5 Inspirasi Plafon Ruangan Terunik yang Bikin Berdecak Kagum

Desain Plafon Ruangan Keren dan Anti-Mainstream

Dari segala fitur, karakteristik, dan elemen desain di dalam satu ruangan, apa kalian pernah nengok ke atas? Ya, betul, ke atas, ke plafon. Plafon memang jadi salah satu bagian interior ruangan yang estetikanya sering kali luput dari perhatian, terabaikan, atau sengaja diabaikan sama pemilik rumah. 

Tampil putih polos begitu aja dengan satu lampu menggantung di tengah, kalian bahkan enggak ngeh kalau plafon punya potensi buat jadi bagian dari dekorasi dan desain interior rumah yang menawan.

Padahal dengan rancangan yang tepat, plafon juga bisa jadi daya tarik waktu masuk ke dalam ruangan. Enggak hanya furnitur yang mewah, lantai dengan finishing indah, gadget dengan teknologi terbaru, atau tembok yang didekorasi dengan cantik.

Plafon yang didekorasi dengan berbagai metode akan membuat penghuni rumah atau tamu mulai melihat ke atas buat mengaguminya, loh. Plafon yang unik, menarik, dan indah akan membingkai ruangan lebih maksimal, menghidupkan ruangan, atau bahkan membuat unsur-unsur desain lain menjadi lebih selaras dan memikat.

Lebih lanjut, bukan cuma warna plafon aja yang bisa diutak-atik. Material, tekstur, pemilihan lampu, dan hiasan lainnya yang menempel di plafon juga bisa diatur sedemikian rupa supaya cocok sama keseluruhan desain interior ruangan.

Dekoruma punya lima inspirasi plafon ruangan yang layak untuk dipertimbangkan buat mengganti plafon putih polos yang kelihatannya gitu-gitu aja dan ngebosenin. Yuk, lihat bagaimana desain plafon bisa berpengaruh banget sama tampilan interior rumah!

Advertisement

1. Tampilan Kontras yang Tegas, Berani, dan Menawan dengan Teknik Color-Blocking pada Plafon

Sumber: InteriorZine

Sumber: InteriorZine via https://www.interiorzine.com

Inspirasi pertama bisa dibilang relatif enggak terlalu rumit dibandingkan desain lain di daftar ini. Cuma, efeknya buat visual ruangan enggak kalah sama plafon-plafon lain. Plafon ini didesain dengan metode color-blocking, warna yang karakteristiknya sangat bertolak belakang dari warna tembok ruangan.

Hitam jadi warna yang dipilih untuk plafon dan kelihatan sangat kontras dari warna putih pada dinding. Tapi justru dua warna yang jauh berbeda ini kasih tampilan monokrom yang dewasa, tegas, minimalis, dan menawan.

Advertisement

Dilengkapi dengan sentuhan furnitur bergaya mid-century modern, sofa minimalis, kursi lengan, credenza, beragam lukisan, standing lamp yang disulap menjadi lampu gantung, sampai lampu gantung berdesain kontemporer yang selaras dengan plafon hitam yang jadi daya tarik utama ruang keluarga ini.

2. Inspirasi dari Desain Interior Farmhouse Chic. Kesan Hangat dan Rustic yang Menawan Berkat Balok Kayu Ekspos pada Plafon

Sumber: This Old House

Sumber: This Old House via https://www.thisoldhouse.com

Selanjutnya adalah unsur balok kayu pada plafon. Gaya ini diadopsi dari desain interior Farmhouse Chic yang mengedepankan suasana rustic, hangat, dan nyaman pada rumah. Dipadukan dengan cat krem pada plafon, balok kayu dipasang untuk membentuk efek kotak-kotak yang menawan.

Di plafon ini juga ada lampu gantung dengan bingkai besi hitam dan bohlam lilin yang senada dengan kursi dan meja makan dari kayu warna hitam di bawahnya. Dapur dan ruang makan terasa lebih hidup berkat balok kayu ekspos yang menghiasi plafon. 

Advertisement

3. Hadirkan Tekstur dan Plafon yang Kelihatan Lebih Tinggi dari Sebenarnya. Coffered Ceiling dengan Lekukannya yang Klasik dan Elegan

Sumber: Beautiful Homes

Sumber: Beautiful Homes via https://www.beautifulhomes.com

Coffered ceiling atau plafon berlekuk adalah salah satu desain plafon yang paling sering dipakai. Terutama buat rumah-rumah yang memiliki desain interior modern klasik. Lekukan berbentuk kotak dengan bingkai yang menonjol di sekelilingnya menghasilkan tekstur yang enak untuk dilihat.

Selain jadi lebih menarik secara visual, coffered ceiling juga punya fungsi untuk memberikan efek plafon yang kesannya lebih tinggi dari yang sebenarnya. Pembeli rumah juga biasanya tertarik dengan plafon dengan desain seperti ini dan bisa memengaruhi harga jual rumah jadi lebih tinggi.

Di sini, coffered ceiling digunakan di kamar tidur dan dihiasi dengan lampu gantung kristal yang begitu menawan. Saat lagi berbaring di kasur dan menengok ke atas, kalian bisa menikmati mahakarya yang ada tepat di atas kepala.

4. Desain Tray Ceiling Bertingkat untuk Aksen Pencahayaan Tersembunyi yang Terang dan Indah

Sumber: The Wow Decor

Sumber: The Wow Decor via https://www.thewowdecor.com

Tray ceiling juga merupakan desain plafon yang paling umum dan sering digunakan untuk rumah dengan desain minimalis dan modern. Desain plafon ini memanfaatkan tingkatan atau undakan plafon yang mengelilingi perimeter dinding plafon. Memberikan efek yang berkelas.

Di sela-sela undakan ini, pemilik rumah bisa berkreasi dengan mengecatnya menggunakan warna yang berbeda dari plafon utama atau dalam hal ini memasang lampu di dalam undakan plafon sebagai cara untuk memberikan efek indirect lighting yang lebih indah.

Alih-alih bohlam lampu yang menggantung di ruangan, lampu yang disembunyikan di sela-sela plafon akan memberikan efek pencahayaan yang berpendar dengan halus, lebih nyaman di mata, dan tentunya menawan.

5. Bermain dengan Ilusi Optik, Efek Ruangan yang Lebih Tinggi, Luas, dan Terang. Plafon Berlapis Kaca yang Modern dan Menawan

Sumber: Small Design Ideas

Sumber: Small Design Ideas via https://www.smalldesignideas.com

Meskipun bertentangan sama ajaran Feng Shui, cermin pada plafon pasti bakal kasih tampilan yang unik dan menarik. Begitu juga tampilan yang modern dan juga futuristik. Bayangan ruangan yang terpantul ke plafon akan membuat ruangan terasa lebih luas dan juga lebih terang karena pantulan cahaya.

Enggak cuma hemat listrik, tujuan utama dari plafon cermin adalah untuk membuat statement. Kaca di plafon selalu identik dengan bangunan mewah seperti kamar hotel berbintang, restoran, atau tempat hiburan yang berkelas. Kesan elegan itulah yang akan tampak pada ruangan di rumah.

Terbukti, kan? Plafon putih polos bener-bener kelihatan ngebosenin. Praktis dan fungsional, tapi kurang menarik. Kalau kamu tipe orang yang peduli dengan tampilan interior rumah yang mampu mengomunikasikan pesan tertentu dan menujukkan karakter pemiliknya, kalian bisa mulai dari atas. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE