5 Inspirasi Kitchen Sink Paling Unik yang Bisa Ditiru

Ide Desain Kitchen Sink Anti-Mainstream

Kalau dilihat dengan teliti, kegiatan mencuci piring di Indonesia bisa dibilang cukup unik dan menarik, loh. Beda dengan negara-negara Barat yang sangat bergantung sama mesin pencuci piring (dishwasher), alat ini justru enggak terlalu laku dan asing buat masyarakat Indonesia.

Orang Indonesia justru lebih terbiasa mencuci piring sendiri pakai tangan. Selain karena harganya yang relatif mahal, mesin pencuci piring juga perlu daya listrik yang besar juga. Begitu juga anggapan orang-orang (yang sebenarnya tidak benar), terutama yang sudah lanjut usia kalau mencuci piring pakai dishwasher kurang bersih. 

Makanya, kitchen sink atau bak cuci piring adalah salah satu peralatan dapur yang wajib ada di dapur masyarakat Indonesia. Kitchen sink paling standar yang bisa kamu beli sekarang biasanya punya material baja anti karat (stainless steel) dengan satu lubang dan satu keran. Tampilannya enggak cantik, tapi fungsional.

Barulah kalau kamu pengin membangun atau merenovasi dapur yang punya tampilan menarik, kamu bisa upgrade kitchen sink supaya enggak kelihatan jomplang sama desain kitchen set yang keren.

Bak cuci piring punya banyak variasi model, material, posisi penempatan, dan juga multifungsi. Bahkan beberapa ada yang unik, enggak biasa, dan mungkin asing waktu dilihat.

Bagi kalian yang suka memasak atau memang bertugas sebagai juru masak di rumah, berinvestasi pada kitchen sink yang bagus dan lebih dari standar bisa membuat proses menyiapkan makanan, memasak, dan cuci piring jadi lebih mudah, loh.

Dekoruma sudah mengumpulkan lima model kitchen sink yang unik dan bisa dipilih buat menggantikan bak cuci piring standar yang mungkin bikin kamu capek dan repot kalau lagi mencuci piring.

Advertisement

1. Bak Cuci Piring Dua Lubang dengan Panel Penutup Multifungsi. Bikin Semua Urusan Dapur Jadi Lebih Praktis, Hemat Waktu, dan Tenaga

Sumber: Immerse

Sumber: Immerse via https://www.immersestl.com

Salah satu kitchen sink multifungsi yang akan memudahkan pekerjaan dapur kurang lebih seperti ini. Dua keran dapur yang fleksibel dan panel multifungsi. Papan kayu di sebelah kiri dan kanan bisa jadi talenan untuk memotong bahan makanan, kemudian panel drainase di tengah jadi rak piring untuk mengeringkan.

Selain itu, ada juga dua tambahan panel berisi saringan stainless steel bulat buat menaruh sayur dan buah yang habis dicuci dan disaring sebelum dipotong di atas talenan dan dimasak. Ada juga wadah pisau untuk mengeringkan pisau yang habis dicuci. Praktis dan multifungsi banget, 'kan?

Advertisement

2. Tetap Punya Dua Lubang Kitchen Sink dan Hemat Tempat. Bak Cuci Piring Sudut yang Fleksibel dan Unik Banget

Sumber: The Architecture Designs

Sumber: The Architecture Designs via https://thearchitecturedesigns.com

Mengakali dapur yang sempit dan banyak sudutnya, kitchen sink sudut yang unik ini mungkin bisa jadi pertimbangan. Kitchen sink stainless dipasang menyiku di kedua sudut konter dapur yang tampilannya menarik banget. Keran dapur pun dipasang yang modelnya fleksibel dan bisa mengarah ke dua sink ini.

Dengan model seperti ini, kalian bisa memisahkan fungsi kitchen sink. Lubang di sebelah kanan khusus untuk mencuci peralatan masak dan makan. Sementara, yang sebelah kiri khusus untuk mencuci bahan makanan. Jadi lebih higienis dan tidak tercampur. 

3. Kitchen Sink Kapasitas Besar dengan Talenan Built-in yang Bisa Digeser. Posisikan Dekat Kompor Supaya Enggak Perlu Mondar-mandir

Advertisement
Sumber: Tendir

Sumber: Tendir via https://www.trendir.com

Posisi kitchen sink juga berpengaruh sama tingkat kepraktisan di dapur. Semakin dekat dengan kompor, bakal semakin praktis juga proses menyiapkan makanan dan memasak di dapur. Enggak perlu mondar-mandir lagi, bahan makanan yang udah dicuci dan dikeringkan bisa langsung masuk ke panci atau wajan di atas kompor.

Kitchen sink juga bisa dibuat praktis. Ditambah juga fitur talenan built-in yang bisa digeser maju mundur, kalian enggak perlu bolak-balik dari bak cuci piring ke konter dapur, mengambil barang di rak & troli dapur, kemudian kembali lagi ke kompor waktu lagi masak. Semuanya berlangsung di satu area aja.

4. Meja Kitchen Sink Independen yang Menarik dan Enggak Biasa. Serasa Lagi Menyiapkan Bahan Makanan dan Mencuci di Dapur Profesional

Sumber: Tendir

Sumber: Tendir via https://www.trendir.com

Enggak cuma ditanam di konter dapur, kitchen sink juga bisa hadir dalam bentuk meja panjang seperti di dapur profesional. Desain sink dibuat elegan berkat permukaan konter granit hitam yang mewah dan kaki meja kayu yang menyatukan tampilan kitchen sink keren ini.

Dilengkapi dengan dua lubang wastafel, sink kanan adalah yang berfungsi untuk mencuci dan sink kiri khusus buat mengeringkan lengkap sama exhaust fan yang terintegrasi. Begitu juga detail granit putih di tiga bagian sink yang bisa dipakai jadi talenan. 

5. Kitchen Sink Model Farmhouse Berukuran Besar dan Berdesain Klasik. Pakai Material Tembaga untuk Ketahanan yang Awet

Sumber: Native Trails

Sumber: Native Trails via https://nativetrailshome.com

Alternatif lain buat kalian yang cari kitchen sink satu lubang dengan kapasitas besar adalah model farmhouse ini. Yang mana, bagian depan sink yang menjorok keluar jadi ciri khas bak cuci piring dengan desain ini. Banyak material yang bisa dipilih mulai dari keramik, granit, batu alam, sampai tembaga seperti di gambar.

Karena ukurannya yang besar, kalian juga bisa menambahkan rak drainase atau gantungan serbaguna buat menaruh spons dan sabun cuci piring. Kalian juga bisa memasang wadah tempel untuk membuang sisa makanan dari piring sebelum dicuci. Pastinya, material seperti tembaga ini akan kuat, tahan karat, dan tahan lama. 

Pilihlah sink yang tepat sesuai kebutuhan dan budget. Sebisa mungkin yang punya kapasitas besar dan material yang awet untuk jangka panjang supaya pekerjaan dapur terasa lebih mudah. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE