Singkong atau ketela pohon adalah makanan pengganti nasi di Indonesia. Umbinya yang dikenal luas pengganti karbohidrat ini digemari dari berbagai macam kalangan. Daun singkong pun bisa dijadikan sebagai sayuran atau lalapan. Bagi kamu yang bosan dengan singkong atau ketela pohon yang biasanya hanya digoreng dan direbus saja. Ini ada 5 jajanan tradisional daerah yang terbuat dari singkong yang bikin ketagihan.

1. Gethuk

Gethuk adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar singkong. Gethuk makanan khas daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Proses pembuatan gethuk ini sangatlah mudah dimulai dari singkong dikupas, setelah itu dikukus, lalu setelah matang ditumbuk, agar cepat bisa juga melalui proses penggilingan. Setelah itu diberi gula dan pewarna makanan. Diatas gethuk biasanya ditaburi parutan kelapa. Nikmat disantap bersama kopi ataupun teh. Makanan sehat dan murah meriah terhindar dari penyakit.

2. Tiwul

Advertisement

Tiwul adalah makanan pokok pengganti nasi yang terbuat dari singkong. Makanan khas dari Wonogiri ini terbuat dari tepung gaplek. Tepung gaplek adalah singkong yang dikeringkan lalu ditumbuk. Rasa dari tiwul sendiri ada yang manis dan juga gurih. Warna yang diberikan pada tiwul sendiri adalah berwarna kecoklatan. Selain ada di Wonogiri, nasi tiwul juga ada di Wonosobo, Gunung Kidul, Pacitan, dan Blitar. Di daerah Kebumen, Banyumas, dan Cilacap ada makanan hampir serupa dengan nasi tiwul bernama oyek. Tetapi, proses pembuatannya berbeda dan rasanya juga berbeda.

3. Comro

Siapa sih yang tidak mengenal makanan tradisional yang terbuat dari singkong dari Jawa Barat? Yup, makanan tradisional ini bernama comro (oncom dijero atau oncom didalam). Comro ini terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat atau lonjong. Dan didalam diisi dengan oncom. Makanan yang memiliki cita rasa dan gizi yang baik ini cocok deh dinikmati oleh semua kalangan!

4. Misro

Misro berbeda dengan comro. Memang dari segi bentuk hampir sama. Dari daerah asal makanan misro dan comro sama-sama berasal dari Jawa Barat. Misro terbuat dari parutan singkong yang didalamnya diisi gula merah kemudian digoreng. Karena rasa manis dari gula merahlah yang membuat makanan khas sunda ini dinamai misro (amis di jero atau bahasa Indonesianya manis di dalam). Makanan ini enak disantap hangat-hangat karena lelehan dari gula merahnya bikin meledak di mulut!

5. Ongol-ongol singkong

Ongol Ongol Singkong

Ongol Ongol Singkong via http://www.resepseharihari.com

Advertisement

Ongol-ongol adalah makanan tradisional dari Jawa Barat. Bahan dasarnya terbuat dari tepung sagu aren kering. Selain terbuat dari tepung sagu, ada juga yang terbuat dari tepung kanji dan juga dari singkong. Rasa yang manis di lidah membuat siapa saja merasa ketagihan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya