5 Inspirasi Taman Indoor yang Bikin Rumah Jadi Lebih Hidup

Ide Desain Taman Indoor Rumah yang Keren

Dengan perkembangan desain interior yang inkonvensional dan eksperimental, lokasi taman di rumah sekarang enggak cuma berada di depan atau belakang rumah lagi. Terlebih dengan luas tanah rumah yang rata-rata makin kecil dan keinginan pemilik rumah untuk mempunyai taman, muncul konsep taman di dalam ruangan atau taman indoor.

Mempunyai taman di area interior rumah bakal kasih suasana asli dan natural yang unik dan beda dari biasanya. Waktu bersantai di ruang keluarga atau berendam di kamar mandi akan terasa lebih tenang dan rileks saat melihat yang ijo-ijo.

Bangun taman di dalam rumah bisa dibilang gampang-gampang susah, sih. Satu hal, ada banyak aspek desain yang perlu dipertimbangkan. 

Menentukan luas bidang yang dipakai untuk taman, menentukan jenis tanaman apa yang mau ditaruh, pakai media tanam tanah di lantai atau enggak, menggunakan pot, menyesuaikan dengan posisi void untuk kasih pencahayaan, dan masih banyak lagi.

Cuma semua prosesnya bakal terbayar waktu kalian bisa menikmati taman indoor yang asri, hijau, dan indah dipandang. Apalagi buat kamu yang jadi lebih sering beraktivitas di rumah dalam situasi sekarang, berada dekat elemen alam bisa membawa banyak manfaat buat kesehatan fisik dan mental.

Buat kamu yang punya rumah berukuran cukup besar dan punya lahan atau area kosong di dalam rumah yang enggak terpakai, Dekoruma punya lima inspirasi buat menyulapnya jadi taman indoor yang cozy dan menghidupkan ruangan banget. Lima desain taman dalam ruangan ini juga ada di lima ruangan yang berbeda di dalam rumah, loh!

Advertisement

1. Memanfaatkan Ruang Kosong di Bawah Tangga. Taman Indoor di Bawah Tangga untuk Kesan Asri dan Segar di Living Area

Sumber: The Architecture Designs

Sumber: The Architecture Designs via https://thearchitecturedesigns.com

Kalau biasanya ruang kosong di bawah tangga dijadikan lemari serbaguna atau rak sepatu, bagian bawah tangga bisa disulap jadi taman dalam ruangan yang asri dan segar. Posisi taman di bawah tangga ini biasanya dipilih ketika desain rumah menggunakan konsep terbuka atau open space untuk area tinggal utamanya.

Biasanya berada di tengah ruangan, taman di bawah tangga dikelilingi ruang keluarga, ruang makan, dan dapur, yang mana penghuni rumah yang berada di ruangan-ruangan ini bisa menikmati keindahan taman dari berbagai sudut.

Advertisement

Spesifik di foto ini, pemilik rumah sampai menaruh pohon di tengah taman untuk efek yang megah. Tak lupa penggunaan batu kerikil dan pijakan batu alam yang berpadu dengan dominasi penggunaan warna kayu tua di lantai dan anak tangga.

2. Punya Budget Lebih? Bangun Taman dengan Konsep Greenhouse. Buat Rumah Makin Asri dan Cantik dengan Tampilan Klasik Rumah Kaca

Sumber: Livingetc

Sumber: Livingetc via https://www.livingetc.com

Bagi kamu pecinta tanaman, pasti udah familiar sama bentuk dan fungsi greenhouse atau rumah kaca. Tanaman yang ditumbuhkan di dalam greenhouse biasanya akan tumbuh lebih optimal karena kondisinya (temperatur, pencahayaan, dan perawatan) yang bisa lebih terkontrol.

Advertisement

Dalam arsitektur dan desain interior, greenhouse juga jadi salah satu fitur bangunan yang punya daya tarik sendiri. Jika ingin tampil beda dan lebih menarik, taman indoor bisa dibangun dengan konsep greenhouse.

Mayoritas tanaman hias bakal ditaruh di pot atau tumbuh menjuntai atau menjalar dari langit-langit rumah kaca. Bukan cuma jadi taman, rumah kaca kayak gini juga bisa jadi tempat yang asyik sebagai seating area atau bahkan breakfast spot untuk penghuni rumah bersantai. 

3. Taman Indoor Plus Sitting Area di Courtyard Rumah. Buat Pemilik Rumah Yang Mendesain Layout Rumah Berbentuk Huruf U

Sumber: Livingetc

Sumber: Livingetc via https://www.livingetc.com

Ketika rumahmu punya desain yang membentuk huruf U, bagian tengah yang kosong disebut sebagai courtyard. Ada area kosong di tengah rumah yang cocok banget buat dijadikan taman indoor

Diapit tiga ruangan dari ketiga sudut courtyard, taman indoor bisa dijadikan sebagai seating area yang jadi pusat berkumpulnya anggota keluarga ketika santai. 

Selain bunga atau tanaman hias yang ditempatkan secara strategis, kamu juga bisa memasang sofa, coffee table, serta karpet supaya nyaman ketika sedang duduk-duduk di taman courtyard. Tak lupa pencahayaan tambahan seperti lampu gantung atau lampu dinding yang desainnya menarik dan indah buat tampilan courtyard yang maksimal.

4. Tambah Kesegaran Waktu Berendam di Bathtub Kamar Mandi. Taman Indoor di Kamar Mandi Serasa Mandi di Villa Tropis

Sumber: Home Stratosphere

Sumber: Home Stratosphere via https://www.homestratosphere.com

Suasana kamar mandi kayak gini mirip banget sama villa-villa tropis dan keren yang ada di Bali, Lombok, atau destinasi-destinasi wisata lainnya. Bathtub yang posisinya di tengah kamar mandi dikelilingi tanaman-tanaman hias yang jumlahnya cukup banyak. 

Begitu juga dengan tambahan pecahan batu yang menutupi lantai taman dan pijakan batu di depan bathtub. Atapnya dibuat transparan supaya cahaya bisa masuk dan konsep semi-outdoor dengan jendela yang mengarah ke halaman belakang rumah.

Asri dan tropis banget, kan, suasananya? Jadi betah berlama-lama berendam di bathtub, deh!

5. Bebas Penat dan Tingkatkan Konsentrasi Selama Bekerja di Ruang Kerja. Berikan Unsur Hijau Melalui Taman Vertikal di Sekujur Dinding Ruang Kerja

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Beberapa dari kalian pasti sudah pernah denger, menempatkan tanaman di area ruang kerja atau meja kerja bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi waktu kerja. Kehadiran tanaman sendiri juga punya efek positif buat kesehatan fisik dan mental seseorang.

Inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh pemilik rumah yang satu ini. Buat suasana asri dan segar yang paling maksimal, dibangun taman vertikal yang menjulang tepat di belakang meja kerja dengan aneka tanaman merambat yang lebat.

Selain mendesainnya menggunakan konsep split level dengan area khusus rak buku di depan tangga, perbedaan tingkat ini juga dimanfaatkan buat bikin kolam yang dipasangi lantai kaca yang jadi lokasi meja kerja ditempatkan. Bener-bener all-out, ya! 

Karena prosesnya bakal panjang, sebaiknya kalian menggunakan jasa desain rumah yang profesional dan terpercaya kalau mau membangun taman indoor di rumah. Kalian pasti bakal lebih terbantu dalam perencanaan dan pembangunannya. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE