5 Jenis Gaya Retro Tahun 80an dalam Film Seoul Vibe

Seiring dengan perkembangan industri musik dan layar lebar, industri mode pun ikut berkembang. Dunia fashion selalu mengikuti perubahan industri lainnya dan terkadang mengadopsi beberapa budaya. Tren fashion dalam film pun  menjadi daya tarik, khususnya bagi mereka pecinta fashion. Dalam hal ini, Seoul Vibe ikut memberikan gambaran tren fashion era 80an.  Park Dong Wook, John Woo, Park Yoon Hee, Bok Nam dan Joon Gi adalah karakter dalam film Seoul Vibe yang punya gaya khas masing masing. Apa saja sih gaya pakaian mereka? Beberapa gaya serta aksesoris mungkin dapat menjadi tambahan referensi fashion 80an. Berikut sederet gaya dari karakter Park Dong Wook dan rekan rekannya.

Advertisement

ADVERTISEMENT

1. Urban Style versi Park Dong Wook (Kasual dan Hip)

Foto oleh Netflix Korea @netflixkr via Instagram

Foto oleh Netflix Korea @netflixkr via Instagram via https://www.instagram.com

Park Dong Wook mempunyai citra tangguh, kharismatik dan bertalenta. Selain itu, dia memiliki leadership yang tinggi diantara teman temannya. Gaya pakaian yang dipilih pun menunjukan adanya keberanian. Salah satu gaya yang dipakai oleh Dong Wook yaitu bergaya urban. Urban style yang dimaksud adalah memadukan gaya kasual dan hip. Ini terlihat dari kaos hitam dengan blue jeans dan ikat pinggang khas di era 80an. Dia pun menambahkan show up element contohnya kalung rantai emas yang sangat identik dengan gaya Hip. Adapun gaya rambut yang dia pilih adalah potongan Slicked Back Hair. Potongan model rambut seperti ini identik dengan Hollywood elite, Wall Street yang tentu memberikan kesan tampan dan elegan.

Sementara di saat santai dia pun memakai sweater dan track pants. Adapun aksesoris pelengkap lainnya seperti kacamata futuristic retro, jam tangan berwarna emas, gelang rantai dan branded sneakers. Aksesoris yang identik dengan gaya Hip tersebut dipadukan dengan gaya kasual. Gaya Urban dengan Hip era 80an pun bisa menjadi rekomendasi mode yang saat ini kembali diminati. Gaya ini memiliki kesan gaul tapi tetap kasual.

Advertisement

ADVERTISEMENT

2. Hype Style versi John Woo Sang DJ (Hip Hop dan Street wear)

Foto oleh Netflix Korea @netflixkr via Instagram

Foto oleh Netflix Korea @netflixkr via Instagram via https://www.instagram.com

Tidak kalah keren ada John Woo yang berperan sebagai pecinta musik hip hop sejati. Dirinya tidak lain adalah seorang DJ. Gaya pakaiannya tentu saja terinspirasi dari aliran musik Hip Hop dan penyanyi rap. Beberapa pakaian yang dipakainya seperti kaos oblong putih dengan red bucket hat dan baggy pants. Gaya yang dipakai John Woo ini memiliki kesan lebih hype atau kekinian dengan perpaduan street wear. Aksesoris pelengkap yang digunakan seperti topi, kalung rantai emas, kacamata hitam, jam tangan. Selain itu juga ada pendukung gaya hip lainnya seperti Varsity jacket dan sneakers. Gaya satu ini memiliki kesan menonjolkan anak muda yang gaul, kekinian dan biasanya menyukai aliran musik Hip Hop dan Rap.

ADVERTISEMENT

3. Bikers Style versi Park Yoon Hee (Masculine dan Sporty)

Foto oleh Netflix Korea @netflixkr via Instagram

Foto oleh Netflix Korea @netflixkr via Instagram via https://www.instagram.com

Seoul Vibe pun punya bikers andalan yaitu Park Yoon Hee. Park Yoon Hee adalah adik perempuan dari Park Dong Wook. Tidak seperti kakaknya yang mencintai dunia balap  mobil, dirinya justru lebih suka mengendarai motor. Dirinya mengaku sebagai raja jalanan dengan sepeda motor. Park Yoon Hee pun punya gaya tersendiri yaitu bikers style. Gaya pakaian yang dia gunakan cenderung memiliki kesan maskulin dan tentu saja eye catching. Pakaian yang dia gunakan saat berkendara yaitu black varsity atau jaket oversized yang dipadankan dengan sporty cropped tank top dan short ripped jeans juga boots hitam. Gaya tersebut memberikan kesan seksi tapi juga sporty.

Selain itu, ada pula outfit lain seperti jaket kulit, kaos putih dan blue jeans dengan sneakers. Adapun aksesoris gaya tahun 80an yang digunakan seperti sweet headbands, topi beret, kacamata hitam shield, dan sarung tangan.  Sementara saat santai Park Yoon Hee suka dengan wearpack atau setelan mekanik yang memiliki kesan sporty. Kesan retro pun dia tampilkan dengan gaya rambut bergelombang dengan sedikit kriting dan terkadang diikat dengan knit scrunchies. Gaya rambut dengan scrunchies populer dan menjadi khas di tahun 80an.

Advertisement

ADVERTISEMENT

4. Classic City Boy versi Bok Nam ( Chic dan kasual)

Foto oleh Netflix Korea @netflixkr via Instagram

Foto oleh Netflix Korea @netflixkr via Instagram via https://www.instagram.com

Gaya lain yang menarik perhatian ditampilkan oleh karakter Bok Nam. Bok Nam adalah seorang supir taxi yang sekaligus punya kesan macho. Bok Nam merupakan sahabat dari Park Dong Wook sekaligus berperan penting dalam rencana tim. Tidak seperti kedua temannya yang punya ciri khas gaya hip, Bok Nam justru tampil dengan kesan City Boy. Bok Nam sangat percaya diri. Dia menunjukan sisi kehidupannya yang ideal dan tampil dengan mobil keren pilihannya. Dia pun memiliki prinsip dan tentu saja gaya khas. Gaya yang dipilihnya adalah kasual dan klasik. Dia memakai kemeja bernuansa neon atau warna warna terang dan cerah seperti kuning, merah fanta dengan acid blue jeans. Kesan klasik lainya ditampilkan dari gaya rambut middle cut serta aksesoris kacamata aviator. Aksesoris pendukung seperti kacamata aviator ini menjadi tren di tahun 80an setelah Tom Cruise menggunakan kacamata tersebut dalam film Top Gun. Gaya  Bok Nam yang klasik dipadankan dengan kasual memberikan kesan chic dan trendy.

ADVERTISEMENT

5. Skater Style versi Joon Gi ( Simple and Freestyle Outwear)

Foto oleh Netflix Korea @netflixkr via Instagram

Foto oleh Netflix Korea @netflixkr via Instagram via https://www.instagram.com

Satu lagi karakter yang juga punya gaya unik ala retro ditahun 80an yaitu Joon Gi. Karakter Joon Gi dihadirkan sebagai sahabat setia Park Dong Wook yang sekaligus berperan sebagai mechanic man. Dalam setiap adu balap liar, Joon Gi selalu berperan serta. Karakternya yang ramah dan sangat loyal terhadap rekannya memberikan image nice boy. Joon Gi pun tidak kalah trendi, dia punya gaya tersendiri. Pakaian yang sering dia gunakan seperti kaos, celana jeans pendek, flat sneakers dan tidak lupa kaos kaki. Gaya yang dia pakai identik dengan gaya skater atau anak pemain skateboard. Skateboard sendiri menjadi hits di tahun 70 hingga 80an. Kemudian budaya skater diadopsi oleh tren mode. Gaya skater pun menekankan pada kenyamanan dan keleluasaan saat bermain skate. Layaknya street boy, Joon Gi pun memakai aksesoris lainnya seperti baseball cap nuansa retro dan kalung. Gaya uniknya memberikan kesan energik. Adapun pakaian lain yang dia gunakan adalah setelan mekanik atau wearpack.

Nah, itulah beberapa gaya retro yang ditampilkan dalam Seoul Vibe. Mana nih gaya yang paling keren diantara kelima karakter tersebut? Seoul Vibe tentunya memberikan gambaran tentang gaya yang pernah menjadi tren di tahun 80an. Dari mulai urban style versi Park Dong Wook hingga Skater style dengan konsep sederhana. Beberapa gaya tersebut bisa kita jadikan referensi jika ingin menggunakan konsep tahun 80an.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Shot the moments on frame (Photograph), Edit with heart and Share it on content (Writing).

CLOSE