5 Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis Type 36

Ide Desain Ruang Tamu Minimalis Tipe 36

Rumah tipe 36, yang artinya rumah yang punya luas bangunan 36 meter persegi mungkin kedengaran kurang menarik. Eits! Tapi jangan salah, rumah tipe 36 jadi salah satu alternatif yang layak dipertimbangkan buat kamu yang lagi cari rumah tapak (landed house) dengan budget terbatas, loh.

Rata-rata, rumah tipe 36 dibanderol dengan harga kurang dari satu milliar rupiah. Bahkan di beberapa daerah yang agak jauh dari pusat kota atau perumahan yang disubsidi sama pemerintah, rumah tipe 36 bisa kamu dapetin dengan harga kurang dari Rp500 juta!

Kalau kamu ngerasa nyewa rumah kontrakan atau apartemen malah membuang-buang uang, coba pertimbangkan mengambil rumah tipe 36. Cicilan per bulannya mungkin bisa sama atau bahkan lebih murah daripada sewa bulanan kontrakan atau apartemen.

Melihat spesifikasi dan tata ruangnya, rumah tipe 36 bisa dikatakan sebagai rumah paling standar yang tetap layak untuk ditinggali. Setidaknya masih lebih besar dari rumah tipe 21 atau 30, dengan susunan dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan area utama serbaguna tempat ruang tamu, dapur, dan ruang makan.

Meskipun luas ruangannya terbatas, bukan berarti interior rumah tipe 36 enggak bisa tampil cantik dan menarik. Cuma dengan beberapa trik dan prinsip desain interior yang mumpuni, ruang tamu yang sering kali juga berfungsi sebagai ruang keluarga pada rumah tipe 36 juga bakal tampil keren.

Dekoruma punya lima inspirasi ruang tamu bergaya modern dan minimalis untuk kamu pemilik rumah tipe 36. Mungkin juga, kamu tinggal di apartemen yang ukurannya tidak jauh beda dan lagi mencari referensi buat ruang tamu atau ruang keluarga yang nyaman dalam ruang yang terbatas.

Advertisement

1. Ruang Tamu Minimalis yang Juga Ruang Makan. Maksimalkan Area Utama Rumah Tipe 36 Agar Enggak Terbuang Percuma

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Dengan ukuran yang terbatas, area tinggal utama rumah tipe 36 akan bercampur semua. Dapur, ruang makan, dan ruang keluarga yang juga jadi ruang tamu. Buat ruang tamunya sendiri, pertahankanlah konsep minimalis dan pasang furnitur yang bener-bener penting. 

Sofa minimalis dua tempat duduk, nakas kecil, dan tanpa coffee table untuk menghemat ruang. Lalu, pasang rak TV minimalis serta dua ambalan di atas sofa dan rak TV buat menaruh dekorasi.

Advertisement

Terlihat juga gimana rak TV punya ketinggian dan memakai material yang sama dengan bangku meja makan yang tepat berada di samping ruang tamu. Kalau tamu yang datang cukup banyak, meja dan kursi makan bisa dijadikan tempat duduk tambahan.

2. Tambahkan Aksen Warna Dinding yang Cerah. Meskipun Kecil, Ruang Tamu Minimalis Rumah Tipe 36 Enggak Boleh Membosankan

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Masih dengan formula yang sama, kunci dari ruang tamu minimalis buat rumah tipe 36 yang nyaman dan terasa lega adalah pemilihan furnitur yang esensial. Bedanya dari yang sebelumnya, pemilik rumah mengecat dinding biru muda sebagai aksen. 

Hasilnya, area tinggal enggak tampak monoton karena ada aksen yang ceria. Selain rak TV, ambalan, coffee table, dan meja makan dari kayu, konter dapur dan kursi kursi makan juga hadir dalam warna biru yang senada dengan dinding. Menambah karakter yang cerah bahkan sampai ke ruang tamu.

Advertisement

3. Furnitur Juga Enggak Boleh Ketinggalan. Kreasikan Furnitur dengan Berbagai Model dan Warna. Ruang Tamu Jadi Lebih Berkarakter

Sumber: HGTV

Sumber: HGTV via https://www.hgtv.com

Permainan warna, motif, dan tekstur juga bisa diteruskan ke furnitur ruang tamu seperti ini. Sofa beludru warna biru tua dengan bantal sofa yang ramai, kursi berlengan, kursi modern dari kulit, serta coffee table bulat dengan finishing emas yang eklektik dan menawan.

Pemilik rumah juga menambahkan karpet bergaris vertikal. Sebagai informasi, karpet ini enggak cuma buat dekorasi aja, loh. Pemilihan garis vertikal dari arah sofa akan memberikan efek ruangan yang lebih besar dari ukuran sebenarnya. Penting buat ruang tamu yang terbatas di rumah tipe 36.

4. Semakin Menghemat Ruang Berkat Furnitur Multifungsi. Wajib Ada di Ruang Tamu Rumah Tipe 36 Biar Praktis dan Ringkas

Sumber: lovePROPERTY

Sumber: lovePROPERTY via https://www.loveproperty.com

Yang enggak kalah penting, furnitur multifungsi yang bisa semakin menghemat ruang di ruang tamu dan area tinggal. Selain pemilihan furnitur yang dinamis dan tidak bersudut di ruang tamu ini, terlihat juga di sebelah sofa dan coffee table, ada unit rak yang punya meja yang bisa ditarik.

Bagian rak dan laci tentunya bisa jadi tempat penyimpanan dan tempat menaruh aneka dekorasi yang bikin ruang tamu jadi semakin cantik. Sementara itu, meja yang bisa ditarik bisa jadi meja makan kecil atau meja kerja. Kalau lagi enggak dipakai, meja tinggal dimasukkan lagi dan kamu punya ruang gerak yang lebih leluasa.

5. Halaman Rumah Tipe 36 Juga Biasanya Terbatas. Taruh Tanaman Hias di Ruang Tamu Sebagai Tambahan Dekorasi yang Segar dan Adem

Sumber: HGTV

Sumber: HGTV via https://www.hgtv.com

Keterbatasan lain yang sering kali dirasakan pemilik rumah tipe 36 adalah ukuran halaman rumah yang juga kecil. Agak sulit dan canggung buat menanam banyak tanaman di halaman yang kapasitasnya enggak terlalu besar. Solusinya, kalian bisa memasang koleksi tanaman hias di ruang tamu kayak gini.

Ruang tamu jadi punya tambahan dekorasi yang kasih efek segar. Apalagi dengan penggunaan lantai kayu dan karpet rotan kayak gini, tanaman hias semakin memperkuat nuansa alami di ruang tamu. Kalian bisa taruh tanaman di dalam pot atau dibiarkan menjuntai ke bawah dari rak buku seperti gambar di atas.

Walaupun enggak terlalu besar, jangan segan buat meminta bantuan dari jasa desain rumah terpercaya buat mendekorasi ruang tamu rumah tipe 36. Justru, keahlian profesional bisa mengatasi keterbatasan ruang ini, kan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE