Kuliner memang menjadi salah satu tujuan utama saat kita berwisata atau sekadar menikmati renyahnya senja ditemani keluarga atau kawan. Saya penggemar jajanan kuliner streetfood garis keras. Ya, memang benar adanya, saya seperti bisa menghalalkan recehan saya untuk menikmati kudapan lezat tanpa harus berpikir kantong kempes. Hehe.

Namun, tak semua sependapat dengan saya bukan? Ada pula di luaran sana yang lebih menyukai tema tempat kekinian ala resto atau cafe. Ya, menurut saya sah-sah saja, yang terpenting kita bergaya sesuai budget kita hehehe kecuali endorse~

1. Kuliner di Pasar Bantul

Suasana Pasar Bantul Sore hari

Suasana Pasar Bantul Sore hari via https://www.instagram.com

Well, kali ini saya ingin berbagi informasi gengs, barangkali bermanfaat atau menjadi rekomendasi kamu untuk sekedar singgah dan berbincang. Tapi, ya itu tadi, ini streetfood gengs hehehe. jauh dari cafe, dinikmati dengan cara lesehan di pinggir jalan sembari melihat indahnya panorama lalu lalang kendaraan.

Advertisement

Area yang menjadi favorit saya kali ini, yakni Pasar Bantul, Yogyakarta, namanya juga Pasar Bantul tentunya terletak di Bantul Yogyakarta.

Pasar ini sebenarnya buka sedari pagi gengs. Seperti normalnya pasar tradisional, Pasar Bantul menjual sayur mayur, juga kebutuhan dapur lainnya seperti rempah, bawang putih maupun bawang merah. Tapi, ketika sore hari pasar ini menjelma menjadi tempat kuliner yang beraneka ragam.

2. Ada kuliner apa aja sih di sana?

Foto klepon dari ketan masih alami dan isinya masih gula jawa asli

Foto klepon dari ketan masih alami dan isinya masih gula jawa asli via http://www.instagram.com

Klepon dan lupis, dua nama makanan ini tentunya tak asing bagi penikmat kuliner. Apalagi  baik klepon maupun lupis kini dikemas cantik menjadi makanan restoran dengan warna yang beragam. Nah, uniknya klepon dan lupis yang ada di pasar bantul ini masih original gengs. Warna klepon masih hijau dan menjadi cantik kala taburan kelapa menyertainya. Di dalamnya terdapat gula jawa asli yang rasanya lumer di mulut.

Advertisement

Lupisnya pun tak kalah menarik, rasanya masih sangat original, legit menggigit. Kalian bisa menikmati kuliner ini di depan pintu Pasar Bantul area pedagang kaki lima sebelah selatan. Dengan harga Rp 5000 rupiah saja kita udah bisa borong lupis mix klepon satu bungkus. Selain klepon ada juga chetil namanya, tapi saya kurang suka jadi nggak beli waktu itu.

Siapa sih yang nggak tau pisang aroma? Pisang aroma yang pernah ngehits beberapa waktu lalu itu adalah makanan kekinian yang berasal dari Sunda. Nah, di Pasar Bantul juga ada pisang aroma yang fresh, langsung bisa dinikmati secara hangat, tapi hati-hati ya sebaiknya tunggu agak dingin untuk menyantapnya.

Untuk 3 piece pisang aroma hanya dibandrol dengan harga Rp 2500 saja. Murah kan? Soal rasa tidak diragukan lagi. Outlet pedagang kaki lima ini ada di selatan outlet klepon lupis tadi.

3. Ada makanan berat nggak? Ada dong!

Sate ayam pasar bantul

Sate ayam pasar bantul via https://www.instagram.com

Yang pertama adalah singkong goreng. Singkong goreng di sini beda gengs. Singkong yang disebut tela-tela ini diberi paduan rasa pedas manis, baberque, balado ataupun keju. Singkongnya empuk dengan tekstur lembut dengan harga 7000 rupiah saja kalian bisa bawa satu bungkus. Hmm murah kan? Saya menggolongkan singkong ini dalam makanan berat hehehe sebab makan dikit aja udah kenyang banget.

Dari tadi ngomongin camilan, emang nggak ada makanan besarnya ya? Eitsss ada dong. Di sini ada lesehan, pecel lele, seafood dan sate ayam, bahkan martabak dari yang mini martabak sampai jumbo pun ada.

Sate ayam makanan favorit suami saya, jadi pas ke sana langsung deh pesan dua porsi. Satenya asli Madura lho. Dengan harganya Rp. 12.000 aja udah sama lontong gengs.

4. Jam buka outlet kaki lima di pasar bantul

Otak-otak enak di pasar bantul

Otak-otak enak di pasar bantul via http://www.instagram.com

Semua outlet makanan ini buka mulai jam 16.00-21.00 kecuali seafood dan beberapa makanan lainnya memang agak malem tutupnya. Oiya ada lagi bubur ayam jakarta dan wedang ronde nikmat di dekat PKU Bantul. Pas banget sebelah Pasar Bantul, nggak jauh kok. Anyway bubur ayam bernama Bubur Ayam Sashi ini buka 24 jam lho.

5. Kuliner tongseng ayam legendaris

Tongseng ayam sudimoro

Tongseng ayam sudimoro via http://www.instagram.com

Nah, kalau yang ini, wisatawan sih udah banyak yang ke sini. Tapi gulai ayam di sini buka jam 08.00 pagi. Tapi, kalian harus sabar ya karena maklum kalau kesini kalian harus budayakan antri.

Gimana nggak antri, tongseng ini terkenal enak gengs. Saya selama tinggal di Bantul nggak bosan untuk makan di sini. Selain enak, harga tongseng ini juga murah meriah. Dengan Rp 10.000 aja  udah bisa menyantap makanan lezat ini, daging ayam kampungnya empuk maksimal.

Eh, sambil antri boleh lho cicipi teh hangatnya. Tehnya ini beda gengs, soalnya rasanya nasgitel (legi, panas, dan kentel). Jenis tehnya adalah teh tubruk, so rasa tehnya nendang banget.

Kira-kira itu  kuliner murah enak di Pasar Bantul yang pernah saya cicipi. Sayangnya saya tak punya banyak stok foto. So, next saya share fotonya.

Hey, di sini juga ada otak-otak harganya cuma 1000/pieces lho. Yakin nggak mau ke Pasar Bantul?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya