5 Inspirasi Kamar Mandi dengan Bathtub, Bikin Betah Berendam!

Menurut kalian mandi pakai bathtub itu nyaman atau malah jadi ngerepotin? Buat kamu yang suka mandi cepet dan praktis, shower lebih cocok buat mandi. Sementara, buat kalian yang suka berlama-lama di kamar mandi, menyalakan lilin aromaterapi, berendam dengan busa, sambil membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton film, bathtub bisa jadi pilihan.

Memasang bathtub di kamar sendiri bisa dibilang bukan pekerjaan yang mudah dan butuh banyak perencanaan. Pertama, memastikan kamar mandi punya ruang yang cukup buat menaruh bathtub yang ukurannya relatif besar. Terus, masih harus banyak printilan yang dikerjakan.

Membangun pipa dan saluran baru untuk keran bathtub, posisi bathtub di kamar mandi yang paling sesuai mengingat keberadaannya yang akan permanen. Belum lagi memilih bathtub yang sesuai kebutuhan dan keinginan. Selain ukuran, juga material, warna, bentuk, dan desain bathtub

Begitu juga mencocokkannya dengan desain keseluruhan kamar mandi agar bathtub enggak terkesan ditempel gitu aja dan selaras sama keseluruhan tampilan kamar mandi. Setelah semua aspek ini sudah terpenuhi dan terencana dengan sesuai, kalian akan dapat hasil yang maksimal, deh.

Kalian bisa langsung menikmati kamar mandi dengan bathtub buat relaksasi dan bersantai saat mandi. Berendam di bathtub sambil melakukan hobi juga bisa jadi me-time yang hemat, menyenangkan, dan nggak perlu keluar rumah.

Dekoruma sudah mengumpulkan beberapa inspirasi kamar mandi dengan bathtub yang bisa kamu ambil contoh saat ingin membangun kamar mandi baru atau merenovasi kamar mandi dengan menambahkan bathtub.

Advertisement

1. Hadirkan Tampilan Vintage Yang Manis dan Mewah Pada Kamar Mandi Dengan Bathtub Berkaki. Disebut Juga Clawfoot Tub

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Kalian mungkin udah pernah lihat bathtub desain ini sebelumnya karena bisa dibilang lumayan ikonik. Mungkin di film, rumah orangtua, atau rumah teman, tapi emang ini adalah salah satu bathtub berdesain klasik dan vintage yang punya daya tarik tersendiri.

Sebutannya adalah clawfoot bathtub karena punya empat kaki dengan ornamen yang kompleks sebagai penyangga. Desain ini udah berkembang dari abad ke-19, loh. Meskipun begitu, sampai sekarang tetap diproduksi dengan material modern kayak gini.

Advertisement

Bathtub ini pun bisa jadi pilihan buat kamu yang mau tampil beda. Pada kamar mandi minimalis serba putih kayak gini, bathtub jadi standout dan memberikan tampilan yang unik dan menarik.

2. Bathtub Lonjong Berdesain Minimalis. Tampil Dalam Nuansa Hitam Putih Yang Menawan dan Klasik. Salah Satu Warna Paling Pas Buat Kamar Mandi

Sumber: MyDomaine

Sumber: MyDomaine via https://www.mydomaine.com

Bisa dibilang salah satu warna yang bisa kamu pilih buat kamar mandi yang elegan, menawan, dan klasik adalah hitam dan putih kayak gini. Termasuk untuk bathtub-nya. Dengan desain modern yang bersih dan mulus, pemilik kamar mandi memasang bathtub lonjong dengan perpaduan warna hitam dan putih kayak gini.

Begitu juga seluruh tema kamar mandi. Pintu, meja wastafel, daun jendela, dan bingkai foto hitam. Sementara, warna putihnya enggak hanya polos aja, tapi memakai keramik motif chevron untuk dinding dan keramik mosaik kecil-kecil buat lantai.

Advertisement

3. Berbalut Kemewahan Dalam Marmer Serba Hitam. Inspirasi Dari Hotel Berbintang Lima Dengan Kemewahan Klasik

Sumber: MyDomaine

Sumber: MyDomaine via https://www.mydomaine.com

Bagi pecinta kemewahan yang klasik gaya old money, kamar mandi serba marmer bisa dibilang definisi kamar mandi mewah seutuhnya. Apalagi kalau marmer digunakan buat dinding dan lantai juga. Begitu pula furnitur-furnitur kamar mandinya. 

Seperti yang dilakukan pada kamar mandi ini. Menggunakan marmer hitam dengan guratan putih, kamar mandi terasa seperti di hotel berbintang lima. Karena udah ramai dengan warna dan motif, bathtub dibuat simpel warna putih dengan desain modern minimalis.

4. Terang, Nyaman, dan Bernuansa Alami. Kamar Mandi Bernuansa Kayu Lengkap Dengan Bathtub Berdesain Modern

Sumber: Decor Snob

Sumber: Decor Snob via https://www.decorsnob.com

Sebelumnya, menggunakan kayu di kamar mandi mungkin dirasa keputusan yang kurang tepat dan bijak. Kayu yang terkena air dan udara lembap akan lebih cepat lapuk dan rusak yang berarti membuat kamar mandi harus lebih cepat direnovasi setelah beberapa tahun.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena dengan adanya perkembangan teknologi kayu dan pelapis, sudah ada pilihan kayu ataupun pelapisnya yang anti air. Memiliki kamar mandi serba kayu seperti ini pun sudah tidak mustahil lagi.

Lantai dan plafon menggunakan dek kayu dengan motif yang kentara seperti ini. Lalu, meja wastafel juga menggunakan kayu warna cokelat muda. Barulah bathtub ditempatkan di sebelah jendela yang terang dan menghadap pemandangan. Di atasnya juga diletakkan lampu gantung & lampu plafon yang semakin membuat tampilan kamar mandi selaras.

5. Bangun Platform Tambahan Cegah Lantai Kamar Mandi Becek. Hiasi Dengan Keramik Motif Berwarna Cerah Sebagai Aksen

Sumber: Decoist

Sumber: Decoist via https://www.decoist.com

Salah satu kekurangan bathtub yang paling mengganggu adalah lantai kamar mandi yang jadi lebih becek dari biasanya. Apalagi kalau air diisi terlalu penuh dan pada saat masuk ke dalam, banyak yang tumpah ke lantai. Sebagai solusi, kamu bisa bikin platform yang sedikit lebih tinggi kayak gini.

Platform ini jadi tempat menaruh bathtub dan juga shower seperti gambar di atas. Dengan begitu, air yang tumpah enggak akan kena ke lantai utama kamar mandi karena bisa langsung masuk ke saluran pembuangan air di area platform tersebut. Lebih aman, terutama buat yang di rumahnya ada lansia atau anak-anak juga.

Platform ini pun juga bisa dihiasi sesuai selera. Untuk ilustrasi ini, pemilik kamar mandi memasang keramik motif warna biru muda yang menutupi setengah dinding dan lantai platform. Berpasangan dengan warna putih yang netral dan kontras.

Kayak yang udah disebutkan sebelumnya, memasang bathtub adalah pekerjaaan yang enggak mudah dan butuh dilakukan sama profesional. Makanya, segera cari jasa desain rumah yang terpercaya di kotamu buat mengerjakan renovasi kamar mandi. Misalnya jasa desain interior di Jakarta, Bandung, atau desain interior Surabaya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE