Memberikan hadiah untuk orang - orang yang dikasihi tentu saja sepertinya sudah mendarah daging untuk seluruh orang di dunia. Tidak berbeda pula dengan orang Indonesia, pada hari - hari penting dalam hidup seseorang seperti ulang tahun, wisuda, valentine's day, ulang tahun pernikahan, promosi jabatan, serta hari - hari penting lainnya pasti seseorang tersebut akan diberikan hadiah oleh orang yang menyayangi.

Namun, ketika ide sudah mentok alias bingung ingin memberikan hadiah seperti apa dan kantong sangat tipis untuk menganggarkan pembelian hadiah yang mahal, membuat sendiri hadiah itu bukanlah hal yang salah, apalagi hadiah tersebut memiliki nilai sentimen tersendiri untuk orang yang diberikan. Sang "calon" penerima hadiah juga pasti akan merasa sangat senang dan terharu apabila hadiah yang diberikan merupakan hadiah yang dibuat sendiri oleh sang pemberi. Berikut ini adalah beberapa ide hadiah yang mudah untuk dibuat sendiri dan pastinya akan bernilai tinggi untuk orang tersayang kalian. 

1. Hanya berbekal toples, kertas, tali, dan pulpen kamu bisa memberikan hadiah yang membuat seseorang tersenyum!

365 Message Jar

365 Message Jar via https://www.etsy.com

365 Message Jar adalah sebuah toples yang berisikan kertas yang digulung atau dilipat rapi dan pada kertas itu dituliskan pesan – pesan yang ingin disampaikan oleh sang pemberi kepada sang penerima. Tidak melulu harus berisikan pesan – pesan cinta, pesan yang disampaikan bisa juga kata – kata penyemangat, kata – kata rasa syukur, dan hal lainnya. Cara main untuk sang penerima adalah sang penerima hanya diperbolehkan membuka 1 kertas setiap harinya selama setahun.

Cara membuatnya cukup mudah, barang yang perlu dipersiapkan adalah kertas, toples, pita / tali, dan pulpen. Hal yang perlu dilakukan hanyalah menulis pesan – pesan di kertas (atau bisa diprint jika ingin lebih rapi). Lalu menggulung atau melipat kertas dan masukkan ke dalam toples. Berikan judul pada luar toples berisi apakah kertas – kertas di dalam toples tersebut, semakin kreatif semakin bagus (misal: Buka aku ketika kamu bersedih!). Jangan lupa hias toples agar semakin terlihat menarik!

2. Exploding Box berisikan foto kenangan atau bisa diselipkan snack mini pada sisi – sisinya.

Exploding Box

Exploding Box via https://id.pinterest.com

Advertisement

Explosion Box?! Kotak Meledak?! Jadi kotaknya waktu dibuka akan meledak?!

wah tenang aja, ini bukan kotak meledak yang berbahaya kok. Istilah explosion box ini maksudnya buat mendeskripsiin kalo sisi kotaknya ini dibuat sedemikian rupa jadi ketika kita buka tutup dari kotak ini, seakan -akan kotaknya akan meledak. Hadiah ini cocok banget dibuat untuk hadiah ulang tahun, hadiah wisuda, bahkan anniversary. Isi dari kotak juga bermacam – macam tergantung dari kreatifitas dan kebutuhan.

Karena kotak ini dibuat sendiri, maka kita bisa menyesuaikan isi dari kotak. Misalnya, Disisi dari kotak dipasang foto – foto kenangan, atau ditulisi pesan – pesan, bisa juga ditempel snacks mini, dan meletakkan hadiah utama di tengah – tengah kotak. Semua itu tergantung dari kebutuhan dan juga kreatifitas masing – masing!

Advertisement

Bahan – bahan yang dibutuhkan juga sederhana seperti berikut ini:

  • Kertas tebal (Bisa Karton, Buffalo, atau kertas berukuran tebal lainnya)
  • Template (jika dibutuhkan
  • Hiasan (menyesuaikan sesuai tema)
  • Gunting
  • Penggaris
  • Pensil

untuk tutorial bisa klik disini atau disini

3. Mixtape berisi lagu – lagu yang penuh pesan dan makna tersendiri

Mixtape Gift

Mixtape Gift via https://id.pinterest.com

Buat kalian pecinta lagu, yang suka mendengarkan lagu dimanapun serta kapanpun kalian berada dan bagaikan tidak bisa hidup tanpa mendengarkan lagupun. Hadiah ini sangat pas didberikan ke orang yang kalian sayangi! ehm, rasa sayang ga cuma bisa diberikan ke pasangan kan?

Nah, kalau kalian bingung, bagaimana sih cara bikin mixtape bagus yang bisa bikin penerima jadi tersenyum – senyum saat mendengarkannya? berikut ini ada beberapa tipsnya

  1. Kenali siapa yang akan kalian buatkan mixtape. Mixtape ini bisa ditujukan untuk istri, kekasih, idola, keluarga, teman, dan lainnya. Cari tahu apa genre yang mereka sukai, apa arti mereka di hidup kalian.
  2. Cari tahu pesan apa yang kalian ingin coba sampaikan melalui mixtape. Biasanya orang akan memilih melalui judul lagu, tempo dari lagu, ataupun lyric pada lagu tersebut. Tidak ada yang salah ataupun benar dari pemilihan lagu berdasarkan cara – cara tersebut, yang paling penting adalah pesan yang kalian ingin sampaikan.
  3. Pilih lagu yang paling pas. ini adalah tahap paling penting dalam membuat sebuah mixtape. Kebanyakan ketika membuat mixtape orang akan mencari terlebih dahulu dari playlist dan juga library yang mereka miliki. Tapi membuat mixtape juga sebuah kesempatan untuk mencari lagu baru untuk diri kita sendiri. Kuncinya adalah mendengarkan dan merasakan apa yang pas dan mana yang kurang pas.
  4. Pilih urutan lagu yang pas. Setelah memilih beberapa lagu, saatnya untuk mengurutkan lagu – lagu tersebut agar mixtape ini bisa bercerita tentang pesan apa yang ingin disampaikan dan pendengar bisa menerima pesan tersebut.
  5. Berikan judul pada mixtape.

Mixtape bisa diberikan dalam bentuk CD, Kaset, USB, dan lainnya. Jangan lupa untuk membungkusnya sebaik mungkin dan berikan tracklist ya!

Cara untuk membuat mixtape dengan Kaset klik disini

4. Pull Out Photo Album Box yang penuh kenangan!

Pull Out Photo Album Box

Pull Out Photo Album Box via https://id.pinterest.com

Hadiah ini bisa membuat foto – foto kenangan yang sudah kalian lalui menjadi sesuatu yang berarti ketika mereka membuka dan menarik keluar foto – foto yang telah disusun.

Hal – hal yang perlu dilakukan cukup sederhana, hanya dengan mengumpulkan foto – foto yang penuh nilai historikal tinggi lalu menempel dan mengguntingnya hingga menjadi sebuah pull out photo album.

Alat dan Bahan yang diperlukan:

  • Foto berukuran 1:1 atau sesuai keinginan
  • Kotak
  • Lem
  • Pulpen/pensil
  • Penggaris
  • Pita
  • Perekat (Isolasi)

Tutorial pembuatan bisa dilihat disini

5. Little Box of Sunshine yang berisi produk – produk kebutuhan sehari – hari

Box of Sunshine

Box of Sunshine via https://id.pinterest.com

Little Box of Sunshine merupakan kotak yang berisikan produk – produk kebutuhan sehari – hari yang diberikan dengan tujuan untuk mencerahkan hari seseorang. Dengan warnanya yang kuning, dan dengan isi produk produk dengan warna senada, diharapkan seseorang yang mendapatkan hadiah ini bisa tercerahkan harinya. Tidak hanya untuk hadiah ketika ulang tahun, hadiah ini bisa diberikan kapanpun, seperti contohnya ketika ingin memberikan hadiah ucapan terimakasih, atau ketika ingin menghibur seseorang yang sedang dirasa bersedih, hadiah ini adalah jawabannya.

Tidak perlu berisi produk yang mahal, produk sehari – harilah menjadi isi dari kotak ini. Seperti contohnya sabun, body lotion, makanan ringan, minuman, gelas, dan barang – barang lainnya yang mudah ditemui sehari – hari karena memang little box of sunshine ada dengan konsep affordable gift.

Cara membuatnya juga cukup mudah, barang yang diperlukan adalah:

  • Kotak (boleh baru maupun bekas)
  • Produk Hadiah
  • Hiasan
  • Pulpen/Spidol
  • Cat (Kuning)

Dari sekian inspirasi kado handmade ini, mana nih yang menarik hati? Ya siapa tahu di momen spesial dia nanti kamu nggak perlu boros buat beli~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya