5 Inspirasi Keramik Dinding Dapur Minimalis Estetik

Aneka Motif Keramik Dinding Dapur Minimalis Cantik

Enggak hanya kabinet, rak, konter dapur, memilih kompor, kulkas, dan peralatan masak lainnya yang penting buat kitchen set modern minimalis, material yang melapisi tembok dan lantai dapur juga enggak kalah penting. Malah kadang, bisa berpengaruh banyak buat keseluruhan tampilan dapur.

Mau kitchen set-nya sebagus atau semewah apapun, tapi dinding dan lantainya biasa aja, kelihatannya tetap datar. Enggak sebagus atau semewah yang diharapkan. Salah satu pilihan yang paling sering dipakai kalau ingin punya tampilan dapur yang estetik dan menawan adalah keramik.

Baik untuk lantai maupun dinding, pemilihan keramik yang tepat bisa memengaruhi tampilan dapur menjadi lebih indah. Untuk dinding sendiri, penggunaan keramik di dapur biasanya lebih banyak ditaruh pada backsplash. Ini adalah dinding yang membatasi kabinet dinding dapur dan permukaan konter dapur.

Lebih dari itu, pemilik hunian tentunya masih bisa berkreasi sebebasnya untuk dinding keramik di dapur rumah. Tapi, biasanya hanya sampai memenuhi satu dinding dengan keramik pilihan. Menyamakan keramik untuk dinding, lantai, bahkan sampai permukaan konter bisa aja dilakukan selama cocok, tapi lebih jarang dilakukan.

Kalau dinding dapur kalian masih polosan dan rasanya ngebosenin dan kurang menarik, Dekoruma punya lima inspirasi keramik dinding dapur yang minimalis dan estetik buat menghias dapur di rumah jadi lebih berkarakter.

Advertisement

1. Tampilan Klasik dan Elegan dari Marmer yang Berpadu Cantik dengan Warna Hijau Tua dan Emas

Sumber: Livingetc

Sumber: Livingetc via https://www.livingetc.com

Salah satu top of mind dari material keramik tentunya adalah marmer. Dengan motif guratannya yang khas dan klasik, banyak dapur yang menggunakan marmer untuk melapisi dindingnya. Seperti contoh berikut ini yang menggunakan marmer untuk dinding backsplash dan juga permukaan konter.

Keseragaman ini membuat tampilan yang selaras. Dipadukan dengan warna forest green yang deep, dapur semakin terasa elegan dan menawan. Ditambah dengan penggunaan finishing emas untuk keran serta handle pintu kabinet dan rak dapur, lampu gantung, dan juga lukisan vintage bikin dapur semakin berkarakter. 

Advertisement

2. Enggak Cuma di Dinding Aja, Dapur Jadi Cerah dan Ceria Berkat Keramik Teraso di Seluruh Kitchen Set

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Belum banyak yang tahu kalau keramik teraso kayak gini harganya bisa lebih mahal daripada marmer. Mungkin karena pecahan keramik yang jadi ciri khas keramik teraso ini ngasih tampilan yang cerah dan ceria dibanding marmer atau granit yang sudah terkenal mewah.

Keramik teraso bisa jadi pilihan yang pas buat kamu yang suka warna-warna cerah, tapi enggak mau dapur jadi terlalu mencolok. Keramik teraso dipasang di backsplash, konter dapur, bahkan sampai lantai yang digabungkan sama kabinet kayu gelap, dan meja kerja stainless steel kayak gini bikin tampilan dapur jadi eklektik dan menyenangkan. 

3. Keramik Mosaik Bermotif Sesuai Keinginan, Bikin Dapur Semakin Terasa Hangat, Personal, dan Bermakna

Advertisement
Sumber: HGTV

Sumber: HGTV via https://www.hgtv.com

Beri kesan yang lebih personal dan bermakna di dapur dengan keramik mosaik yang motifnya bisa disesuaikan seperti ini. Keramik mosaik seperti ini sudah enggak asing lagi untuk dapur dan sering banget dipakai. Cuma, belum banyak yang bikin pola custom sesuai keinginan yang bikin dapur jadi terasa spesial.

Kamu bisa berkreasi dengan pola bunga seperti ini, binatang, objek kesukaan lain, atau bahkan foto pasangan, anak, atau bahkan foto keluarga yang dilukis ke dalam keramik mosaik seperti ini.

Beda dari keramik mosaik pada umumnya, enggak cuma bikin dapur jadi lebih indah dan berkarakter, orang rumah yang memasak atau mampir ke dapur juga akan merasa terkesan karena aspek spesial di dapur ini. 

4. Keramik Motif Segi Enam Warna HIjau Zamrud yang Berkilau. Mentereng di Tengah Dapur Minimalis Berwarna Netral

Sumber: DailyDreamDecor

Sumber: DailyDreamDecor via https://www.dailydreamdecor.com

Ketika memutuskan untuk punya dapur warna netral, kamu bisa melakukan antara dua langkah ini. Bikin semuanya benar-benar penuh dengan warna netral, misalnya serba putih. Atau kasih elemen yang mengagetkan dan jadi daya tarik dapur dengan warna yang nge-jreng dan terang kayak gini.

Di tengah warna putih dan coklat dari material kayu pada dapur ini, keramik segi enam warna hijau zamrud yang dipasang di backsplash dapur jadi daya tarik utama dapur. Begitu masuk ke dapur dan melihatnya, mata langsung tertuju sama keramik yang cantik ini.

Sebagai penyelaras, dinding samping kitchen island dan meja bar juga diberikan warna hijau sebagai penyeimbang yang apik. Ditambah aksen warna emas pada handle pintu dan lampu gantung, dapur jadi terlihat homey dan menawan. 

5. Subway Tiles untuk Tampilan yang Industrial dan Modern pada Dapur Serba Putih dengan Aksen Emas yang Menawan

Sumber: Agape Home Services

Sumber: Agape Home Services via https://agapehomeservices.com

Terkenal dengan warna putihnya dan motif kotak-kotak batu bata yang diadopsi dari dinding kereta subway di New York, subway tiles seperti ini juga jadi salah satu keramik favorit untuk dapur minimalis dan modern. Apalagi, untuk dapur serba putih seperti ini, subway tiles memberikan tekstur yang berkarakter dan menawan.

Karena enggak menggunakan kabinet dinding, pemilik dapur memutuskan buat memenuhi dinding di atas kompor ini dengan subway tiles. Diapit empat rak dinding, cooker hood vintage yang besar, dan finishing emas pada detail-detail dapur, dapur serba putih ini pun enggak terasa dingin dan membosankan. 

Kelihatan, kan, gimana pemilihan keramik yang tepat buat desain interior dapur bikin dapur jadi lebih berkarakter sesuai tujuan dan keinginan pemiliknya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE