5 Inspirasi Kamar Tidur Remaja Laki-laki, dari Kartun Sampai Maskulin Banget Ada!

Desain kamar tidur remaja laki-laki

Anak cowok yang mulai beranjak ke usia pra-remaja dan remaja, makin banyak perubahan dan penyesuaian yang harus dilakukan. Kewajibannya di sekolah bertambah. Kegiatan di luar sekolah kayak ekskul dan les juga biasanya nambah. Banyak teman baru, pengalaman baru, dan suasana baru yang dialami.

Begitu juga di rumah. Selain tugas-tugas di rumah yang semakin banyak, beberapa upgrade juga perlu dilakukan. Salah satunya kamar tidur mereka. Semakin tumbuh besar, ada aja yang perlu ditingkatin.

Ukuran kasur yang biasanya harus lebih besar, meja belajar yang lebih gede, serta lemari dan rak buku yang lebih besar karena barang-barang pribadinya makin banyak. Tak lupa, desainnya juga jadi lebih dewasa.

Tinggal sebentar lagi jadi orang dewasa, kamar anak remaja, terutama laki-laki mesti disiapin buat masa depannya. Sifatnya jadi lebih permanen biar transisi mereka dari usia remaja ke dewasa jadi lebih gampang dan lancar, nih.

Salah satunya dari desain interiornya. Bukan cuma lebih simpel dan kalem, tapi juga bikin anak remaja terasa nyaman, punya privasi, dan yang terpenting jadi tempat buat dia bisa jadi diri sendiri. 

Nah, kalau kamu lagi mau renovasi kamar remaja laki-laki di rumah, Dekoruma punya lima inspirasi kamar remaja cowok yang beragam, nih. Mulai dari yang simpel, cowok banget, sampai terinspirasi dari tokoh kartun juga ada, loh. 

Advertisement

1. Bikin Anak Lebih Seneng dan Excited dengan Tempat Tidur Gantung. Serasa Tidur di Atas Awan, ya!

Contemporist

Contemporist via http://www.contemporist.com

Anak remaja masih punya sisi yang muda, seru, dan adventurous. Supaya enggak bosen dan kamar tidur jadi selalu menyenangkan, kenapa enggak coba pasang tempat tidur gantung? Tempat tidur ini dipannya digantung pakai tali yang kuat di plafon dinding dan buat anak remaja, ini bakal jadi seru banget!

Waktu duduk atau rebahan, kamu bakal berasa goyangannya kayak lagi main ayunan. Asyik banget, enggak, sih? Berasa tidur sambil terbang di atas awan, ya. Selain itu, bagian bawah tempat tidur bakal kosong dan bisa jadi tempat penyimpanan tambahan, deh.  

Advertisement

2. Anak Remaja Masih Suka Kartun atau Karakter Fiksi? Biarin Aja. Desain Kamar Bernuansa Tokoh Kartun Favoritnya dengan Dewasa dan Enggak Berlebihan

The Spruce

The Spruce via http://thespruce.com

Biasanya, kesukaan anak-anak sama tokoh kartun, fiksi, atau pahlawan super mulai menghilang waktu masuk usia remaja. Cuma, kalau kalian masih suka dan pengin ada sentuhan tokoh kartun favorit? Gimana caranya? Pastinya, dekorasinya harus lebih dewasa, tapi memungkinkan banget, kok.

Hindari penggunaan furnitur-furnitur besar yang nuansa kartunnya kental banget. Misalnya, tempat tidur bentuk mobil balap atau lemari baju gambar tokoh fiksi favorit karena ujung-ujungnya bakalan cepat bosen dan enggak praktis.

Manfaatin dekorasi-dekorasi kayak lukisan, figurin, slogan yang bisa dicat di dinding, sampai warna-warna yang identik sama kartun favorit anak remaja. Masukin unsur-unsur desain yang lebih sederhana ini ke dalam kamar tidur yang masih bisa terasa suasana kartun favoritnya. 

Advertisement

3. Anak Remaja Lagi Sering Coba-coba dan Eksplor. Sediakan Ruang Buat Mendukung Hobinya

Real Homes

Real Homes via http://realhomes.com

Anak remaja biasanya lagi banyak suka sama hal-hal baru. Lagi rajin-rajinnya eksplor buat nyari hal-hal apa aja, sih yang sebenernya mereka suka. Nah, kamar tidur remaja harus bisa mengakomodasi itu. Misalnya, anak lagi suka main musik, sediakan area di kamar tidur buat mereka taruh koleksi gitar atau drumnya. 

Pasang speaker yang kualitasnya mumpuni dan mungkin pasang peredam suara yang lebih maksimal. Anak jadi bisa main musik sepuasnya tanpa perlu mengganggu seisi rumah. 

Masih banyak lagi cara desain kamar anak yang bisa mendukung hobinya. Misalnya, rak buku yang banyak dan besar untuk yang hobi baca, kabinet buat memajang koleksi mobil-mobilan atau gundamnya, dan masih banyak lagi. 

4. Loft Bed Buat Solusi Kamar Tidur Remaja yang Enggak Terlalu Luas. Tempat Tidur di Atas dan Meja Belajar di Bawah. Hemat Ruang, Deh

Pinterest

Pinterest via http://pinterest.com

Kamar anak normalnya akan selalu lebih kecil dari kamar orang tuanya. Cuma, kalau kalian tinggal di rumah yang enggak terlalu besar, salah satu solusinya mungkin dengan pasang loft bed di kamar anak remaja. Loft bed ini mirip tempat tidur tingkat (bunk bed), cuma bagian bawahnya bukan tempat tidur tapi area kosong yang bisa dibuat apa aja.

Jadi, tempat tidur ditaruh di bagian atas dan biasanya bagian bawah dijadiin area buat taruh meja dan kursi belajar. Jadi lebih ringkas dan hemat tempat, kan? Selain itu, kamu juga bisa jadiin ini sebagai area santai dengan sofa dan bean bag buat nonton TV atau perpustakaan super mini buat taruh koleksi buku. 

5. Bertambah Umur, Semakin Bertambah Tanggung Jawab. Kamar Tidur Remaja dengan Ruang Penyimpanan Maksimal yang Anti Berantakan

JPEO

JPEO via http://jpeo.com

Semakin bertambah dewasa, anak remaja jadi punya makin banyak kebutuhan dan keinginan. Alhasil, barang-barang pribadi mereka jadi makin banyak, deh. Supaya enggak berantakan di kamar, anak remaja harus diajarin untuk ngeberesin barang-barang mereka sendiri di kamar. Caranya dengan nyediain ruang penyimpanan yang memadai.

Mulai dari lemari baju yang gede, meja belajar yang luas, rak buku, sampai kabinet buat taruh semua barang-barang. Lebih lanjut, buat kamar yang enggak terlalu luas, kalian bisa manfaatin rak atau kabinet yang digantung atau rangka tempat tidur yang punya laci di bagian bawahnya buat ruang penyimpanan ekstra.

Banyak yang bilang masa remaja itu masa paling krusial dan membentuk tumbuh kembang anak remaja jadi orang dewasa seutuhnya. Jadi, punya tempat yang nyaman, privat, dan menyenangkan buat dia eksplorasi dan jadi diri sendiri bakal berguna banget buat mereka. 

Renovasi dan perubahan desain semacam ini bisa banget kalian lakuin sendiri. Cuma, buat menghemat waktu, tenaga, dan budget, kenapa enggak coba konsultasi sama jasa desain rumah kepercayaan kalian agar hasilnya lebih maksimal? Selamat mendesain!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE