5 Inspirasi Desain Dapur Sederhana Bentuk Huruf L

Ide Desain Dapur Letter L Sederhana Cantik

Di mata orang awam mungkin belum banyak yang sadar kalau penataan dapur, terutama kitchen set punya bentuknya tersendiri. Bentuk dapur sendiri biasanya ditentukan mengikuti beberapa faktor dari ruangan yang dijadikan dapur di rumah. Salah satu yang paling berpengaruh adalah ukuran dapur.

Seberapa besar atau kecilnya dapur akan banyak berpengaruh sama bagaimana kitchen set didesain dan diposisikan. Dapur yang besar mungkin bisa didesain dengan kitchen set berbentuk huruf U yang berarti melingkari semua sisi dapur. Ditambah lagi meja bar atau kitchen island di tengah karena ruangan yang luas.

Sementara buat dapur pada rumah mungil yang ukurannya enggak terlalu besar, layout dapur perlu diperhatikan lebih saksama supaya dapur enggak malah jadi terasa sesak dan enggak nyaman karena pemilihan layout yang kurang cocok sama ukuran fisik dapur.

Buat dapur yang ukurannya mungil, layout seperti single wall, galley, atau L-shaped atau yang bentuknya kayak huruf L bakal lebih pas. Bentuk seperti ini enggak terlalu banyak makan tempat, tapi dapur masih terasa lengkap dan lega juga saat digunakan.

Apalagi dapur berbentuk huruf L yang bentuknya memanfaatkan siku ruangan yang menambah kapasitas permukaan konter sebagai meja kerja selama di dapur dan furnitur yang bisa ditaruh di atasnya, kayak kabinet, laci, rak dapur, dan ruang penyimpanan di dapur secara umum.

Meskipun mengusung desain interior yang sederhana dan minimalis, dapur berbentuk huruf L bisa bikin aktivitas sehari-hari di dapur jadi lebih efektif, leluasa, dan menjaga dapur tetap rapi. Dekoruma punya lima inspirasi dapur sederhana bentuk huruf L yang bisa ditiru buat dapur minimalis pada hunian.

Advertisement

1. Simpel, Rapi, dan Terang. Dapur Bentuk Huruf L Berdesain Japandi Natural Yang Terlihat Segar dan Menawan

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Mengusung desain interior Japanese-Scandinavian (Japandi) Natural, dapur berbentuk L-shaped ini kelihatan fungsional, rapi, tapi tetap menawan. Kitchen set menggunakan material kayu cokelat muda dengan tekstur alami kayu yang semakin memperkuat kesan natural-nya. 

Kemudian, permukaan konter menggunakan warna putih dengan tambahan subway tiles untuk backsplash yang terlihat semakin minimalis dan modern. Mengingat ukuran dapur yang enggak terlalu besar, pemilik rumah memutuskan memasang kabinet dinding dapur yang lebih kecil supaya enggak terlalu menghalangi pandangan.

Advertisement

Dibantu sama jendela besar di kanan dapur dan lampu LED di bawah rak sebagai aksen pencahayaan tambahan, dapur berbentuk huruf L ini bakal nyaman digunakan oleh pemilik rumah.

2. Perpaduan Putih dan Kayu Cokelat Muda Pada Dapur Huruf L Minimalis. Ada Aksen Menarik Pada Permukaan Konternya, Loh!

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Masih mempertahankan warna netral yang terang dan alami, dapur L-shaped yang satu ini terlihat seperti dapur mungil yang fungsional dan minimalis pada umumnya. Laci, rak, dan kabinet menggunakan kayu, dengan tambahan warna putih untuk pintu kabinet dinding. 

Advertisement

Pemilik rumah juga memakai subway tiles untuk melapisi backsplash dapur. Namun, yang bikin dapur bentuk L ini jadi lebih spesial adalah penggunaan lapisan permukaan konter yang seperti keramik teraso. 

Terlihat dari bintik-bintik berwarna-warni khas keramik teraso yang memberikan aksen yang berkarakter, tapi enggak terlalu berlebihan dan masih mempertahankan tampilan yang minimalis dan fungsional.

3. Permainan Warna dan Struktur Supaya Dapur Sederhana Bentuk Huruf L Jadi Lebih Kelihatan Menarik dan Berkarakter

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Buat kamu yang suka warna-warna cerah pada dapur, inspirasi yang satu ini bisa jadi contoh. Tentunya, mata kamu langsung tertuju sama kabinet, rak dinding & ambalan dua tingkat warna lime green yang trendi dan cantik. Lebih lanjut, penggunaan corak kayu pada laci dan rak dapur juga menggunakan warna cokelat yang lebih pekat.

Begitu pula kulkas warna biru yang semakin membuat dapur berwarna. Sisanya, warna putih mendominasi dinding dapur dan yang enggak kalah menarik, pilar lengkung yang jadi aksen struktural yang bikin dapur sederhana jadi lebih keren dan berkarakter.

4. Sederhana dan Monokromatik. Dapur Huruf L Serba Hitam Putih Yang Menarik. Lengkap Dengan Aksen Mosaik Pada Backsplash

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Dapur minimalis dengan tampilan klasik seperti ini selalu jadi favorit banyak orang dan tak lekang oleh waktu. Dapur jadi tetap terasa luas, terang, dan bersih. Semua kabinet, laci, rak, bahkan dinding dan lantai menggunakan warna putih yang identik banget sama tampilan monokromatik yang minimalis. 

Kemudian, permukaan konter, meja dan kursi makan menggunakan warna hitam. Supaya enggak membosankan dan lebih berkarakter, pemilik rumah menghias backsplash dapur hitam putih ini dengan motif mosaik bunga yang juga berwarna hitam dan putih. Jadi ngegemesin banget, deh!

5. Dapur Boleh Mungil dan Sederhana, Tapi Material Berkelas Bikin Dapur Bentuk Huruf L Ini Tetap Kelihatan Elegan dan Menawan

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Sekilas, dapur berbentuk huruf L ini kelihatan seperti dapur sederhana dan minimalis pada umumnya. Mungkin sedikit terasa lebih megah karena penggunaan kabinet dinding dua tingkatnya. Namun, dari pemilihan warna yang netral dan layout-nya, ini adalah dapur yang fungsional dan nyaman.

Cuma, kalau kalian jeli, permukaan konter menggunakan lapisan bermotif granit hitam yang kasih tampilan elegan dan menawan, tapi tetap simpel. Ditambah lagi, ragam keramik abu-abu dengan berbagai corak yang dipakai untuk melapisi backsplash semakin membuat dapur berkarakter.

Jendela besar di sebelah kanan dapur juga membantu memberikan pencahayaan alami yang berguna bikin dapur terasa lebih luas dan terang. 

Enggak ada salahnya meminta opini profesional dari desainer interior buat menentukan desain dapur L-shaped seperti apa yang tepat buat dapur di rumahmu. Cari jasa desainer interior di kota tempat tinggalmu yang mungkin punya spesialisasi dalam membuat kitchen set, misalnya desainer interior spesialis kitchen set Jakarta, kitchen set Bandung, Surabaya, atau Bali.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE