5 Inspirasi Desain Dapur Terbuka

Ide Model Dapur Terbuka

Pernah ada yang bilang kalau dapur yang bagus dan lengkap bikin hasil masakannya jadi lebih enak. Percaya enggak sama omongan itu? Boleh percaya, boleh enggak, pastinya dapur sekarang ini udah bukan jadi tempat masak makanan doang. Ada yang bilang kalau dapur juga jadi jantung rumah.

Ini karena dapur yang kadang nyambung ke ruang makan bertransformasi jadi tempat kumpul keluarga, ngobrol, dan bercengkerama. Mulai dari masak bareng, lanjut makan bersama. Dapur jadi simbol tempat yang hangat dan penuh cinta di rumah.

Hal ini bikin desain interior dapur jadi jauh lebih diperhatikan dibanding sebelumnya. Dapur yang indah, lengkap, dan memadai bikin memasak jadi lebih nyenengin. Konsep yang lagi digandrungin saat ini adalah konsep open kitchen.

Open kitchen sendiri ada beberapa definisinya. Dimulai dari open kitchen di restoran. Yang mana pengunjung bisa melihat isi dapur restoran itu. Jadi, kamu bisa lihat proses masak dari para chef.

Kalau buat di rumah, open kitchen itu saat enggak ada terlalu banyak sekat di dapur rumah. Dapur suasananya terbuka, biasanya terhubung langsung sama ruang makan di samping atau depannya, atau juga terhubung langsung sama ruang keluarga. Konsep open space ala rumah-rumah kekinian. 

Selain itu juga, open kitchen atau dapur terbuka di rumah juga bisa diartikan sebagai dapur yang terbuka langsung ke area luar rumah, kayak yang udah dirangkum di bawah ini. Bisa ke kolam renang, taman belakang, atau teras.

Ini asyik banget karena rumah jadi terasa terbuka, luas, penuh udara segar dan cahaya matahari. Dekoruma udah siapin lima inspirasi dapur terbuka yang keren-keren, nih. Coba dilihat siapa tahu pengin ditiru di tempat tinggalmu.

Advertisement

1. Nuansa Modern Tropis Ala Villa di Bali. Terasa Rileks dan Kayak Liburan Setiap Hari dengan Dapur di Pinggir Kolam Renang

Sumber: Contemporist

Sumber: Contemporist via https://www.contemporist.com

Layout seperti ini sering kita lihat di hunian bergaya modern tropis. Salah satunya kayak villa-villa yang ada di Bali. Sembari anak-anak berenang di kolam renang, para orang dewasa menyiapkan makanan di dapur sambil mengobrol. Semakin mendekatkan hubungan antar keluarga.

Kitchen set, kabinet, rak dinding, peralatan dapur dibuat modern dan lengkap seperti dapur pada umumnya buat hasil yang maksimal. Ditambah meja dan kursi bar supaya penghuni rumah bisa makan sambil menikmati pemandangan kolam renang.

Advertisement

Tak lupa, tambahan taman vertikal di depan kolam renang untuk suasana yang lebih asri. Baik di area kolam renang maupun dapur.

2. Area Dapur dan Ruang Makan yang Nyambung Langsung ke Halaman Belakang. Terasa Nyaman, Alami, dan Segar. Cocok Buat Ngumpul Bareng Keluarga Besar

Sumber: InteriorZine

Sumber: InteriorZine via https://www.interiorzine.com

Pemilik rumah menggunakan kitchen set dan ruang makan serba kayu di rumah ini. Nuansanya pun tetap modern, minimalis, namun lebih hangat dan nyaman. Begitu juga dengan pemilihan meja dan kursi makan yang terbuat dari kayu. 

Advertisement

Hadirnya aksen lampu gantung berwarna putih dan lantai tegel memberikan suasana yang lebih trendi di area dapur dan ruang makan ini.

Lalu, tentunya akses langsung ke halaman belakang yang asri dengan pintu kaca yang tingginya sama dengan seluruh lantai satu rumah. Membiarkan cahaya matahari dan udara segar masuk buat suasana makan semakin nikmat. Waktu lagi kumpul-kumpul, para orangtua yang lagi di dapur atau ruang makan masih bisa mengawasi anak-anak yang bermain di taman belakang.

3. Nikmati Pemandangan Spektakuler Setiap Masak. Dapur Buat Villa di Pegunungan, Asri, Mewah, dan Menakjubkan

Sumber: Home Design Lover

Sumber: Home Design Lover via https://homedesignlover.com

Kalau kamu punya rumah atau villa di pegunungan seperti di daerah Sentul, Bogor, Puncak, Bandung, atau Malang, kenapa enggak manfaatkan pemandangan spektakulernya buat jadi “dekorasi” di dapur? Posisikan dapur di depan balkon yang pintu dan jendelanya bisa terbuka semua.

Hasilnya, ada pemandangan yang menakjubkan setiap kalian masak dan makan. Belum lagi, suasananya yang jadi lebih adem tanpa perlu AC karena lokasinya yang di pegunungan. Dapur yang berdesain interior modern dengan latar belakang yang asri seperti ini jadi daya tarik utama dari rumah. 

4. Punya Area Teras yang Cukup Luas di Samping Dapur? Jadikan Area Ruang Makan Outdoor Buat Jadi Tempat Kumpul yang Lebih Terbuka

Sumber: Home Design Lover

Sumber: Home Design Lover via https://homedesignlover.com

Teras di bagian samping atau tengah dapur (courtyard) bisa dijadikan area ruang makan outdoor ala-ala kafe. Setiap makan atau duduk di situ, kalian akan terhibur sama suasana asri dari taman di sekitar teras dan melimpahnya cahaya matahari. 

Pasang meja makan yang ukurannya besar supaya bisa menampung banyak orang. Area outdoor seperti ini memang cocok untuk menjamu banyak orang. Akses dari dapur pun juga dekat dan makanan yang baru dimasak bisa dengan mudah dibawa ke teras. 

5. Jadi Tuan Rumah Terbaik di Antara Teman dan Keluarga. Pasang Panggangan BBQ di Teras Samping Dapur Buat Acara Kumpul Makin Spesial

Sumber: House Beautiful

Sumber: House Beautiful via https://www.housebeautiful.com

Selain jadi area makan outdoor, buat suasana jadi lebih menyenangkan di teras samping dapur dengan menambahkan pemanggang BBQ. Bukan cuma makanan yang disiapkan dari dapur, kalian juga bisa manggang steak, seafood, sayuran, dan makanan khas BBQ untuk acara-acara khusus.

Misalnya tahun baru, ulang tahun, atau buat sekadar ngumpul-ngumpul bareng keluarga dan sahabat. Seperti di gambar, kalian juga bisa nambahin taman vertikal dengan tanaman warna-warni untuk bikin suasananya makin asri dan menyenangkan. 

Seru banget, kan, punya dapur dengan konsep terbuka kayak gini? Semuanya jadi terasa luas, bebas sekat, dan semua orang bisa beraktivitas di dapur dan area di sebelahnya dengan leluasa. 

Berencana mengubah dapur jadi berdesain terbuka? Sebaiknya konsultasikan dan minta bantuan kepada jasa desain rumah buat hasil yang maksimal dan berkualitas, ya. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE