5 Inspirasi Taman Atap Rumah yang Asri dan Indah

Ide Desain Taman Atap Rumah Cantik

Teras dan halaman rumah kurang besar, tapi kamu punya impian untuk punya taman yang asri dan indah? Tempat buat minum teh atau kopi di pagi hari atau bersantai di sore hari sambil menikmati sinar matahari, udara segar, dan mengagumi koleksi tanaman yang ada di taman.

Kalau lahan di tanah adalah tantangannya, kenapa enggak bawa lahan itu beberapa tingkat ke atas. Ke atap tepatnya. Sebagai cara buat mengakali halaman samping atau belakang rumah yang mungkin terbatas ukurannya, coba bangun rooftop garden atau taman atap rumah sesuai impian.

Taman atap rumah bisa berukuran kecil saja, cuma jadi tempat untuk menaruh dan merawat tanaman hias kamu. Mungkin sediakan satu atau dua kursi supaya bisa jadi tempat untuk duduk-duduk.

Kamu juga bisa menjadikan rooftop garden sebagai salah satu tempat yang menyenangkan buat seluruh anggota keluarga. Salah satu pusat aktivitas ketika bersantai atau akhir pekan. Apalagi kalau ukuran teras di lantai dua atau tiga rumah cukup besar dan bisa menampung berbagai furnitur yang diperlukan atau bahkan gazebo.

Bagaimanapun visi kamu soal taman atap rumah ini, jangan sampai membiarkan teras atap rumah kosong dan membuang potensinya. Taman atap rumah yang didesain dengan matang bisa menggantikan beberapa fungsi ruangan di lantai dasar.

Dekoruma sudah mengumpulkan lima inspirasi taman atap rumah yang asri, indah, dan juga multifungsi. Semua bisa kamu hadirkan di rumah. 

Advertisement

1. Sarapan, Makan Siang, Makan Malam, Atau Pesta Barbekyu Bersama Keluarga di Taman Atap Rumah yang Juga Bisa Jadi Ruang Makan

Sumber: Architectural Digest

Sumber: Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Manfaatkan area teras atap rumah yang cukup luas buat jadi tempat keluarga berkumpul dan bercengkerama seperti ini. Enggak cuma diisi tanaman, jadikan rooftop garden sebagai ruang makan tambahan buat acara makan bersama yang lebih spesial bersama keluarga. 

Tempatkan pepohonan dan semak-semak yang bisa tumbuh tinggi buat jadi dinding yang melindungi kamu dan keluarga dari sinar matahari yang berlebihan. Begitu juga kanopi rotan yang menambah kesan alami di taman atap rumah ini.

Advertisement

Barulah pasang kursi dan meja makan yang mampu menampung semua anggota keluarga yang tinggal di rumah. Enggak lupa peralatan makan & minumnya juga supaya kamu enggak perlu jauh-jauh ambil dari kitchen set di bawah. 

Dengan sinar matahari, udara segar, atau suasana malam yang romantis, ruang makan di rooftop garden ini bakal jadi tempat yang berkesan ketika makan bersama keluarga.

2. Bersantai di Taman Atap Rumah yang Beratap Langit, Bulan, dan Bintang. Ruang Keluarga Tambahan di Rooftop Garden Rumah

Advertisement
Sumber: ECLLD

Sumber: ECLLD via https://www.eclld.com

Selain ruang makan, kalian juga bisa mengubah taman atap rumah jadi ruang keluarga tambahan di lantai dua dan tiga. Tentunya ruang keluarga outdoor yang spesial dengan suasana yang belum tentu didapatkan di ruang keluarga dalam ruangan di lantai dasar rumah.

Ruang keluarga di taman atap rumah ini beratap langit. Awan dan matahari yang cerah di siang hari. Bulan dan bintang di malam hari. Pemandangan yang berkesan buat orang yang gemar menghabiskan waktu di luar ruangan.

Pasang sofa minimalis, coffee table, karpet, kursi lengan, bahkan lampu layaknya ruang keluarga indoor. Kalian juga bisa pasang kanopi supaya enggak repot menutupi furnitur kalau hujan dan tidak dipakai. Enggak lupa pencahayaan lampu taman di malam hari yang menambah suasana hangat dan romantis di malam hari. 

3. Area Santai dan Relaksasi Paling Nyaman dan Menyenangkan di Rumah. Rooftop Garden yang Dilengkapi dengan Jacuzzi

Sumber: Chicago Roof Deck & Garden

Sumber: Chicago Roof Deck & Garden via https://chicagoroofdeck.com

Kalau memang area taman atap rumah lebih besar lagi dan kamu punya budget lebih, kenapa enggak pasang jacuzzi buat pengalaman relaksasi yang paling maksimal dan menyenangkan. Jadi pengganti kolam renang di rumah, berendam di jacuzzi setelah seharian beraktivitas bakal jadi salah satu aktivitas favorit di rumah.

Tempatkan jacuzzi di posisi yang strategis, terutama kalau rooftop sejajar atau lebih rendah dari rumah tetangga. Pasang pagar pembatas untuk privasi lebih. Kamu juga bisa memanfaatkan tanaman berdaun lebat seperti semak-semak buat menutupi area jacuzzi dari pandangan tetangga. 

4. Hadirkan Suasana Liburan di Destinasi Tropis Sepanjang Tahun. Pasang Gazebo Ala Resort di Taman Atap Rumah

Sumber: Architectural Digest

Sumber: Architectural Digest via https://www.architecturaldigest.com

Area taman atap rumah yang luas akan jadi tempat yang pas buat memasang gazebo. Enggak harus seperti yang ada pada foto di atas, desain gazebo bisa menyesuaikan selera atau keseluruhan desain interior rumah. Gaya tradisional Jawa atau Bali, minimalis, atau bahkan klasik.

Gazebo berdesain tropis dengan atap jerami, dek batu kapur, dan furnitur bergaya modern tropis ini dipilih buat kalian yang suka berlibur ke pantai atau destinasi tropis lainnya.

Hadirnya gazebo seperti ini bakal bikin terasa seperti liburan setiap hari di rumah. Gazebo jadi tempat buat bersantai, menikmati sinar matahari dan udara, atau mungkin berjemur di kursi berjemur yang dipasang di depan gazebo.

5. Rebahan Sambil Berayun-ayun, Menikmati Udara Sore yang Adem, Suasana Asri dari Tanaman Hias dengan Hammock di Rooftop Garden

Sumber: Live Zoku

Sumber: Live Zoku via https://livezoku.com

Mungkin ukuran taman atap rumahmu enggak terlalu besar, tapi kamu masih bisa, kok, dapetin suasana yang rileks, nyaman, dan santai dengan hammock atau tempat tidur gantung. Pasang hammock dengan menggantungkannya di dinding atau pilar taman atap rumah supaya kuat menahan beban.

Setelah terpasang, kalian tinggal berbaring sambil bermain ponsel, membaca buku, atau mungkin melamun sambil menikmati angin sore yang sejuk dan tanaman hias yang kamu rawat dengan telaten sampai tumbuh subur dan segar. Sampai enggak sadar ketiduran karena suasana yang tenang dan adem.

Udah kelihatan, kan, gimana potensi area taman di teras atap rumah buat jadi tempat yang menyenangkan bagi semua anggota keluarga yang tinggal di rumah? Selamat mewujudkannya! 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE