5 Inspirasi Dekorasi Oriental untuk Sambut Tahun Kerbau yang Penuh Rejeki

Dekorasi imlek di rumah

Perayaan tahun baru Imlek tahun ini jatuh pada 12 Februari untuk memperingati tahun 2572 Kongzili. Tahun ini adalah tahun kerbau logam yang artinya penuh dengan ramalan tentang perkembangan karier, keuangan, kesehatan, dan percintaan yang positif, lho! Meski hari perayaannya sudah lewat, menghadirkan dekorasi ala oriental bisa jadi membawa suasana baru dalam rumah. Bahkan pada dekorasi tertentu mempunyai makna seperti mendatangkan energi positif hingga rezeki dalam rumah.

Desain interior rumah yang bergaya oriental juga punya daya tarik tersendiri untuk bikin suasana rumah beda dengan yang lain. Simak lima inspirasi dekorasi Imlek berikut ini, yuk. Supaya kamu bisa lihat perpaduan gaya oriental dengan interior modern yang bikin ruangan di rumah punya tampilan yang lebih menarik.

Advertisement

1. Aksen ruangan bergaya oriental yang stand Out. Jadikan lampion buat lampu gantung di rumah

Photo by Architectural Digest

Photo by Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Lampion adalah salah satu hiasan Imlek yang paling sering ada. Hiasan gantung ini biasanya berwarna merah, punya ornamen khas Tiongkok dan tulisan Bahasa Mandarin. Bukan cuma jadi hiasan selama Imlek, kamu bisa jadikan lampion untuk jadi sumber penerangan utama atau tambahan di rumah.

Selain warna merah, furnitur sekarang udah punya banyak variasi dari lampu lampion. Nggak harus berwarna merah, lampu lampion terdiri dari banyak warna, bentuk, dan ukuran. Lampion bakal jadi aksen yang menarik banget dan stand out di antara furnitur-furnitur lain. 

Advertisement

2. Dipercaya mampu mengundang hoki dan cuan. Tanaman bambu hoki yang estetik dan mudah dirawat

Photo by The Spruce

Photo by The Spruce via https://www.thespruce.com

Tanaman bambu berukuran kecil yang bisa tumbuh di pot ini sudah jadi salah satu primadona di kalangan pecinta tanaman. Meski begitu, bambu hoki juga melambangkan keberuntungan dan kemakmuran yang diharapkan di setiap tahun baru Imlek.

Maka dari itu, nggak ada salahnya menjadikan ini sebagai salah satu koleksi tanaman indoor di rumah. Merawatnya relatif lebih gampang daripada tanaman lain karena bambu hoki nggak butuh terlalu banyak air dan sinar matahari langsung. Mungkin bisa ditaruh di atas meja rias atau meja samping tempat tidur.

3. Serasa makan di restoran Cina setiap hari. Sulap ruang makan jadi bergaya oriental dengan menambahkan elemen-elemen Esensial

Advertisement
Photo by Unique Luxury Travel

Photo by Unique Luxury Travel via https://www.uniqueluxury.travel

Selain dekorasinya, imlek juga terkenal dengan sajian makanan-makanan chinese food yang kelezatannya udah enggak perlu diragukan lagi, ya. Biasanya dalam perayaan imlek, alat-alat makan yang dipakai bernuansa oriental dengan motif ukiran warna biru dan putih atau merah dan putih khas Tiongkok.

Ubah ruang makanmu jadi serasa di restoran Cina dengan menambahkan elemen-elemen yang familiar. Misalnya, meja putar di tengah meja makan bundar, alat makan dan taplak meja bermotif oriental, atau ornamen seperti guci atau pajangan dengan nuansa Tionghoa.

4. Romantis dan dramatis banget! Partisi dan kolom berbentuk moon gate yang bikin ruangan di rumah jadi cantik

Photo by Contemporist

Photo by Contemporist via https://www.contemporist.com

Buat kalian yang belum tahu, moon gate adalah gerbang masuk yang biasanya ditemukan di taman tradisional Tiongkok yang berbentuk bulat. Makanya, dinamakan moon gate atau gerbang bulan karena punya makna spiritual dari bentuknya yang seperti bulan di musim panas dan penempatan keramik di gerbangnya.

Awalnya gerbang jenis ini dipakai di luar ruangan, tapi diadopsi oleh desainer interior untuk jadi aksen partisi atau kolom yang bikin penampilan rumah jadi unik dan dramatis. Partisi jenis ini sering dipakai di kamar tidur atau pemisah antara ruang keluarga dan ruang makan. 
 

5. Indah, mewah, dan secara instan menghidupkan ruangan. Pasang lukisan bernuansa oriental sebagai centerpiece ruangan

Photo by Writer & Residence

Photo by Writer & Residence via https://www.thewriterandresidence.com

Lukisan khas Tiongkok yang bernuansa oriental adalah salah satu bentuk karya seni yang populer untuk dipasang di rumah. Dengan warna-warnanya yang menyala seperti merah muda, biru muda, atau warna yang melambangkan keberuntungan dan dipakai dalam perayaan Imlek, emas.

Gambarnya biasanya merupakan elemen-elemen yang bernuansa Cina seperti bunga teratai, bangau, pohon bunga Mei Hwa (yang merupakan bunga khas Imlek), atau kehidupan tradisional masyarakat Tionghoa. Sangat cantik dan cocok banget buat jadi centerpiece di ruang keluarga, ruang makan, atau ruang kerja di rumah. 

Keren dan estetik banget, kan? Interior berdesain oriental yang memasukkan unsur-unsur dekorasi Imlek ternyata fleksibel banget dan bisa dikombinasikan sama gaya desain interior lain yang lebih modern. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE