5 Inspirasi Ruangan Warna Earthy Tone

Desain Interior Bernuansa Earthy Tone

Kalian di sini mungkin sempet beberapa kali denger kata-kata earthy tone dari celetukan-celetukan kayak, warnanya bagus, earthy banget atau tren fesyen earthy colour yang populer beberapa tahun belakangan ini. Cuma sebenernya earthy tone, tuh, apa, sih? Warna yang kayak bumi?

Kalau kayak gitu mungkin kurang tepat, ya. Warna earthy tone itu bisa dibilang warna yang bersahaja, kalem, dan kasarnya enggak bikin sakit mata waktu orang ngelihat. Yang mana, warna-warna ini emang ada di elemen-elemen alami di sekitar kita.

Warna coklat dari tanah atau pasir, beraneka warna hijau dari tumbuhan, biru dari langit dan air, abu-abu dari bebatuan, besi, dan logam lainnya, serta masih banyak lagi. Pastinya, warna earthy tone adalah warna yang mampu bikin ruangan jadi teduh dan nyaman.

Warna-warna earthy tone juga populer di industri desain interior akhir-akhir ini. Terutama buat desain minimalis dan modern kayak Scandinavian, Industrial, atau Japandi, earthy tones ini jadi alternatif dari warna putih yang buat sebagian orang dirasa terlalu polos.

Ruangan yang temboknya dicat pakai warna earthy atau furnitur yang punya warna earthy tones bisa bikin ruangan jadi lebih berkarakter. Apalagi kalau warna-warna ini dipadukan dari jenis warna yang berbeda atau suhu warna yang berbeda.

Sebagai informasi, selain beda tipe warnanya, earthy tones dikategorikan ke dalam dua jenis berdasarkan suhunya, loh. Ada warm earthy tones yang berarti warna-warna yang nampilin kesan hangat dan nyaman. Satu lagi adalah cool earthy tones yang ngasih kesan dingin dan menarik.

Supaya kalian punya gambaran, kira-kira kayak gimana, sih, ruangan yang didesain pakai warna earthy tones itu, Dekoruma bakal kasih lima inspirasi ruangan di rumah yang tampil dalam warna earthy tones berikut ini!

Advertisement

1. Ngomongin Ruangan Dengan Warna Earthy Tone, Kayak Gini Yang Bisa Dibilang Definisi Earthy Banget

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Kita mulai dari kamar tidur ini. Bisa dibilang kalau pertama kali denger earthy tones, suasana kayak gini yang langsung terlintas di pikiran. Warna beige kayak gini emang jadi salah satu warna dengan earthy tones paling standar yang bisa kamu terapin untuk kamar tidur di rumah. 

Dinding kamar yang dicat warna beige semua kasih kesan yang hangat dan nyaman. Begitu juga dengan tirai dan selimut yang ditaruh di atas kasur. Lebih lanjut, material yang dominan dipakai di kamar ini juga kayu.

Advertisement

Rak dinding, rangka tempat tidur, meja rias, sampai lantai, semuanya terbuat dari kayu yang juga merupakan material utama buat bikin nuansa earthy tone

Cuma lama-lama terasa agak ngebosenin, ya, buat beberapa dari kalian? Coba lihat di poin-poin berikutnya ya, terutama gimana warna-warna earthy dari suhu yang berbeda bisa bikin tampilan yang kece.

2. Perpaduan Warm dan Cool Earthy Tones Untuk Ruang Kerja, Ngasih Tampilan Kontras Yang Menarik. Bikin Betah Kerja di Rumah

Advertisement
Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Ini dia yang dimaksud kombinasi antara warna earthy yang warm dan warna earthy yang cool di ruang kerja. Pintu lemari, rak pajangan, partisi, railing, dan sebagian meja kerja hadir dalam finishing cherry wood yang tampilannya cokelat agak ke-orange-an.

Warna yang hangat ini dipadukan sama dinding biru muda pastel di bagian atas railing dan abu-abu muda di belakang rak pajangan. Walaupun banyak warna dalam satu ruangan, tampilannya malah jadi lebih menarik, kan?

Apalagi warna putih masih cukup dominan dan jadinya enggak ngebosenin. Serasa warna-warna ini nge-blend satu sama lain. Ruang kerja jadi enggak ngebosenin, kan? 

3. Dapur dan Ruang Makan Bernuansa Earthy Tone Dengan Pencahayaan Alami. Masak dan Makan Jadi Lebih Menyenangkan

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Selanjutnya di dapur dan ruang makan. Kelihatan bagaimana perpaduan kuning pucat yang sampai ke langit-langit, light wood di lantai dapur, partisi, meja, dan kursi, sama abu-abu muda di tembok belakang bikin dapur yang kental sama nuansa earthy tones.

Apalagi ada jendela besar di samping kiri dapur yang bikin cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Warna earthy, khususnya perpaduan di foto ini bikin ruangan jadi kelihatan terang, tapi tetep kalem.

Sekali lagi warna putih juga jadi salah satu warna yang membentuk keseluruhan suasana earthy tones di dapur dan ruang makan ini. Terlihat dari kitchen set yang dominan warna putih. 

4. Kamar Tidur Utama Industrial Dengan Earthy Tones. Didominasi Material Kayu dan Tembok Batu Batanya Itu, Loh!

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Desain interior industrial juga salah satu desain yang mengandalkan warna-warna earthy di dalamnya. Apalagi dengan salah satu fitur industrial yang paling terkenal, yaitu tembok batu bata ekspos kayak di foto ini. Kamar tidur jadi tampil unik dengan tembok batu bata yang ada di belakang tempat tidur.

Dengan warna yang warm ini, kamar tidur dibikin makin hangat dan bersahaja dengan penggunaan material kayu di seluruh ruangan. Mulai dari lantai, headboard, rangka tempat tidur, meja rias, sampai partisi yang juga jadi rak TV. 

5. Ruang Keluarga Nyaman dan Rileks Bernuansa Earthy Tone. Kombinasi Warm dan Cool Tone Yang Bikin Ruang Keluarga Tampil Keren

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Terakhir adalah ruang keluarga yang bernuansa earthy tone yang bikin waktu kumpul keluarga jadi makin nyaman. Di sini penerapan kombinasi cool dan warm tone juga kelihatan cukup jelas.

Earthy cool tone diwakilin dari lantai dan dinding warna abu-abu muda, juga sofa L warna abu-abu tua. Sementara itu, rak TV, coffee table, rak gantung, dan partisi di sebelah ujung kanan terbuat dari light wood yang kasih kesan warm yang kuat.

Enggak lupa aksen tambahan kayak lapisan marmer yang ngebingkai rak TV dan karpet bermotif yang bikin ruang keluarga jadi semakin menarik dan menyenangkan.

Kepopuleran penggunaan warna earthy tone buat eksterior dan interior rumah bikin banyak perusahaan jasa desain rumah udah jago mengaplikasikan warna-warna ini untuk hunian.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE