5 Inspirasi Foyer Rumah Mewah yang Bikin Semua Tamu Terpesona

Ide Desain Foyer Rumah Elegan

Waktu danger kata foyer apa yang terlintas di pikiran kalian? Secara pengertian, foyer sendiri adalah aula yang pertama kali dimasuki seseorang ke dalam sebuah bangunan. Ini biasanya yang kalian temuin kalau ke hotel bintang lima atau teater pertunjukkan yang mewah.  

Pertama kali masuk, kalian akan berada di lobi yang luas, dihiasi pilar-pilar, lukisan, karya seni, dekorasinya mewah dengan lampu gantung kristal, grand staircase, dan dekorasi yang serba berkilau.

Nah, tapi bukan cuma di hotel berbintang atau bangunan berukuran besar aja, foyer juga ada di rumah-rumah yang luas bangunannya besar dan desainnya mewah. Jadi, beda seperti rumah kebanyakan yang ketika masuk langsung ruang tamu, foyer di rumah jadi ruangan yang menyambut pemilik rumah dan tamu waktu dateng.

Bisa dibilang fungsi foyer lebih untuk estetika, terutama buat bikin tamu yang dateng ke rumah kagum sama kemewahan foyer ketika pertama kali masuk ke rumah. Selain itu, sepertinya enggak ada fungsi lain dari foyer.

Makanya, rumah dengan foyer idealnya memang ukurannya harus gede dan biasanya untuk mereka yang masuk ke dalam kelompok menengah ke atas dengan gaya hidup yang juga cenderung mewah. Tapi, nggak menutup kemungkinan juga untuk rumah kecil memiliki foyer di dalamnya.

Buat kalian yang pengin berkhayal tentang foyer impian kalian di masa depan atau punya kemampuan finansial untuk membangun rumah dengan foyer, Dekoruma punya lima inspirasi foyer di rumah mewah yang bakal ngelakuin tugasnya dengan sempurna, bikin tamu kagum dan terpesona. 

Advertisement

1. Enggak Ada Kemewahan yang Lengkap Tanpa Grand Piano. Pajangan dan Alat Musik Klasik yang Jadi Simbol Kemewahan

Sumber: House Beautiful

Sumber: House Beautiful via https://www.housebeautiful.com

Banyak barang yang jadi simbol kemewahan di rumah dan salah satunya adalah grand piano. Menariknya, orang-orang yang punya grand piano belum tentu bisa main piano, loh. Terkadang orang-orang yang memang punya uangnya cuma beli grand piano buat pajangan. Enggak kaleng-kaleng.

Seperti foto ini yang mana grand piano jadi pajangan di foyer. Begitu masuk, tamu langsung disuguhi pemandangan grand piano yang mengilap di samping tangga. Oh iya, foyer biasanya juga jadi lokasi tangga buat naik ke lantai dua.

Advertisement

Selain grand piano sebagai pusat perhatian, pemilik rumah juga nambahin area duduk dengan kursi sofa di sebelahnya, tirai, lukisan, dan karpet warna putih gading, bikin suasana makin mewah dan elegan.

2. Kemewahan Absolut Foyer Buat Gaya Hidup Sultan. Ruang Penyimpanan Khusus Wine (Wine Room) di Bawah Tangga yang Impresif

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Hunian para sultan dan orang-orang yang uangnya enggak berseri selalu punya sesuatu yang menarik. Enggak terkecuali yang satu ini, yang mana ada ruang khusus penyimpanan wine di foyer rumah. 

Advertisement

Wine cellar di basement rumah mewah emang udah enggak asing lagi, tapi wine room di foyer atau biasanya di dekat ruang makan atau dapur jadi salah satu tren baru buat hunian ultra mewah.

Enggak heran karena minum wine udah jadi bagian dari gaya hidup buat orang-orang menengah ke atas. Ruang di bawah tangga yang biasanya dimanfaatin jadi lemari atau kabinet rak sepatu disulap jadi ruangan buat menyimpan dan memajang koleksi wine-nya. Definisi kemewahan yang sesungguhnya.

3. Cermin Besar dan Karya Seni. Kombinasi Klasik Dekorasi Foyer yang Tak Lekang Oleh Waktu dan Selalu Efektif Hadirkan Kesan Mewah dan Elegan

Sumber: Architecture Art Designs

Sumber: Architecture Art Designs via https://www.architectureartdesigns.com

Buat desain foyer yang lebih sederhana, tapi tetep berasa mewah dan elegannya, combo ini sering jadi pilihan buat foyer yang mengundang. Pasang cermin berukuran besar di lantai atau dinding. Misalnya cermin bundar besar kayak gini. Kamu juga bisa pasang credenza buat aksen dan tempat dekorasi tambahan.

Di sisi lain, pasang karya seni seperti lukisan atau instalasi seperti yang di gambar. Kalau bisa yang warnanya ngejreng dan menarik mata orang yang masuk ke foyer. Enggak lupa karpet dengan desain menarik buat mengikat semua dekorasi jadi satu.

Dekorasi seperti ini bisa dibilang interpretasi yang lebih modern dari foyer, kontras sama desain foyer klasik yang ada di poin berikutnya. 

4. Memusatkan Perhatian Kepada Centerpiece di Tengah Foyer. Lampu Gantung dan Meja Foyer Berdesain Mewah dan Menarik

Sumber: Architectural Digest

Sumber: Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Nah, sementara itu desain foyer yang seperti ini bisa dibilang desain foyer yang lebih konvensional dan klasik. Ini juga bisa kalian temuin di foyer hotel mewah. Pasang meja foyer di tengah buat jadi centerpiece yang pertama. Mejanya biasanya juga punya desain yang mewah dan menarik.

Kayak meja yang di foto dengan meja kaca yang punya kaki warna emas. Di atas meja, taruh dekorasi lain seperti vas bunga, aneka pajangan, dan ornamen buat menambah kesan mewah.

Setelah itu, jangan lupa pasang lampu gantung tepat di atas meja itu. Pilihan yang klasik dan mewah masih lampu gantung kristal, tapi mulai banyak pilihan desain lampu gantung yang lebih modern dan kontemporer seperti yang di foto.

5. Kemewahan Modern dari Desain Interior Ultra Kontemporer. Mempertahankan Tampilan Minimalis dengan Dekorasi Simpel Nan Elegan

Sumber: Architectural Digest

Sumber: Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Inspirasi dari poin-poin sebelumnya bisa dibilang masih cukup normal buat sebuah foyer, tapi desain yang satu ini punya daya tarik tersendiri. Desain ultra kontemporer yang justru enggak terlalu banyak dekorasi dan ornamen. Suasananya mirip di galeri seni modern yang mewah.

Didominasi warna putih dan abu-abu, daya tarik utama ada pada karya seni di tengah ruangan yang warnanya merah menyala. Udah pasti setiap mata orang yang masuk bakal langsung tertuju ke sana.

Ada juga seni tipografi di sebelah kiri dan instalasi seni di sebelah kanan yang juga tetap bersahaja. Bener-bener simpel dan elegan, meskipun enggak banyak dekorasi di foyer

Foyer yang indah dan mewah enggak terjadi begitu aja, butuh perencanaan dan pembangunan yang melibatkan banyak orang, terutama desainer interior, bahkan sampai dekorator. Maka itu, kalau kamu mau membangun foyer di rumah dengan hasil yang sempurna, pastikan untuk memakai jasa desain rumah terbaik buat merealisasikannya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE