5 Inspirasi Warna Keramik Lantai Ruang Tamu yang Memukau Semua Orang

Penggunaan keramik di hunian modern dan kekinian udah jadi standar yang mudah ditemukan. Rumah-rumah dari pengembang properti rata-rata menggunakan keramik sebagai bawaan. Biasanya, keramik warna putih atau netral, polos, tanpa motif. Standar, tapi fungsional dan masih bisa bikin interior enak dipandang.

Banyak pemilik rumah yang memilih untuk enggak mengubah keramik standar dari developer. Kebanyakan pemilik rumah memasang karpet atau alas lain untuk mempercantik tampilan lantai. Di sisi lain, ada juga orang-orang yang membangun rumah dari awal atau pengin mengganti keramik bawaan.

Untungnya, banyak variasi keramik yang bisa kalian pilih di pasaran. Mulai dari yang polos atau bermotif, tampilan modern, klasik, atau vintage, harga yang terjangkau atau mahal, berwarna netral atau terang, dan tingkatan kualitas material yang mempengaruhi harga.

Mengganti keramik jadi lebih menarik biasanya dilakukan pada kamar mandi atau dapur di rumah. Padahal, ruangan-ruangan lain juga bisa kelihatan lebih cantik atau menarik dengan keramik yang memukau. Misalnya di ruang kerja dengan meja & kursi kerja  yang senada, atau ruang tamu dan ruang keluarga.

Merupakan tempat yang sering jadi tempat berkumpul atau disinggahi tamu, keramik ruang tamu bermotif atau berwarna bisa jadi alternatif yang menarik untuk dipertimbangkan dan diaplikasikan. Sebagai gambaran, Dekoruma udah ngumpulin lima inspirasi ruang tamu dengan variasi keramik yang menawan. Yuk, simak di bawah ini!

Advertisement

1. Tampilan Sleek dan Modern dengan Keramik Putih Tanpa Nat. Lantai Jadi Lebih Mulus dan Menawan

Sumber: Houzz

Sumber: Houzz via https://www.houzz.com

Satu bagian dari lantai keramik yang pasti selalu ada adalah nat keramik atau garis rongga antara satu lempeng keramik dan lempengan lainnya. Dalam pemasangan, nat keramik ini jadi perekat keramik. Masalahnya, ada orang yang enggak suka tampilan nat yang terlalu jelas.

Makanya, keramik di ruang tamu ini dibuat semulus mungkin tanpa natnya kelihatan. Walaupun keramik putih biasa, natnya disamarkan sedemikian rupa. Selain memilih keramik yang lebih besar ukurannya dan rapat, nat yang diaplikasikan juga berwarna putih, alih-alih abu-abu atau hitam yang biasanya digunakan.

Advertisement

Hasilnya, ruang tamu jadi serba putih dan cokelat muda yang minimalis dan natural. Kelihatan modern dan menawan banget, kan?

2. Keramik Batu Kapur untuk Tampilan Klasik dan Homey di Ruang Tamu. Terasa Adem dan Nostalgia Seperti di Rumah Masa Kecil

Sumber: Flooring America

Sumber: Flooring America via https://www.flooringamerica.com

Keramik batu kapur atau limestone kayak gini bisa dibilang salah satu keramik yang klasik atau legendaris. Terutama di rumah-rumah lama bergaya kolonial, ruangan-ruangannya memakai keramik batu kapur seperti ini. Warnanya yang pucat dan seperti berdebu justru membawa estetika tersendiri.

Apalagi kalau interior ruang tamu menggunakan inspirasi natural atau mid-century modern, yang mana ada elemen-elemen kayu pada kursi lengan dan meja tamu . Ada pula warna-warna earthy pada sofa dan dinding yang berpadu cantik dengan lantai keramik batu kapur ini. 

Advertisement

3. Keramik Tegel Motif yang Penuh Warna dan Meriah. Aksen Menawan untuk Ruang Tamu

Sumber: HomeBNC

Sumber: HomeBNC via https://homebnc.com

Biasa dipakai untuk dapur atau kamar mandi, ruang tamu juga bisa tampil cerah dan meriah dengan keramik tegel motif kayak gini. Kalau seluruh lantai ruang tamu dipasangi tegel kayak gini, tampilannya jadi unik dan menawan banget, kan. Bernuansa eklektik dan urban.

Enggak cuma itu, variasi lain adalah memasang tegel sebagai aksen yang jumlahnya lebih sedikit. Buat yang merasa lantai tegel terlalu ramai, keramik motif seperti ini bisa jadi bingkai dengan dipasang di beberapa sudut mendampingi keramik polos. Tampilannya lebih kalem, tapi tetap eklektik.

4. Keramik Terracotta yang Ikonik, Vintage, dan Stylish, Serasa Lagi Berada di Villa di Spanyol Atau Italia

Sumber: Home Design Lover

Sumber: Home Design Lover via https://homedesignlover.com

Keramik berwarna oranye kemerahan ini adalah salah satu keramik yang ikonik dan familiar di mata banyak orang. Keramik terracotta yang banyak dipakai di villa-villa Eropa seperti Italia atau Spanyol. Di Indonesia, keramik terracotta lebih sering dipakai sebagai keramik untuk teras.

Tapi, untuk ruang tamu kayak gini juga keren, kok. Tampilannya vintage dan stylish. Mau dipadukan sama furnitur-furnitur modern atau furnitur vintage, keramik terracotta memberikan tampilan rumah yang lebih unik dan menawan, yang memadukan unsur lama dan baru.

5. Keramik Marmer di Ruang Tamu, Simbol Kemewahan Klasik dan Tak Terbantahkan untuk Desain Interior

Sumber: Simpolo Ceramics

Sumber: Simpolo Ceramics via https://www.simpolo.net

Kalau mau ruang tamu yang kelihatan mewah dan elegan, ya, tentunya keramik marmer bakal jadi salah satu top of mind yang jelas banget. Batu pualam yang punya motif ikonik ini udah tersohor sebagai salah satu keramik yang mewah dan punya harga selangit.

Hal itu memang kalau kamu beli marmer impor dari Italia atau Turki yang mahal. Tapi, beberapa produsen keramik mengatasinya dengan keramik biasa yang dicetak motif marmer untuk alternatif yang lebih terjangkau. Kalian tetap bisa punya tampilan marmer yang mewah dengan harga yang lebih ramah di kantong.

Demikianlah beberapa warna serta motif keramik untuk lantai ruang tamu yang bisa dipilih untuk mendekorasi atau merenovasi ruang tamu di rumah atau apartemen. Kalau kamu, suka dan bakal pilih yang mana, nih?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE