tapi beberapa orang enggak suka karena terasa gatel di kaki. Rekomendasinya adalah vinyl dengan motif kayu buat tampilan yang warm and cozy. Bikin waktu nongkrong di balkon jadi nyaman dan menyenangkan. 

Kece, kan, desain-desain balkon yang udah dikumpulin di atas? Merenovasi balkon sebenernya enggak terlalu susah dan bisa dilakuin sendiri. Cuma, buat hasil yang maksimal kenapa enggak minta bantuan profesional dari jasa desain rumah, bukan? 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE