5 Inspirasi Rooftop Minimalis Estetik, Nyantai di Rumah Jadi Makin Asyik!

Kamu tipe orang yang kayak gimana, sih, kalau lagi bersantai di rumah? Disadari atau enggak, setiap orang punya sudut atau spot-nya tersendiri waktu lagi pengin mager-mageran di rumah. Pokoknya, tempat yang nyaman, sepi, adem, dan bikin kamu bisa rileks atau ngelakuin hal-hal yang disukai.

Kalau kamu lebih suka bersantai di dalam ruangan (indoor), ruangan seperti ruang keluarga dan kamar tidur yang punya furnitur empuk kayak sofa, sofa bed, atau tempat tidur biasanya jadi tempat andalan. Duduk di ruang keluarga sambil makan camilan dan nonton film atau rebahan aja di kamar.

Untuk yang lebih suka angin dan udara segar waktu lagi bersantai, area luar ruangan (outdoor) di rumah jadi tempat yang disukai. Teras depan atau belakang yang menghadap ke halaman atau balkon kamar tidur yang dilengkapi kursi atau sofa yang nyaman untuk sekadar duduk membaca buku atau mendengarkan musik.

Bersantai di teras atau balkon mungkin emang udah cukup buat banyak orang, cuma bakal lebih spesial lagi kalau di rumah ada rooftop yang minimalis dan estetik. Buat yang suka bersantai di luar ruangan, rooftop di rumah bakal bikin kamu makin betah berlama-lama, deh.

Sore hari dengan angin sepoi-sepoi setelah bekerja dari rumah. Duduk di rooftop sambil minum minuman favorit, menunggu hari gelap dan ngelihat matahari terbenam. Rasanya tenang dan damai banget. Capek setelah bekerja hilang dan punya waktu untuk diri sendiri (me time). 

Sebenernya rumah yang ukurannya enggak terlalu besar atau mungil sekalipun masih bisa ditambahkan rooftop. Jadi, kalau di rumah kalian memang ada rooftop atau berencana membangun atau menambahkan rooftop, beberapa inspirasi di bawah ini bisa jadi referensi yang menarik.

Dekoruma punya lima contoh rooftop minimalis dan estetik untuk kamu yang berencana membangun dan mendekorasi rooftop di rumah buat berbagai keperluan.

Advertisement

1. Minimalis dan Estetik: Corak Putih dan Kayu Pada Furnitur Rooftop. Makin Cantik Karena Tanaman Hias dan Lampu Malam

Sumber: Emily Henderson

Sumber: Emily Henderson via https://stylebyemilyhenderson.com

Contoh rooftop terrace yang satu ini bener-bener definisi rooftop yang cozy dan pewe banget, deh. Desainnya minimalis, enggak neko-neko, fungsional, tapi pastinya tetep nyaman dan cantik. Menggunakan warna dominan putih dan kayu, kursi panjang dan dua kursi rotan bulat ini kasih tampilan yang alami dan hangat.

Sementara, coffee table dari marmer putih yang bundar di tengah kasih sentuhan edgy dan modern. Enggak lupa payung teras buat melindungi kulit dari sinar matahari. Serta tambahan aksesoris rumah seperti tanaman hias biar suasana lebih asri dan lampu hias yang kalau dinyalakan di malam hari bikin suasana jadi hangat dan romantis.

Advertisement

2. Rooftop Nyaman Dengan Hadirnya Tempat Tidur Gantung. Bisa Tiduran di Atas Hammock Sambil Menikmati Angin Sepoi-sepoi

Sumber: Zoku

Sumber: Zoku via https://livezoku.com

Buat kamu yang suka ngaso di teras, pasang hammock atau tempat tidur gantung di rooftop rumah kayak gini. Rasanya nyaman dan rileks banget tiduran di atas hammock, ngerasa berayun-ayun, menikmati udara sore dan angin sepoi-sepoi yang bikin ngantuk.

Kalian bisa pasang rangka tiang buat menggantung hammock, yang mana juga bisa jadi struktur buat membangun gazebo. Rooftop yang beratap bakal lebih nyaman karena bisa melindungi kamu dari sinar matahari dan hujan. Apalagi kalau ada hammock yang bahannya dari kain.

3. Enggak Cuma Buat Duduk-duduk Santai Aja, Bikin BBQ Party Atau Makan-makan Keluarga di Rooftop Juga Bisa, Loh!

Advertisement
Sumber: Rockindeco

Sumber: Rockindeco via https://rockindeco.com

Kalau ukuran rooftop di rumah cukup luas, jangan cuma dijadikan teras buat duduk-duduk aja. Kalian bisa bawa suasana makan yang baru bareng keluarga dengan menghadirkan ruang makan outdoor di rooftop. Pasang kursi dan meja makan yang senada sama tema desain rooftop.

Dalam referensi ini, temanya modern tropical, dilihat dari penggunaan furnitur kayu dan rotan yang dominan. Kalian bisa tambahkan mesin pemanggang untuk pesta barbeku atau sekadar makan bersama keluarga dengan masakan sehari-hari. Yang penting suasananya terasa lebih spesial karena di luar ruangan.

4. Semakin Rileks dan Alami Berkat Kolam di Rooftop. Segar dan Ademnya Bersantai Sambil Dengerin Gemericik Air

Sumber: Singapore Carpentry

Sumber: Singapore Carpentry via https://www.carpentry.sg

Buat area rooftop jadi semakin nyaman, rileks, adem, dan segar dengan menambahkan kolam hias yang menawan. Pasang juga air mancur dan berbagai ornamen dekorasi kolam untuk suasana yang lebih alami. Tambahkan beberapa sofa dan meja yang nyaman.

Lalu, kamu dan keluarga tinggal duduk-duduk santai, menikmati pemandangan, juga mendengar gemericik air dan sejuknya udara di rooftop kapan pun yang kamu mau. Tanaman-tanaman hias yang dipasang juga semakin menambah rasa segar dan alami pada rooftop.

5. Rooftop Semakin Asri dan Hijau. Vertical Garden Yang Hemat Ruang, Bikin Rooftop Jadi Semakin Nyaman Buat Ditempati

Sumber: Qanvast

Sumber: Qanvast via https://qanvast.com

Rooftop mungil juga tetap bisa punya area yang asri dan penuh sama tanaman. Bagi kamu yang hobi berkebun dan merawat tanaman, area rooftop yang mendapat banyak sinar matahari cocok untuk dijadikan lahan juga. Nah, kalau ukurannya kecil dan supaya enggak mengganggu, coba terapkan konsep vertical garden seperti ini.

Dinding pada vertical garden biasanya ditumbuhin tanaman merambat dan gantung seperti ini. Cuma, kalian juga bisa berkreasi dengan menambah tanaman hias dalam pot sesuai kesukaan. Di tengah panasnya hari pun, bersantai di rooftop tetap tersa asri dan adem berkat taman vertikal ini.

Membangun, terutama menambahkan area rooftop pada rumah yang sudah jadi sebelumnya bisa jadi pekerjaan yang rumit dan panjang. Maka dari itu, jangan ragu buat mempekerjakan jasa desain rumah supaya hasilnya maksimal dan sesuai keinginan kamu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE