5 Inspirasi Model Tangga Rumah Mewah yang Nggak Mustahil Ditiru

Desain Tangga Rumah yang Menawan Ini Bisa Kamu Cobain

Enggak cuma sebatas penghubung antara lantai satu dan lantai dua hunian, tangga dengan desain yang menarik bisa bikin tampilan interior jadi lebih keren, loh. Pastinya bukan model tangga yang standar doang. Tangga yang tepat bisa jadi focal point di foyer, ruang keluarga, atau ruangan tempat dipasangnya tangga.

Sama seperti unsur interior lain seperti cat dinding, material lantai, finishing, dan furnitur, model tangga bakal mengikuti tema desain interior hunian secara keseluruhan. Menyesuaikan juga sama ukuran dan tinggi ruangan, bentuk tangga juga bermacam-macam.

Dari mulai yang lurus, berbentuk huruf L, huruf U, spiral, ganda, sampai grand staircase yang mewah. Ngelihat referensi foto tangga kadang bikin kita kepikiran, emang bisa, ya, bikin tangga model begitu?

Pastinya bisa, dong! Walaupun kelihatan besar dan megah, arsitek dan desainer yang andal dan berpengalaman bakal bisa menjadikan referensimu jadi kenyataan. Jadi, tangga di rumah bentuknya enggak gitu-gitu aja.

Apalagi tangga punya peranan penting buat eksis di media sosial. Perhatiin, deh, banyak orang yang suka foto di tangga rumah, kan. Waktu foto kumpul keluarga pas lebaran, acara bareng temen, sampai OOTD.

Buat kalian yang lagi berencana bangun atau renovasi rumah dan pengin model tangga yang enggak itu-itu aja, Dekoruma punya lima inspirasi model tangga yang mewah dan keren yang bisa diaplikasikan di rumahmu. 

Advertisement

1. Tangga Yang Dilengkapi Taman di Bagian Bawahnya. Berikan Tampilan Menawan Buat Rumah Berdesain Modern Tropis

Sumber: ArchDaily

Sumber: ArchDaily via https://www.archdaily.com

Daya tarik utama dari rumah berdesain modern tropis adalah seberapa terbuka dan jumlah elemen alami yang ada di dalamnya. Desain tangga yang punya taman di bagian bawahnya bisa semakin memperkuat unsur tropis di sebuah hunian. 

Menggunakan tangga model floating dengan anak tangga kayu, bagian bawah tangga ditanami berbagai tanaman hias yang bisa hidup di dalam ruangan. Misalnya lidah mertua, kaktus, bahkan pohon palem yang ukurannya lumayan tinggi di foto ini.

Advertisement

Posisi tangga dan taman yang berada di antara ruang keluarga dan dapur semakin mempercantik interior rumah. Begitu juga sebagai pemisah antara kedua ruangan ini.

2. Kasih Tampilan Unik, Elegan, dan Anti Mainstream di Rumah dengan Model Tangga Spiral

Sumber: Architecture Beast

Sumber: Architecture Beast via https://architecturebeast.com

Dibanding model tangga lurus, tangga spiral belum terlalu banyak dipakai jadi tangga utama dalam sebuah hunian. Padahal tangga spiral bakal kasih tampilan yang menarik dan enggak biasa. 

Advertisement

Begitu juga nilai estetika atau seni yang lebih tinggi karena tangga spiral biasanya dipakai di galeri seni atau bangunan yang mengedepankan estetika yang berwawasan seni.

Tangga spiral biasanya terbuat dari bahan logam, tapi tangga spiral yang terbuat dari kayu berwarna gelap ini memberikan kesan yang modern dan berkelas. Ditambah penggunaan railing tangga yang terbuat dari kaca dengan pegangan kayu yang senada dengan anak tangga. 

3. Tangga L Model Floating Yang Minimalis dan Modern. Semakin Mewah dan Menawan Karena Lampu pada Anak Tangga

Sumber: Ackworth House

Sumber: Ackworth House via https://www.ackworthhouse.co.nz

Buat kamu yang suka tampilan yang clean dan minimalis, tangga model floating seperti ini selalu jadi andalan. Supaya kelihatan lebih mewah dan elegan, anak tangga bisa dipasangi lampu LED. 

Selain jadi lebih aman karena ada penerangan tambahan ketika naik ke atas, lampu di bawah anak tangga ini juga memberikan kesan yang menawan. Ditambah dengan railing tangga dari kaca dengan pegangan kayu yang materialnya sama dengan material kayu yang digunakan pada anak tangga. 

Bagian bawah tangga bisa dibiarkan kosong untuk tampilan yang ultra minimalis atau kamu bisa memanfaatkannya buat ruang penyimpanan tambahan dengan memasang kabinet atau rak buku. Beberapa orang juga menaruh sofa dan meja TV di bawah tangga untuk jadi area ruang keluarga. 

4. Membingkai Foyer Rumah dengan Dual Staircase. Desain Klasik Modern Yang Mewah dan Elegan

Sumber: Toll Brothers

Sumber: Toll Brothers via https://www.tollbrothers.com

Kalau rumah kalian cukup besar untuk punya foyer, tangga berdesain dual staircase kayak gini bakal bikin rumah kelihatan megah dan mewah. Dengan desain modern klasik seperti ini, foyer rumah tampak seperti foyer hotel atau foyer galeri seni yang menawan.

Bagian bawah tangga dimanfaatkan jadi area duduk dan tak lupa meja foyer yang ditempatkan di tengah antara kedua tangga. Ditambah lampu gantung yang punya desain eklektik dan menarik, semakin memperkuat unsur simetris dari tangga ganda ini. 

5. Foyer Rumah Bak Hotel Berbintang Atau Istana. Grand Staircase Megah dan Menawan, Model Tangga Klasik Yang Mewah

Sumber: Toll Brothers

Sumber: Toll Brothers via https://www.tollbrothers.com

Alternatif model tangga ganda dengan desain yang lebih klasik dan mewah adalah dengan model grand staircase seperti ini. Mengusung gaya American Classic, grand staircase biasanya identik dengan model tangga yang sedikit melengkung untuk memberikan efek yang lebih megah.

Berlokasi di foyer, tangga mengapit meja foyer yang berdesain klasik dan lampu gantung yang senada dengan gaya interior. Begitu juga dengan penggunaan kayu warna gelap yang semakin membuat tampilan interior foyer terasa klasik dan menawan. 

Bila dirangkum, tangga berbentuk spiral atau grand staircase memberikan kesan mewah yang paling kuat. Cuma kalau kepraktisan yang jadi prioritas kalian, tangga model lurus atau L bisa jadi pilihan karena bagian bawahnya bisa dijadikan ruang penyimpanan seperti rak sepatu atau rak buku. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE