5 Inspirasi Perpustakaan Mini di Rumah yang Bikin Betah Baca Buku Seharian

Ide Desain Ruang Perpustakaan Mini di Hunian

Kalau kamu kolektor buku, suka menghabiskan waktu luang atau me-time dengan baca buku, atau mungkin pernah dicap sebagai kutu buku, punya perpustakaan pribadi di rumah mungkin jadi salah satu bucket list yang paling besar. Impian punya perpustakaan yang bisa jadi tempat yang aman dan nyaman buat menyimpan dan membaca buku.

Orang-orang yang hobi baca pasti tahu banget, gimana dengan buku mereka bisa serasa ada di dunia yang berbeda, bertemu langsung dengan karakter yang ada di buku itu, dan jadi orang ketiga yang menyimak jalan cerita dalam sebuah buku.

Inilah kenapa konsentrasi dan kenyamanan selama baca buku itu penting banget. Meskipun bisa dibawa ke mana-mana, dibaca waktu lagi pulang kantor di kereta, di ruang tunggu, pas bepergian dengan pesawat terbang, sambil mendengarkan lagu, membaca buku di rumah sendiri tetap jadi yang paling ideal.

Daripada cuma di ruang keluarga atau kamar tidur, ubah ruangan kosong yang enggak terpakai di rumah jadi perpustakaan mini yang nyaman dan serbaguna. Begitu melihat puluhan atau bahkan ratusan koleksi buku yang berjejer rapi di rak buku, kamu tentunya akan merasa bangga dengan usaha mengumpulkan dan merawat buku-buku ini sampai akhirnya bisa ditata dengan baik di perpustakaan mini rumah.

Dekoruma udah ngumpulin lima inspirasi perpustakaan mini di rumah yang bakal bikin kamu betah dan nyaman baca buku seharian di akhir pekan atau hari libur.

Advertisement

1. Tiru Suasana Mirip Perpustakaan Kampus dengan Meja Kerja Panjang Buat Baca Buku dan Kerja Dari Rumah

Sumber: Better Living Bureau

Sumber: Better Living Bureau via https://betttter.com

Pecinta buku pasti udah enggak asing sama layout seperti ini. Mengambil inspirasi dari perpustakaan di universitas atau sekolah, pemilik rumah memasang meja kayu panjang yang serbaguna. Selain jadi tempat baca buku, kalian juga bisa kerja dari rumah di atas meja ini.

Kalau kalian tipe orang yang suka makan dan minum sambil baca buku, kalian juga bisa taruh piring dan gelas dengan leluasa. Meja panjang juga berarti anggota keluarga lain bisa turut gabung, membaca buku bersama, atau bahkan ngobrol tentang isi buku setelah selesai.

Advertisement

Selain meja panjang dan kursi yang empuk, enggak lupa ada juga rak buku yang dibuat tinggi menutupi seluruh dinding. Pemilihan warna hitam jadi aksen yang menarik di antara warna putih yang dominan. 

2. Tentukan Tema Warna yang Seragam Buat Perpustakaan Mini Supaya Makin Menarik. Misalnya, Perpustakaan Mini Serba Biru Kayak Gini

Sumber: Architectural Digest

Sumber: Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Memilih satu warna buat jadi tema utama dari perpustakaan mini, bisa jadi tips mendekorasi yang menarik dan bikin perpustakaan jadi lebih berkarakter. Kalian bisa pilih warna sesuai dengan preferensi pribadi. Contohnya, perpustakaan mini serba biru yang satu ini.

Advertisement

Enggak hanya pemilihan sofa minimalis, karpet, bahkan coffee table dari marmer biru yang cantik banget, dinding sampai plafon perpustakaan juga dicat warna biru muda.

Penggunaan corak warna biru yang berbeda-beda justru membuat tampilan yang selaras dan menawan. Apalagi diseimbangkan dengan rak buku biru tua di tengah ruangan buat menyimpan koleksi bukumu. 

3. Membaca Buku Jadi Lebih Nyaman, Fokus, dan Terang di Perpustakaan Rumah. Reading Nook yang Dibingkai Rak Buku

Sumber: Decor Aid

Sumber: Decor Aid via https://www.decoraid.com

Biar terasa semakin nyaman dan personal, kalian bisa memanfaatkan jendela besar di perpustakaan rumah dan menambahkan reading nook kayak gini. Menghadap ke jendela, kalian bisa menikmati pemandangan dan memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber penerangan ketika membaca buku.

Kelihatan juga gimana rak buku dibangun mengelilingi reading nook dan jadi bingkai yang bikin perpustakaan terlihat indah. Bantalan sofa reading nook menggunakan kabinet sebagai alasnya dan area ini jadi tempat yang menyenangkan buat me-time sambil baca buku.

4. Bangun Rak Buku Melingkari Pintu Atau Jalur Masuk Buat Tampilan yang Menawan. Jadi Bingkai yang Unik Buat Jalur Masuk Antar Ruangan

Sumber: Riamist

Sumber: Riamist via http://riamiststudios.com

Rak buku yang dibuat menjulang sampai menutupi seluruh dinding enggak cuma menambah kapasitas penyimpanan aja, tapi juga kasih tampilan ruangan yang menawan. Tirulah rak buku yang membingkai pintu atau jalur masuk seperti ini yang menambah dimensi ruang vertikal di rumah.

Mengusung desain interior Scandinavian yang minimalis dan cantik, rak buku menghadap langsung area duduk yang dipenuhi furnitur yang juga bernuansa Skandinavia seperti sofa, kursi lengan, dan coffee table.

Mengikuti jalur masuk ke area dapur dan ruang makan, aspek asimetris dari rak sebelah kanan yang lebih panjang dari rak sebelah kiri, justru menghadirkan tampilan yang unik dan berkarakter. 

5. Manfaatkan Setiap Sudut Perpustakaan dengan Pintar dan Hemat Ruang. Rak Buku Tersembunyi di Bawah Tangga yang Mengarah ke Area Duduk

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Selanjutnya, ada inspirasi menarik lainnya untuk bagaimana memanfaatkan ruang penyimpanan tersembunyi di perpustakaan. Buat area duduk untuk baca buku lebih tinggi dengan menambahkan platform terpisah. Dengan begitu, kalian perlu memasang tangga kecil yang mengarah ke area duduk.

Daripada cuma dijadikan tangga biasa, undakan tangga bisa dijadikan rak dan tempat menyimpan buku yang unik dan tersembunyi kayak gini. Jadi bisa menambah kapasitas penyimpanan buku, tanpa perlu menambah rak buku yang makan tempat, kan.

Membangun perpustakaan mini di rumah sebenarnya bisa dilakukan oleh kamu sendiri. Cuma, untuk hasil yang maksimal, terutama kalau kamu mau memasang rak buku built-in atau reading nook, gunakanlah jasa desain rumah terpercaya supaya hasil akhirnya lebih sempurna dan memuaskan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE